• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perhatikan Hal Ini saat Mengalami Sakit Kepala

Perhatikan Hal Ini saat Mengalami Sakit Kepala

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Perhatikan Hal Ini saat Mengalami Sakit Kepala
Sakit kepala yang datang secara intens dan sering dapat berpengaruh pada kualitas hidup seseorang. Mengetahui cara mengenali penyebab sakit kepala dapat membantu kamu mengambil tindakan tepat saat alami sakit kepala.”

Halodoc, Jakarta – Semua orang pasti pernah mengalami sakit kepala dalam suatu waktu. Ada beberapa faktor yang menyebabkan sakit kepala, itu bisa termasuk tekanan emosional, seperti stres, depresi, atau kecemasan, kondisi medis, seperti migrain atau tekanan darah tinggi, cedera fisik, termasuk kondisi lingkungan.

Sakit kepala yang datang secara intens dan sering dapat berpengaruh pada kualitas hidup seseorang. Mengetahui cara mengenali penyebab sakit kepala dapat membantu kamu mengambil tindakan tepat saat alami sakit kepala. Apa yang perlu diperhatikan saat mengalami sakit kepala? Baca selengkapnya di sini!

Berdenyut, Berulang, dan Nyeri Intens

Tadi sudah disebutkan kalau sakit kepala bisa disebabkan oleh banyak kondisi. Selain itu, sakit kepala juga dapat berpengaruh pada area mana pun dari kepala, dan rasa sakit dapat muncul di satu atau beberapa lokasi.

Baca juga: Anak Migraine, Coba Atasi dengan Cara Ini

Walaupun sakit kepada adalah kondisi yang umum, tetapi ada tanda-tanda utama yang menunjukkan kapan kamu harus khawatir tentang kondisi sakit kepalamu. Apa sajakah itu?

 1. Kepala berdenyut

Gejala sakit kepala yang serius bisa termasuk kepala berdenyut yang sebenarnya bisa berarti migrain, bukan hanya sakit kepala biasa. Perhatikan jika kamu mengalami sensasi berdebar dan kepekaan terhadap cahaya seiring dengan sakit kepala. Waspadai rasa sakit menusuk yang tajam di sekitar mata dan jika kamu terlalu sering mengalami migraine, ada baiknya untuk berkonsultasi kepada dokter.

2. Sakit kepala berulang

Sakit kepala kronis, ketika sakit kepala terus-menerus datang kembali selama berbulan-bulan, bisa menjadi perhatian. Sakit kepala ini tidak hanya dapat mengganggu kehidupan sehari-hari, tetapi juga tidak dapat dikelola tanpa bantuan medis.

Jika kamu kerap mengalami sakit kepala 2 kali atau lebih dalam seminggu, hubungi spesialis saraf. Mungkin ada masalah mendasar yang dapat menyebabkan sakit kepala ini. Perlu diketahui kalau sakit kepala bisa menjadi masalah serius dengan otak atau hanya sakit kepala tegang. Kamu perlu mengetahui pemicu sakit kepala dan apa yang membuat perubahan untuk mengurangi sakit kepala tersebut.

Baca juga: Vertigo Lebih Banyak Dialami Wanita, Ini 5 Gejalanya

3. Sakit kepala yang membangunkanmu

Tanda dan gejala sakit kepala yang mengkhawatirkan bisa jadi ketika sakit kepala terasa sangat sakit, sehingga membangunkan kamu di malam hari atau kondisi yang memburuk saat malam hari. Bisa jadi gejala ini adalah tanda kalau ada tumor atau massa di kepala. Untuk itu, kamu memerlukan MRI atau CT scan pada pembuluh darah atau otak untuk memastikan semuanya baik-baik saja.

4. Nyeri yang intens

Jika kamu mengalami sakit kepala yang menurutmu sangat hebat sehingga tidak dapat mengatasi rasa sakitnya, segera cari bantuan medis. Apalagi jika nyeri ini begitu intens dan datangnya tiba-tiba, bisa jadi kamu akan mengalami kondisi yang mengancam jiwa. 

Kamu mungkin mengalami pendarahan di otak atau aneurisma. Aneurisma dapat menyebabkan kematian atau koma. Jika kamu hampir mengalami kehilangan kesadaran, kejang, atau penglihatan kabur bersama dengan sakit kepala hebat, jangan tunda untuk segera mengontak medis.

Kapan Harus Khawatir Tentang Sakit Kepala?

Beberapa sakit kepala dapat hilang dengan perawatan diri seperti minum obat pereda nyeri atau obat resep dari dokter, tetapi beberapa ada yang tidak. Berikut ini adalah gejala yang tidak boleh dianggap enteng: 

Baca juga: 7 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Pengidap Migraine

1. Sakit kepala karena pukulan di kepala;

2. Daya ingat atau kewaspadaan menurun;

3. Demam;

4. Leher kaku;

5. Kebingungan;

6. Bicara cadel.

Untuk beberapa sakit kepala, kamu harus segera mencari perhatian medis dan tidak menunda-nunda. Informasi selengkapnya mengenai sakit kepala bisa ditanyakan langsung ke dokter melalui aplikasi Halodoc! Yuk, download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:

Neurological Wellness Clinic. Diakses pada 2021. When to Worry About a Headache: 4 Key Signs
Medical News Today. Diakses pada 2021. What is causing this headache?