• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perhatikan 4 Hal Ini saat Berkemah dengan Si Kecil
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perhatikan 4 Hal Ini saat Berkemah dengan Si Kecil

Perhatikan 4 Hal Ini saat Berkemah dengan Si Kecil

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 15 Agustus 2022

“Berkemah dengan anak tentu jadi aktivitas yang sangat menyenangkan. Namun, pastikan ibu tidak lupa untuk mencari tempat berkemah yang aman dan nyaman, serta pasti kesehatannya tetap terjaga.”

Perhatikan 4 Hal Ini saat Berkemah dengan Si KecilPerhatikan 4 Hal Ini saat Berkemah dengan Si Kecil

Halodoc, Jakarta – Menciptakan pola asuh anak yang menyenangkan bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya dengan mengajarkan anak untuk lebih mencintai alam, seperti mengajaknya berkemah. Aktivitas ini bisa menjadi alternatif liburan yang seru dan pastinya sangat menyenangkan. 

Melalui berkemah, anak akan mendapatkan pengalaman tak terlupakan untuk belajar dan berinteraksi langsung dengan alam. Dengan begitu, anak akan menyadari bahwa alam memiliki banyak elemen penting dalam kehidupan yang harus dijaga. Selain itu, dengan berkemah, rasa ingin tahu anak akan hal baru tentang alam pun akan semakin meningkat. 

Mengenalkan Serunya Berkemah pada Anak

Mungkin anak tidak langsung tertarik ketika ibu dan ayah mengajak berkemah. Bukan tidak mungkin ia akan beranggapan bahwa berkemah adalah hal yang menakutkan, karena harus tidur di luar rumah, bahkan tanpa memakai kasur. 

Jika hal ini terjadi pada Si Kecil, ibu dan ayah bisa memberi gambaran awal dengan menjelaskan kepada anak kalau berkemah adalah salah satu aktivitas yang menyenangkan. Jika memang ada, ibu bisa menunjukkan beberapa foto kegiatan selama berkemah yang dapat membuatnya semakin tertarik. 

Selain itu, ibu juga dapat menjelaskan pada anak bahwa ada banyak kegiatan yang dilakukan saat berkemah. Termasuk bertemu orang baru dan membuat api unggun. Jadi, anak akan membayangkan bahwa berkemah adalah aktivitas yang sangat seru. 

Hal yang Perlu Dipersiapkan saat Berkemah Bersama Anak

Meski menyenangkan, ibu dan ayah tetap harus memastikan bahwa segala hal yang dibutuhkan untuk berkemah sudah disiapkan secara matang. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Tentukan Tempat Berkemah yang Aman dan Nyaman

Kini, banyak fasilitas perkemahan yang menawarkan paket berkemah yang bisa dipesan sejak jauh hari. Selain itu, ada pula area berkemah yang cukup ramah bagi anak, sehingga bisa menjadi pertimbangan jika ibu baru pertama kali berkemah dengan Si Kecil. 

Biasanya tenda, alas tidur, lampu dan makanan sudah disiapkan, sehingga pastinya jauh lebih praktis. Namun, tidak masalah pula jika ibu ingin menyiapkan makanan sendiri.

  1. Bawa Perlengkapan Penting

Mulai dari tenda, alas tidur, kantung tidur, obat-obatan, senter, dan makanan adalah hal wajib ibu persiapkan sebelum berkemah bersama anak. Tak ketinggalan pula, pastikan ibu membawa air minum yang cukup, tisu kering dan tisu basah. 

Lalu, periksa juga seluruh perlengkapan untuk anak sudah ibu bawa, seperti obat-obatan, selimut, baju hangat, tabir surya, dan antinyamuk.  Siapkan beberapa buah kantong plastik untuk menampung sampah saat berkemah nanti. Secara tidak langsung, ibu juga mengajarkan anak bagaimana menjaga kebersihan lingkungan.

  1. Siapkan Aktivitas yang Menyenangkan

Selama berada di alam terbuka, ajak anak untuk lebih berani mengeksplorasi alam. Ibu dan ayah bisa mengajaknya jalan-jalan atau menangkap ikan di sungai.

Jauhkan anak dari gadget selama berkemah, agar ia bisa lebih maksimal menikmati liburannya. Selain itu, pastikan sebelum anak memulai aktivitas, ia berada dalam kondisi kenyang, sehingga ia tidak cepat lemas dan lebih bersemangat untuk bermain.

  1. Jaga Kesehatan Anak

Ini merupakan hal yang penting. Jadi, jika kondisi tubuh anak sedang tidak fit, sebaiknya tunda untuk berangkat berkemah. Jangan sampai acara berkemah malah semakin membuat kesehatannya menurun. Sementara itu, jika anak dalam kondisi sehat, pastikan ibu memberi vitamin penambah imunitas supaya ia tidak mudah sakit. 

Jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan anak, pakai aplikasi Halodoc untuk buat janji berobat di rumah sakit terdekat. Ibu bisa download aplikasi Halodoc di ponsel ibu, gratis melalui App Store dan Play Store. 

Referensi:
Parents. Diakses pada 2022. Tips for Camping With Kids.
Countrylife. Diakses pada 2022. How to make camping with children easy.