Ketahui Perbedaan Dokter Gigi Umum dan Prostodonsia

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ketahui Perbedaan Dokter Gigi Umum dan Prostodonsia

Halodoc, Jakarta – Walaupun sama-sama menangani gigi, tapi terdapat perbedaan antara dokter gigi umum dan prostodonsia. Perbedaannya adalah dokter gigi umum dilatih untuk menangani semua perawatan gigi rutin dan prosedur gigi minor, seperti penambalan gigi. 

Spesialis prostodonsia sendiri adalah spesialis gigi yang telah menerima pelatihan intensif dan sangat terfokus dalam hal penggantian dan restorasi gigi. Ketika kamu membutuhkan penggantian gigi atau bedah mulut, berkonsultasi dengan dan menerima perawatan dari ahli prostodonsia memastikan bahwa kamu menerima perawatan berkualitas tinggi dan efisien. 

Kemudian, perbedaan lainnya antara prostodonsia dan dokter gigi umum adalah bahwa prostodonsia menangani penggantian gigi dan memulihkan kesehatan dan fungsi di seluruh mulut. Prostodonsia menangani kasus gigi kompleks, termasuk operasi rahang, gigi palsu, implan, dan veneer.

Baca juga: 4 Cara Menguatkan Gigi

Sederhananya adalah ketika gigi perlu dibersihkan secara teratur, jika kamu perlu meratakan gigi, dokter gigi umum adalah pilihan yang tepat. Sedangkan untuk mengganti gigi, operasi mulut, prostodonsia adalah lini yang disarankan. 

Seorang prostodonsia memiliki peralatan canggih dan terus dilatih dalam bentuk perawatan terbaru. Seorang spesialis prostodonsia juga dapat bekerja dengan anak-anak yang kehilangan atau kerusakan gigi parah karena genetika atau perawatan gigi yang buruk.

Dokter gigi keluarga adalah pilihan yang baik untuk melakukan perawatan gigi dasar. Tetapi ketika kamu membutuhkan pekerjaan yang melampaui perawatan rutin gigi umum, dibutuhkan bantuan prostodonsia.

Bagaimana Cara Kerja Prostodonsia?

Sesuai namanya, “prosthesis” = penambahan atau perlekatan dan “odont” = gigi, spesialis ini merencanakan dan melaksanakan prosedur yang berkaitan dengan penggantian gigi alami, sebagian atau seluruhnya, dengan pengganti biokompatibel. Bagaimana cara kerjanya? 

  • Porcelain Veneers 

Cangkang tipis bahan keramik yang menutupi permukaan depan gigi dan memberikan perubahan dramatis dalam penampilan. Ini terikat pada gigi yang telah dipersiapkan dengan memiliki sejumlah kecil enamel, sehingga mereka tidak tampak terlalu besar. Lapisan tahan lama dapat mengubah ukuran, bentuk atau warna gigi, dan bahkan menutup celah kecil di antaranya.

Baca juga: Seberapa Sering Baiknya Mengganti Sikat Gigi?

  • Implan Gigi 

Bila perlu mengganti seluruh gigi (akar dan mahkota), metode implant gigi dianggap sebagai standar  saat ini. Implan terdiri dari posting logam titanium yang ditanamkan di rahang dalam prosedur bedah kecil. 

Tiang seperti sekrup ini menjadi menyatu dengan tulang rahang, menyediakan jangkar padat untuk mahkota yang hidup. Implan dapat digunakan untuk mengganti gigi tunggal atau ganda, atau untuk mendukung jenis restorasi gigi lainnya, misalnya jembatan gigi atau gigi palsu. 

Implan pada awalnya adalah metode penggantian gigi yang paling mahal, tapi dapat membuktikan nilai yang sangat baik dalam jangka panjang, karena dapat bertahan seumur hidup.

  • Gigi Palsu 

Tersedia dalam berbagai jenis, termasuk varietas lengkap, parsial, dan implan. Keberadaan gigi palsu dapat meningkatkan estetika dan fungsionalitas seseorang yang kehilangan gigi. Namun, memakai gigi palsu biasanya memerlukan periode penyesuaian dan beberapa merasa tidak nyaman dalam situasi tertentu.

  • Rekonstruksi Gigi

Melakukan prosedur khusus rekonstruksi gigi adalah salah satu bagian dari pekerjaan prostodonsia. Ini juga termasuk skrining untuk kanker mulut, dan mendiagnosis serta mengobati gangguan sendi temporomandibular (TMD) dan obstructive sleep apnea (OSA).

Baca juga: 4 Tips Merawat Kawat Gigi

Spesialis prostodonsia juga sering bekerja erat dengan laboratorium gigi, di mana teknisi yang sangat terampil menciptakan pemulihan seperti aslinya dari bahan berteknologi tinggi yang tahan lama.

Punya masalah kesehatan gigi, segera periksakan langsung di rumah sakit yang direkomendasikan Halodoc di sini. Penanganan tepat dapat meminimalisir risiko kesehatan jangka panjang. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Yuk, download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store.