• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perkembangan Bayi 3 Bulan

Perkembangan Bayi 3 Bulan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta – Memasuki usia 3 bulan, bayi akan menjadi lebih sering bermanja, riang, dan mudah tertawa. Hal ini karena pada usia 3 bulan, kemampuan indranya akan meningkat, sehingga membuatnya lebih sadar akan dunia di sekitarnya, dan benar-benar terlibat dalam segala yang ia lihat, dengar, cium, dan sentuh.

Berikut beberapa perkembangan kemampuan yang dimiliki bayi usia 3 bulan:

1. Menegakkan Kepala

Di usia 3 bulan, otot leher bayi telah semakin kuat, sehingga ia sudah mampu menegakkan kepalanya dalam segala posisi, baik ketika digendong tegak ataupun tengkurap. Hal ini dapat terlihat ketika tummy time, atau waktu bermain sambil tengkurap, Si Kecil akan terlihat mampu mengangkat dadanya dan menendang-nendangkan kakinya dengan kencang, karena otot pada kedua anggota tubuh itu telah semakin kuat. 

Baca juga: 4 Tahap Perkembangan Motorik Anak Usia 0-12 Bulan

Ibu bisa melatih kemampuan otot kaki Si Kecil dengan sesekali menyentuhkan kakinya ke lantai ketika menggendongnya. Hal ini akan membuat kakinya menendang dengan keras dan kegirangan. Selain otot kaki, koordinasi mata dan tangan bayi 3 bulan juga akan semakin baik. Ia akan mulai menyatukan kedua tangan, dan memegang benda dengan kedua tangannya.

2. Menggulingkan Badannya Sendiri

Pada beberapa bayi, usia 3 bulan juga ditandai dengan kemampuan untuk menggulingkan badannya sendiri tanpa bantuan siapapun. Jika Si Kecil mulai menunjukkan kemampuan ini, ibu perlu lebih berhati-hati ketika meninggalkannya tanpa pengawasan orang dewasa. Tempatkan ia pada ranjang yang dilengkapi penyangga tinggi ketika ingin meninggalkannya sebentar, untuk menghindari risiko terjatuh karena berguling sendiri.

3. Mulai Ekspresif

Bayi usia 3 bulan biasanya sudah lebih ekspresif, ketika berkomunikasi dengan orangtuanya. Alih-alih hanya menangis, ia akan mulai berceloteh nyaring dengan durasi yang panjang. Ajaklah ia berbicara dengan menjelaskan benda-benda di sekitarnya dan ajarkan untuk mengenali orang-orang yang ada di rumah.

Baca juga: Tahapan Penting Tumbuh Kembang Bayi di Tahun Pertama

4. Bisa Mengenali Suara

Di usia 3 bulan, bayi sudah lebih bisa menyesuaikan diri dan lebih peka terhadap perubahan di sekitarnya. Hal ini karena saraf-saraf di otaknya, yang berfungsi untuk mengoordinasikan kemampuan indranya, telah berkembang  secara signifikan sehingga Si Kecil bisa dengan cepat mengenali benda atau orang yang dilihatnya, serta lebih peka dengan suara yang ada di sekitarnya.

Ia akan mulai tertarik melihat bayangannya di cermin atau tersenyum ketika menatap wajah ibunya. Di usia ini, bayi sangat menyukai sentuhan. Tak hanya sentuhan ibunya, ia juga mulai tertarik dengan berbagai macam benda bertekstur kasar dan halus. 

5. Butuh Lebih Banyak Asupan

Karena aktivitasnya mulai banyak, bayi 3 bulan membutuhkan lebih banyak asupan dibanding sebelumnya. Umumnya, ia membutuhkan sekitar 170-200 mililiter susu per harinya. Hal ini membuat frekuensi menyusunya juga meningkat. Oleh karena itu, pastikan untuk mencukupi kebutuhan asupannya, salah satunya dengan banyak mengonsumsi makanan bergizi bagi ibu, untuk memastikan nutrisi dalam kandungan ASI.

Jika masih bingung makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi untuk meningkatkan produksi ASI, atau ingin konsultasi seputar masalah ASI, ibu bisa download aplikasi Halodoc dan temukan ribuan dokter yang siap membantu di sana. Kapan dan di mana saja, ibu bisa bertanya pada dokter gizi atau anak lewat chat. Mudah, bukan?

Baca juga: Ini Perkembangan Bayi 7 Bulan yang Wajib Diketahui

6. Sudah Bisa Memilih Kesukaan

Salah satu kemampuan bayi usia 3 bulan adalah sudah bisa memahami dan mengenali orangtua dan orang terdekatnya. Di usia ini ia memang mulai banyak tersenyum, tetapi senyumnya itu sebenarnya ia berikan sebagai balasan bagi semua orang yang ia sukai.

Ia juga mulai menyukai aktivitas yang berkaitan dengan interaksi, seperti bermain cilukba, atau pijatan lembut dari sang ibu. Selain itu, bayi di usia 3 bulan juga sudah bisa memilih mainan yang ia sukai. Pada usia ini biasanya ia menyukai mainan berwarna terang dan memiliki suara.

7. Tidur Lebih Teratur

Perkembangan otaknya yang begitu pesat membuat bayi 3 bulan membutuhkan tidur yang cukup dan berkualitas. Namun, berbeda dengan sebelumnya, di usia 3 bulan ini bayi akan memiliki tidur yang lebih teratur. Pola tidurnya akan lebih lama di malam hari, meski ia masih suka terbangun sebentar untuk menyusu.

Referensi:
Parents. Diakses pada 2019. 3 Month Old Baby Development.