Perkembangan Bayi 35 Bulan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
perkembangan-bayi-35-bulan

Halodoc, Jakarta - Memasuki usia 35 bulan, tulang sang buah hati sudah semakin kuat. Anak juga semakin aktif untuk melompat lebih jauh daripada sebelumnya. Ia juga seharusnya sudah mampu menendang bola, menggerakkan jari-jarinya. Di usia ini, anak seharusnya sudah mampu untuk menyeimbangkan diri walau hanya satu atau dua detik. Pasti ibu sangat senang ya, ketika anak tumbuh sehat dan normal seperti perkembangan anak seharusnya?

Anak yang Mulai Mendengar dan Memelajari

Apakah ibu pernah menyadari bahwa sebagian besar percakapan yang ibu lakukan dengan sang buah hati adalah pemberian arahan? “Jangan lakukan ini, jangan begitu, tidak boleh ini dan itu”. Ini penting untuk keselamatan dan pembelajaran Si Kecil. Namun, ini bisa membuat Si Kecil kehilangan kesenangannya kala bermain bersama ibu. 

Komunikasi dua arah menjadi hal yang penting untuk ibu ketahui, sehingga tidak ada salahnya menjadi orangtua yang mendengarkan. Jika perlu, ajukan pertanyaan kepadanya dan tunjukkan bahwa ibu antusias dengan apa yang ia kerjakan dan berikan arahan dengan cara yang menyenangkan langkah yang harus ia lakukan selanjutnya.

Baca juga: Perkembangan Bayi 31 Bulan

Kepercayaan anak pun tumbuh dalam cara yang mungkin tidak ibu duga, terutama tentang bagaimana ia berubah menjadi pribadi yang mandiri. Meskipun ia mengalami kegagalan ketika melakukan tugas yang ibu berikan, tetap berikan ia semangat agar anak tidak menyerah dan berputus asa. Pastikan pula untuk mengucap terima kasih ketika Si Kecil telah selesai mengerjakan tugasnya. 

Rasa ingin tahu adalah salah satu aset terbaik yang dimiliki anak. Ia mungkin menunjukkan minat dalam menguasai huruf alfabet dan angka. Ibu tentu memiliki banyak waktu untuk mengajarinya tanpa membuat anak merasa bosan. Memperbanyak latihan menjadi cara terbaik agar anak lebih cepat paham tentang sesuatu hal. 

Baca juga: Perkembangan Bayi 33 Bulan

Merencanakan Pesta Ulang Tahun yang Aman

Usia 3 tahun adalah waktu yang tepat untuk dirayakan. Apakah ibu juga demikian? Jika ibu berencana mengadakan pesta, pasti ibu sudah memikirkan konsep dan tema yang tepat, apakah mau pesta sederhana di taman atau merayakannya hanya bersama keluarga. Apa pun itu, perkembangan anak hingga usia ini patut mendapat apresiasi. 

Namun, tidak boleh lupa untuk tetap mempertimbangkan faktor keamanan ketika merencanakan pesta untuk ulang tahun anak. Terlebih jika ibu berencana mengadakan pesta di luar rumah. Pertimbangkan selalu keamanan lokasi pesta terhadap keselamatan anak. Jangan lupa, ketika membicarakan menu, pastikan ibu memilih makanan yang aman dikonsumsi anak dan tidak membuatnya tersedak. Waspada pula terhadap bahaya alergi makanan

Baca juga: Perkembangan Bayi 32 Bulan

Pesta selalu identik dengan penggunaan balon. Namun, benda yang terlihat menyenangkan dengan aneka rupa warnanya ini tetap saja tidak aman jika meletus, terlebih jika anak masih suka memasukkan benda apa pun ke dalam mulutnya, waspada serpihan pecahan balon justru menarik perhatiannya. Jadi, tetap perhatikan gerak-gerik anak meski ia tengah berbahagia pada acara pesta ulang tahunnya nanti. 

Waspada pula dengan kesehatan sang buah hati yang masih rentan terserang penyakit di musim yang tidak menentu ini. Selalu kenali dengan cermat jika anak mengalami gejala yang mungkin membuat tubuhnya tidak nyaman. Ibu bisa langsung bertanya pada dokter untuk mendapatkan solusinya, gunakan aplikasi Halodoc. Jika kondisi anak harus segera mendapatkan pertolongan, buat janji dengan dokter di rumah sakit terdekat dengan aplikasi ini. 

Referensi: 
Parents. Diakses pada 2020. 35 Month Old Child Development.
What to Expect. Diakses pada 2020. 35-Month-Old-Child.
Babycenter. Diakses pada 2020. Your 35-Month-Old: Collecting.