• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perawatan yang Bisa Dilakukan di Klinik Kecantikan

Perawatan yang Bisa Dilakukan di Klinik Kecantikan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Perawatan yang Bisa Dilakukan di Klinik Kecantikan

“Tidak harus dengan operasi, melakukan perawatan kecantikan kulit wajah juga bisa dilakukan di klinik kecantikan. Pilihannya bervariasi, bisa disesuaikan dengan bujet dan kebutuhan”

Halodoc, Jakarta – Jenis perawatan kecantikan wajah di klinik yang sangat beragam punya tujuan dan prosedur yang berbeda. Perlakuannya juga harus disesuaikan dengan keadaan kulit wajah setiap orang. Jadi, sebelum memulai, ada baiknya kamu mencari informasi tentang tujuan dan prosedurnya sehingga hasilnya bisa maksimal. 

Nah, berikut ini jenis perawatan kecantikan yang bisa kamu dapatkan saat berkunjung ke klinik kecantikan:

  • Chemical Peeling

Jenis perawatan kecantikan ini dilakukan pada kulit yang mengalami masalah warna tidak merata atau pigmentasi dan jerawat. Prosedurnya dilakukan dengan menggunakan spons dan cairan kimia khusus. Cairan kimia tersebut akan membantu memudahkan pengelupasan sel kulit mati.

Tidak hanya satu, perawatan chemical peeling terbagi menjadi tiga jenis tergantung seberapa dalam lapisan kulit yang mengelupas. Ketiganya yaitu peeling dangkal untuk lapisan kulit paling luar atau epidermis, peeling sedang untuk lapisan kulit dermis, dan peeling dalam untuk lapisan kulit paling dalam. 

Baca juga: 6 Tren Kecantikan yang Sebaiknya Dihindari

Hasilnya memang cukup menjanjikan, tetapi ingat, ada risiko yang turut mengintai. Biasanya, risikonya adalah kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari, perubahan warna kulit menjadi lebih terang atau gelap secara permanen, dan munculnya jaringan parut pada kondisi yang jarang terjadi.

  • Mikrodermabrasi

Dermabrasi merupakan jenis perawatan kecantikan untuk memperbaiki bagian permukaan kulit yang mengalami masalah dengan cara memicu pertumbuhan kulit baru sehingga akan tampak lebih merata dan halus. Namun, jangan salah, prosedur perawatan kulit ini tidak dilakukan untuk perawatan bekas luka bakar, adanya tanda lahir, tahi lalat, atau masalah kulit karena cacat bawaan. 

Jadi, dermabrasi hanya bisa membantu memulihkan kondisi kulit seperti bekas jerawat, bekas ruam karena atau menghilangkan jaringan parut. Prosedur perawatan kulit ini dilakukan dengan menggunakan kristal yang membantu mengelupas kulit. Masalah kulit, seperti kulit kusam atau munculnya bintik hitam bisa dihilangkan dengan prosedur ini. 

Baca juga: Tips Memanfaatkan Rumput Laut untuk Kecantikan Kulit

Dermabrasi akan memberikan hasil yang maksimal apabila dilakukan secara rutin sebanyak 4 sampai 6 kali. Setiap sesi membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Biasanya, efek samping yang sering terjadi adalah kulit terlihat kering dan kemerahan. Namun, efek ini akan menghilang dengan sendirinya 24 jam kemudian. 

Tidak hanya itu, risiko lain yang rentan terjadi adalah kulit membengkak dan bersisik serta lebih peka terhadap paparan sinar matahari. Guna meringankan efek tersebut, kamu biasanya akan disarankan untuk tidak menggunakan riasan dan hanya memakai tabir surya atau pelembap khusus untuk wajah dengan kadar SPF tertentu. 

  • Dermal Fillers

Selanjutnya, ada derma fillers, perawatan kecantikan yang dilakukan dengan mengisi bagian cekungan yang terdapat pada lipatan kulit, bagian kulit yang keriput, hidung, dan bibir untuk memberikan efek penuh. Efek yang diberikan untuk perawatan ini bisa bersifat permanen, tetapi bisa juga sementara. 

Baca juga: Cara Membuat Masker Saffron untuk Atasi Bekas Jerawat

Prosedur dilakukan dengan menyuntikkan bahan filler pada bagian wajah yang membutuhkan perawatan, lalu dilanjutkan dengan memberikan pijatan pelan dan lembut. Prosedur akan memakan waktu sekitar 30 menit hingga satu jam. Biasanya efek yang muncul adalah wajah membengkak yang bisa berkurang secara perlahan. 

Setelah menjalani prosedur, kamu akan diminta untuk tidak terpapar matahari langsung dan mengonsumsi minuman dengan suhu panas. Sementara itu, untuk efek permanen, risiko yang mungkin terjadi adalah kulit membengkak, memar, dan terasa gatal. Bisa pula muncul benjolan pada bagian bawah kulit meski jarang. 

Pilihan perawatan kecantikan lain yang tersedia di klinik kecantikan, yaitu laser dan suntik botox untuk membantu menghilangkan kerutan di wajah. Namun, pastikan kamu sudah bertanya lebih dulu pada dokter ahli kecantikan sebelum memilih perawatan, ya. Cukup pakai aplikasi Halodoc untuk tanya jawab dengan dokter kapan saja. Jadi, pastikan juga kamu sudah download aplikasinya. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. What You Should Know About Chemical Peels.
NHS Choices UK. Diakses pada 2021. Microdermabrasion.