• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perbedaan Doula Vs Bidan, Mana yang Lebih Baik?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perbedaan Doula Vs Bidan, Mana yang Lebih Baik?

Perbedaan Doula Vs Bidan, Mana yang Lebih Baik?

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 27 Juni 2022

“Perbedaan mendasar antara doula dan bidan adalah dari sisi profesionalitas medisnya. Bidan bisa membantu proses persalinan, sedangkan doula hanya bisa mendampingi bumil.”

Perbedaan Doula Vs Bidan, Mana yang Lebih Baik?

Halodoc, Jakarta –  Doula dan bidan adalah tenaga profesional medis yang membantu persalinan bumil. Walaupun kurang lebih memiliki manfaat yang sama, namun terdapat perbedaan di antara keduanya.

Doula memberikan dukungan kepada bumil sebelum, selama, dan segera setelah melahirkan, tetapi tidak membantu proses kelahiran bayi. Berbeda dengan doula, bidan memiliki kapasitas untuk melakukan pemeriksaan ginekologi, konseling, serta membantu perawatan kelahiran. Informasi selengkapnya mengenai perbedaan doula dan bidan bisa dibaca di sini! 

Doula Lebih Memberikan Dukungan Emosional

Sebenarnya, perbedaan yang mencolok dari doula dan bidan adalah dari sisi profesionalitas medisnya. Bidan merupakan tenaga kesehatan profesional, sedangkan doula bukanlah tenaga medis. Ia merupakan tenaga profesional yang bisa membantu untuk mendampingi bumil dalam mempersiapkan persalinan. 

Doula dapat memberikan dukungan emosional dan fisik kepada bumill. Bukan hanya saat persalinan, doula juga sudah mendampingi ibu saat masih menjalani kehamilan.

Oleh karena doula bukan tenaga medis, kondisi ini membuat doula tidak boleh melakukan berbagai tindakan medis. Misalnya, membantu persalinan atau melakukan tindakan pasca melahirkan.

Lalu, apa yang biasanya dilakukan oleh doula? Biasanya, bumil bisa menggunakan jasa doula sejak memasuki usia kehamilan trimester kedua atau ketiga. Pada saat ini, biasanya doula akan mengajarkan teknik relaksasi dan pernapasan, membantu perencanaan persalinan, serta membantu bumil memahami prosedur persalinan.

Saat menjalani persalinan pun doula akan berada di samping ibu. Biasanya, doula akan memberikan dukungan, kenyamanan, memberikan dan pijatan lembut agar ibu menjadi lebih rileks. Doula juga memastikan ibu mendapatkan asupan nutrisi dan cairan yang cukup sebelum persalinan. 

Pada saat persalinan, doula juga akan memastikan persiapan ayah agar bisa mendampingi ibu dengan lebih maksimal. Doula juga bisa membantu ayah dan ibu cara merawat bayi yang baru lahir sehingga orang tua tidak mengalami kesulitan.

Bidan Memberikan Saran Profesional Medis dan Membantu Persalinan

Meskipun sama-sama bisa membantu dalam proses persalinan, tetapi tugas doula dan bidan berbeda. Bidan sendiri merupakan tenaga medis profesional yang bisa membantu proses persalinan hingga merawat ibu dari sisi medis setelah persalinan.

Selain itu, bidan juga akan berkomunikasi secara langsung dengan dokter kandungan untuk masalah-masalah yang terjadi selama kehamilan. Tidak hanya itu, bidan juga bertugas untuk memeriksa kondisi kesehatan bumil dan janin selama menjalani masa kehamilan. 

Bidan juga bisa memberikan asupan obat-obatan maupun vitamin yang bisa dikonsumsi ibu untuk menjalani kesehatan selama kehamilan. Dan hal yang paling berbeda dengan doula adalah bidan boleh membantu persalinan yang akan dijalankan oleh ibu hamil.

Itulah beberapa perbedaan doula dan bidan  yang perlu kamu ketahui. Jika kamu mengalami gangguan kesehatan selama menjalani kehamilan, bidan adalah jawaban yang tepat.

Jangan ragu untuk membuat janji rumah sakit bersalin terdekat yang bisa kamu kunjungi. Yuk, download aplikasi Halodoc untuk mendapatkan kemudahan informasi seputar kesehatan ibu hamil!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. What Is a Doula?
WebMD. Diakses pada 2022. What Is a Midwife?
Medicinenet.com. Diakses pada 2022. Doula vs. Midwife: Which One Can Deliver Your Baby?