• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perawatan yang Tepat saat Anak Mengalami Oral Thrush

Perawatan yang Tepat saat Anak Mengalami Oral Thrush

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Perawatan yang Tepat saat Anak Mengalami Oral Thrush

Halodoc, Jakarta – Tidak hanya pada orang dewasa, nyatanya anak-anak pun rentan mengalami oral thrush. Kondisi ini merupakan gangguan kesehatan pada mulut yang disebabkan adanya infeksi oleh jamur. Umumnya, jamur Candida albicans terdapat dalam tiap mulut. Namun, saat jumlahnya tidak terkendali, kondisi inilah yang menyebabkan seseorang mengalami kondisi oral thrush.

Baca juga: Idap Diabetes Melitus Rentan Terkena Oral Thrush

Berbagai gejala dapat dialami oleh anak yang mengalami kondisi ini, seperti bercak putih dalam mulut, kesulitan menelan, hingga nyeri pada area mulut. Hal ini dapat menyebabkan perubahan pada anak, seperti penurunan nafsu makan, lebih rewel, hingga kondisi yang tidak nyaman. Agar kondisi ini tidak menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih buruk pada anak, tidak ada salahnya ketahui beberapa cara yang bisa ibu lakukan untuk perawatan oral thrush pada anak.

Kenali Penyebab Oral Thrush pada Anak

Oral thrush menjadi salah satu kondisi yang sangat umum dialami oleh anak-anak. Biasanya, kondisi ini lebih umum dialami oleh anak-anak yang memiliki usia dibawah 6 bulan. Meskipun begitu, orang dewasa pun masih berisiko mengalami oral thrush.

Anak-anak yang mengalami oral thrush biasanya akan mengalami beberapa tanda, seperti pecah-pecah pada sudut mulut, bercak putih di sekitar bibir, lidah, hingga pipi dalam. Kondisi ini dapat menyebabkan anak mengalami kesulitan makan dan minum, penurunan nafsu makan, dan menjadi lebih rewel.

Lalu, apa yang menyebabkan oral thrush pada anak? Umumnya, oral thrush disebabkan oleh perkembangan jamur Candida albicans yang tidak terkendali dalam mulut anak. Sebenarnya jamur Candida albicans sudah ada dalam mulut, tetapi dalam jumlah yang sedikit sehingga tidak menimbulkan gangguan apapun pada kesehatan.

Kondisi ini umum terjadi pada anak-anak akibat imun tubuh yang belum optimal. Sehingga menyebabkan jamur penyebab oral thrush dapat berkembang secara tidak terkendali. Perhatikan kondisi ini pada anak-anak yang masih menyusu secara langsung. Jamur Candida albicans dapat menular pada payudara ibu jika anak masih menyusu.

Ada beberapa gejala yang akan dirasakan ibu ketika kondisi ini menyerang payudara, seperti gatal dan nyeri pada puting, mengalami rasa sakit yang cukup parah ketika menyusui, dan juga kulit sekitar puting mengalami perubahan. Segera gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter ketika ibu mengalami beberapa gejala tersebut selama proses menyusui. Penanganan yang tepat tentunya akan membantu pemulihan. Segera kunjungi rumah sakit terdekat ketika anak mengalami demam yang cukup tinggi dalam beberapa hari.

Baca juga: 7 Gejala Oral Thrush yang Perlu Diwaspadai

Inilah Perawatan Oral Thrush pada Anak

Ibu juga perlu melakukan pemeriksaan pada anak ketika melihat adanya gangguan kesehatan yang terkait dengan oral thrush pada anak. Ada beberapa anak yang berisiko mengalami kondisi ini, seperti anak-anak yang lahir dengan berat badan rendah dan memiliki imunitas tubuh yang rendah.

Pengobatan yang dilakukan akan disesuaikan dengan kondisi fisik, kesehatan, tingkat keparahan, serta usia anak. Kondisi oral thrush dapat diatasi dengan pemberian obat antijamur yang diberikan oleh dokter. Berikan obat yang disarankan oleh dokter dengan rutin agar kesehatan anak dapat segera pulih. 

Selain itu, ibu bisa melakukan beberapa perawatan sederhana di rumah untuk mengatasi kondisi ini.

  1. Jaga kebersihan dan kesehatan mulut anak.
  2. Batasi pemberian makanan yang mengandung pemanis buatan, seperti gula pada anak.
  3. Jaga kebersihan tangan anak maupun ibu sebelum dan sesudah beraktivitas.
  4. Berikan anak asupan nutrisi dan gizi yang cukup untuk membantu tingkatkan imun tubuh.
  5. Pastikan anak mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

Baca juga: Ketahui Pengobatan untuk Atasi Oral Thrush

Itulah beberapa perawatan yang bisa dilakukan oleh ibu untuk mengatasi oral thrush pada anak. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan tingkat steril barang-barang yang akan digunakan oleh anak, baik dot, botol minum, hingga mainan anak. Jika anak masih menyusu pada ibu, sebaiknya pastikan payudara dalam keadaan bersih sebelum anak menyusu agar tidak terjadi penularan, baik dari ibu ke anak maupun sebaliknya.

Referensi:
University of Rochester Medical Center. Diakses pada 2020. Thrush in Children.
Kids Health. Diakses pada 2020. Oral Thrush.