• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perbedaan Serum dan Krim Wajah untuk Perawatan Kulit

Perbedaan Serum dan Krim Wajah untuk Perawatan Kulit

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Perbedaan Serum dan Krim Wajah untuk Perawatan Kulit

“Di tengah maraknya produk skincare di pasaran, cukup membingungkan untuk membedakan setiap jenisnya, seperti serum dan krim wajah. Serum dan krim wajah memiliki manfaat dan fungsi yang berbeda. Namun, penggunaannya perlu sejalan agar manfaat yang dirasakan bisa maksimal.”

Halodoc, Jakarta – Perawatan kulit sangat penting untuk dilakukan. Namun, mungkin cukup sulit dan membingungkan untuk membedakan semua jenis produk perawatan kulit yang ada di pasaran, misalnya antara serum dan krim wajah. Dengan banyaknya jenis produk perawatan kulit, memilih produk yang paling efektif bisa menjadi trial and error.

Perbedaan terbesar antara serum dan krim wajah, yaitu formula yang terkandung di dalamnya. Serum tidak mengandung bahan pelembap oklusif, atau kedap udara, seperti petroalatum atau minyak mineral yang mencegah penguapan air.

Serum juga mengandung sedikit bahan pelumas dan pengental, seperti minyak kacang atau biji. Kebanyakan serum berbasis air, dan menghilangkan minyak sama sekali. Lantas, bagaimana dengan krim wajah?

Baca juga: Awas, 6 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Kulitmu

Bedanya Serum dan Krim Wajah

Sering kali seseorang bertanya apa yang harus digunakan untuk perawatan wajah sehari-hari dan apa efek nyata dari produk perawatan serum atau krim pada kulit wajah. Sangat mungkin untuk melakukan kesalahan dengan ciri khas keduanya. Ternyata, menggabungkan efek krim dan serum sangat penting agar memiliki kulit yang indah dan bercahaya. 

Serum biasanya memiliki formulasi dasar yang cair dan tekstur yang ringan dan lembut. Fitur khusus utamanya adalah konsentrasi tinggi per mililiter, dengan kapasitas penyerapan jaringan yang besar. Bahkan ketika penggunaannya sangat sedikit, serium mampu memberikan nutrisi langsung dan mendalam ke lapisan bawah kulit. 

Fitur khas penting dari serum:

  • Cepat menyerap dan mendalam.
  • Konsentrasi tinggi bio-elemen dan bahan aktif.
  • Lebih spesifik untuk meningkatkan fungsi khusus kulit.
  • Fungsinya untuk menutrisi, bukan menghidrasi.
  • Memiliki efek meningkatkan secara sinergis ketika digunakan sebelum mengaplikasikan krim wajah. 

Baca juga: 6 Kesalahan saat Melakukan Perawatan Wajah

Sementara itu, krim wajah memiliki fungsi menghidrasi. Hal ini disebabkan semakin tinggi konsentrasi komponen lemak dan semakin rendah konsentrasi komponen berair. Meskipun krim wajah memiliki bahan aktif yang serupa dengan serum dan keduanya memiliki efek menguntungkan pada kulit, mereka adalah produk yang sangat berbeda. 

Oleh karena itu, sebaiknya pilih serum dengan komposisi yang sesuai dengan efek yang diinginkan. Pemilihan krim wajah juga harus tepat tergantung pada fototipe dan komposisi kulit, keseimbangan antara minyak dan air serta karakteristik akhir dari hasil yang dipilih.

Bagaimana Menggunakan Serum dan Krim Wajah?

Penggunaan serum dan krim wajah menjamin peningkatan manfaat dan efektivitas dalam merawat kulit. Maka itu, rekomendasi perawatan atau rutinitas kecantikan harian diurutkan dengan mencuci muka, merawat kontur mata dan bibir, kemudian aplikasikan serum. Setelah itu, semua diserap secara penuh, barulah aplikasikan krim wajah. Terakhir, kamu bisa merias wajah (jika diperlukan).

Mengingat konsentrasi serum yang tinggi, kamu harus menggunakannya dengan dalam tetesan kecil dan memijatnya untuk menutupi seluruh wajah. Langkah-langkah yang bisa diikuti, yaitu:

  • Oleskan ke area utama wajah: dahi, dagu, pipi dan hidung, usap secara horizontal, dari dalam keluar.
  • Oleskan setelah membersihkan kulit dengan benar dan selalu pasangkan dengan krim. 
  • Oleskan saat siang dan malam. Perhatikan spesifikasi serum yang digunakan. 

Baca juga: Supaya Cantik Maksimal, Ikuti Urutan Skincare Korea Ini

Aplikasi serum yang penyerapannya cepat dan kandungan minyak yang rendah membuat kulit terasa lebih bersih dan terhidrasi. Namun, kamu tidak bisa hanya menggunakan serum jika ingin mendapatkan hasil yang lebih baik. Itulah sebabnya, serum dan krim wajah tidak bisa dipisahkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Serum memberi nutrisi dan perbaikan mendalam, sedangkan krim memberikan hidrasi. Dengan begitu kulit akan terawat, terhidrasi, dan sehat. Ingin tahu serum dan krim wajah apa yang cocok dengan masalah kulitmu? Tanyakan pada dokter kulit melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:

WebMD. Diakses pada 2021. The Truth About Facial Serums

Life-line Skincare. Diakses pada 2021. THE TRUTH: Serum or Cream? Why knowing the difference is important for your skin

Derm Store. Diakses pada 2021. Anti-Aging Serums, Creams and Retinol Treatments: What’s the Difference?