• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perkembangan Bayi 17 Bulan

Perkembangan Bayi 17 Bulan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Ketika Si Kecil menginjak usia 17 bulan, mereka sudah dapat melakukan banyak aktivitas. Berikut perkembangan bayi usia 17 bulan dan beberapa hal yang dapat ibu lakukan guna mendukung perkembangannya.

Perkembangan fisik

Bertambahnya usia akan membuat Si Kecil semakin memiliki perkembangan fisik yang baik. Pada tahap ini, mereka akan memiliki perkembangan motorik halus yang semakin baik. Jari-jarinya akan semakin terampil dan kuat. Mereka mungkin telah mengetahui bagaimana cara membuka dan menutup pintu atau laci-laci yang berada di jangkauannya. 

Baca juga: Begini Perkembangan Bahasa Anak di Usia 1 hingga 4 Tahun

Ibu harus berhati-hati, jangan sampai Si Kecil meraih benda-benda berbahaya di sekitarnya. Tak hanya itu, Si Kecil juga sudah dapat melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Mereka sudah dapat meraih barang di meja, dan menyimpannya tanpa sepengetahuan ibu.

  • Mereka bisa berjoget ketika mendengar musik, serta melantunkan lagu dengan bahasanya.

Untuk menunjang tumbuh kembangnya, ibu dapat menghabiskan lebih banyak waktu bermain di luar rumah, tentunya ditempat yang aman, sehingga mereka dapat berlarian dengan bebas. Jika bermain di luar rumah dinilai terlalu berisiko, ibu dapat mengajaknya bermain di dalam rumah dengan menyalakan lagu atau video kesukaan mereka, sehingga mereka dapat mengekspresikan dirinya dengan berjoget.
Aktivitas ini terlihat sederhana, tapi dapat membantu anak belajar koordinasi gerak dan ritme musik. Meskipun Si Kecil tampak ceria dan memiliki tumbuh kembang yang baik, ibu perlu memperhatikan jika mereka tidak dapat menggenggam benda kecil atau tidak bisa berjalan dengan baik. Hal-hal tersebut menandakan ada yang tidak beres dengan perkembangan fisiknya.

Perkembangan kognitif

Memasuki usia 17 bulan, ibu dapat memperkenalkan mereka dengan warna. Hal ini bisa dilakukan dengan bermain, sehingga mereka tidak akan merasa cepat bosan. Mereka memiliki kemampuan mengingat yang baik, sehingga akan tampak heran jika suasana kamarnya berubah.

Dalam mengembangkan kemampuan kognitifnya, ibu dapat menginstruksikan mereka untuk membereskan mainan setelah bermain, serta menunjuk benda-benda berwarna yang ibu sebutkan. Ketika anak tidak bisa mengikuti instruksi sederhana, ibu dapat mendiskusikan hal ini dengan dokter untuk memantau perkembangan lebih lanjut.

Baca juga: 14 Tahap Perkembangan Motorik Anak Usia 3 Tahun 

Perkembangan sosial dan emosional

Ketika berusia 17 bulan, mereka akan merasakan berbagai jenis emosi, seperti senang, sedih, marah, atau stres. Dalam hal ini, ibu dapat membantu mereka menenangkan emosinya dengan bertanya apa yang mereka rasakan. Dengan belajar mengenal perasaannya, Si Kecil akan memahami bahwa ibu merasakan apa yang mereka rasakan. 

Namun, ketika Si Kecil kewalahan menata suasana hatinya, ibu akan menemukan Si Kecil dalam keadaan tantrum. Mereka akan menangis, berteriak, menghentak-hentakkan kaki, atau membenturkan kepala ke lantai atau dinding. Ibu pasti khawatir akan hal ini, tapi hal-hal tersebut adalah cara Si Kecil meluapkan emosinya dan akan berakhir seiring dengan bertambahnya usia.

Perkembangan Bahasa

Di usianya yang telah menginjak 17 bulan, Si Kecil akan mengeluarkan aneka macam suara. Mereka akan berbisik, berteriak, mengoceh atau menggeram. Hal-hal tersebut dilakukan untuk melatih mulut, lidah, dan pita suara agar dapat membentuk kata atau suara tertentu.

Tidak perlu khawatir ketika Si Kecil melakukan hal-hal tersebut. Yang perlu ibu khawatirkan adalah ketika mereka tidak mampu berkomunikasi sama sekali, bahkan tidak dapat merespon ketika ibu memanggil namanya.

Baca juga: Ini Perkembangan Ideal Anak dari 1 – 3 Tahun

Dengan bertambahnya perkembangan pada Si Kecil, mereka akan mengalami penurunan nafsu makan karena susah dapat memilih makanan yang mereka sukai. Yang perlu ibu lakukan adalah memastikan kebutuhan gizi dan nutrisinya terpenuhi dengan baik melalui minuman, makanan atau cemilan. Gizi dan nutrisi yang diperlukan akan tergantung pada seberapa aktif mereka.

Dalam hal ini, ibu dapat langsung bertanya dengan dokter ahli di aplikasi Halodoc. Tak hanya soal makanan, diskusikan juga ketika Si Kecil memiliki berat badan yang tidak seimbang, serta tidak memiliki perkembangan-perkembangan yang telah disebutkan. Setiap anak akan menunjukkan tahap perkembangan yang berbeda-beda, segera diskusikan dengan dokter jika ibu merasa ada yang salah dengan perkembangannya.

Referensi:
Parents. Diakses pada 2019. 17 Month Old Baby Development.
The Bump. Diakses pada 2019. Your 16-Month-Old's Language and Cognitive Development: Fine-Tuning Skills.