• Home
  • /
  • Begini Perkembangan Bayi Usia 14 Bulan

Begini Perkembangan Bayi Usia 14 Bulan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Begini Perkembangan Bayi Usia 14 Bulan

Halodoc, Jakarta - Menginjak usia 14 bulan, sang buah hati pasti semakin terlihat lucu dan menggemaskan, ya, Bu! Tentu saja, kini ia seharusnya sudah bisa berdiri tanpa perlu lagi bantuan dan tanpa merasa kesulitan untuk melakukannya. Ditambah lagi, kini ia semakin asyik dengan dunianya sendiri, bermain dengan imajinasinya, dan bersenang-senang dengan mainan yang ayah dan ibu belikan. 

Pada usia ini, anak sudah mulai merasa cemas dan takut akan sesuatu. Ia akan menunjukkannya pada ayah dan ibu, sehingga menjadi tugas ibu dan ayah untuk menemani dan meredakan ketakutan dan kecemasannya. Pun, ia akan menjadi lebih sensitif terhadap lingkungannya, mulai ingin melepas pakaiannya sendiri dan bermain bersama dengan mainannya yang menyenangkan. 

Perkembangan Motorik Bayi Usia 14 Bulan

Di bagian motoriknya, usia 14 bulan alias 1 tahun 2 bulan ini akan sudah mulai belajar berlari dan berjalan mundur, meski belum terlalu lancar melakukannya. Hati-hati ya, anak menjadi rentan terjatuh di waktu latihannya, jadi ibu dan ayah tetap harus menemani dan mendampinginya. 

Baca juga: Ini yang Bisa Dicapai Si Kecil pada Usia 1-3 Tahun

Sementara itu, ibu dan ayah mungkin mendapati sang buah hati mulai aktif dalam menggerakkan alat-alat tulis meski belum tahu apa yang sebenarnya ia coretkan. Dinding, lantai, karpet mungkin menjadi sasaran, jadi ada baiknya ibu dan ayah menyiapkan kertas kosong untuk media ia corat-coret dan mengasah kreativitasnya. Belikan buku gambar atau buku mewarnai dan biarkan ia berimajinasi sesuka hatinya. Bahkan, lebih baik lagi jika ibu dan ayah bisa mendampinginya mewarnai serta menunjukkan warna yang tepat untuk suatu objek. 

Perkembangan Bahasa Bayi Usia 14 Bulan

Lalu, bagaimana dengan kemampuan bahasa dan bicaranya? Tentu saja, ia akan menjadi lebih mengerti banyak kosa kata dibandingkan dengan sebelumnya. Setiap hari ia akan mulai belajar kata-kata baru dari percakapan sederhana yang ia dengar melalui ayah dan ibu. Pastinya, hindari mengeluarkan kata yang mengandung makna negatif ya, Bu, karena anak lebih mahir meniru apa yang dilakukan dan dikatakan orang tuanya. 

Baca juga: Tahapan Penting Tumbuh Kembang Bayi di Tahun Pertama

Agar anak semakin lancar bicara, ibu dan ayah bisa membelikan buku bacaan untuknya. Bisa buku dongeng atau buku belajar mengeja. Ia mungkin belum mahir membaca, tetapi caranya mengikuti apa yang ibu dan ayah katakan bisa menjadi cara belajar yang tepat. Sementara buku dongeng bisa membantunya mengenal warna dan gambar yang ada di balik cerita yang ibu dan ayah sampaikan padanya. 

Perkembangan Sosial Bayi Usia 14 Bulan

Jangan melarangnya apabila Si Kecil berniat membantu ibu dalam menyelesaikan pekerjaan rumah tangga ringan, seperti menyapu. Memang, mungkin ia semakin membuat pekerjaan tidak karuan, tetapi hargailah usahanya karena inilah perkembangan sosial yang ia tunjukkan pada ayah dan ibu. 

Baca juga: Perhatikan Waktu Tidur Bayi untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Tetap ajari anak menggunakan benda-benda baru dengan sabar, ya, Bu. Misalnya, sendok dan garpu. Anak mungkin sudah mulai ingin makan sendiri, meski akan mengacaukan makannya atau membuat rumah menjadi kotor. Tidak apa, inilah proses belajar, karena rasa ingin tahunya yang begitu besar. 

Namun, jika anak tidak menunjukkan tanda-tanda perkembangan tadi, ibu harus segera membawanya ke dokter. Buat janji segera dengan dokter ahli anak di rumah sakit terdekat, agar apa yang terjadi pada sang buah hati bisa segera ditangani. Pakai aplikasi Halodoc, ibu sudah bisa download langsung di ponsel. 

Referensi: 
Parents. Diakses pada 2019. Your Baby from 13 to 15 Months: Baby’s First Steps.
Baby Center. Diakses pada 2019. Your 14-Month-Old: Week 4.
What to Expect. Diakses pada 2019. 14-Month-Old Child.