• Home
  • /
  • Perkembangan Fisik Remaja yang Perlu Diketahui

Perkembangan Fisik Remaja yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Perkembangan Fisik Remaja yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Perubahan fisik pasti akan terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Namun, perubahan yang paling nyata terlihat adalah saat seseorang memasuki usia remaja atau pubertas. Sebelumnya perlu diketahui, pubertas merupakan suatu tahap perkembangan seorang anak menjadi dewasa secara seksual.

Salah satu perubahan yang akan terlihat adalah bentuk fisik yang mulai menyerupai orang dewasa. Umumnya, pubertas pada perempuan akan terjadi pada rentang usia 10–14 tahun dan usia 12–16 tahun pada laki-laki. Perubahan tubuh pada masa ini terjadi karena peran hormon, salah satunya hormon pertumbuhan di masa pubertas. 

Mengetahui Perubahan Tubuh yang Akan Terjadi 

Sangat penting bagi orangtua untuk mendampingi perkembangan dan perubahan fisik remaja. Dengan begitu, ibu dan ayah bisa memberikan pengertian yang baik, sehingga anak  bisa mengerti dengan baik apa yang tengah terjadi pada tubuhnya. Berikut perkembangan dan perubahan fisik remaja yang perlu diketahui! 

  • Perubahan Fisik pada Perempuan 

Remaja perempuan akan mengalami berbagai macam perubahan pada tubuh, mulai dari payudara yang tumbuh, bulu halus pada ketiak dan area kemaluan, hingga terjadi menstruasi. Orangtua disarankan untuk terus mendampingi anak selama menghadapi perubahan-perubahan tersebut. Selain itu, katakan pada remaja bahwa itu adalah hal yang wajar dan terjadi secara alami. 

Saat memasuki masa pubertas, payudara remaja perempuan akan mulai tumbuh. Pertumbuhan payudara umumnya akan terjadi pada usia 8–13 tahun dan dimulai dari area puting. Penting untuk orangtua mengetahui tahapan perkembangan payudara yang normal. Selain itu, ajak remaja untuk rutin melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI).

Langkah ini bertujuan untuk mendeteksi kondisi serius pada payudara sejak dini, seperti kista atau kanker payudara. SADARI dilakukan dengan cara melihat dan meraba payudara, apakah ada hal yang tidak wajar. Selain pada payudara, perubahan juga akan terjadi di area kelamin yang ditandai dengan pertumbuhan bulu halus. 

Remaja perempuan juga akan mulai mengalami menstruasi. Hal ini menyebabkan darah keluar dari area intim perempuan. Beri tahu pada anak bahwa hal ini wajar. Menstruasi terjadi karena sel telur tidak dibuahi yang pada akhirnya akan luruh dan keluar menjadi daerah melalui Miss V. 

  • Perubahan Fisik pada Laki-laki

Remaja laki-laki yang memasuki pubertas juga akan mengalami perubahan fisik. Hal ini membuat anak mengalami  perubahan ukuran testikel dan penis yang membesar. Berbeda dengan perempuan,  tidak ada patokan pada usia berapa perubahan ukuran dan bentuk fisik anak laki-laki akan terjadi. Bertambahnya ukuran Mr. P bisa terjadi sejak usia 9 tahun atau lebih dewasa, meski sebagian remaja berusia 15 tahun yang masih belum mengalaminya. Dan hal itu normal. 

Remaja laki-laki juga mengalami pertumbuhan bulu halus pada area ketiak dan kemaluan. Selain itu, pubertas juga membuat suara remaja laki-laki menjadi lebih berat. Hal ini  terjadi karena pembesaran ukuran laring, yaitu organ di mana pita suara terletak, akan membuat suara remaja laki-laki terdengar lebih berat. Hal ini normal dan lagi-lagi tidak ada patokan pada usia berapa perubahan ini akan terjadi.

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter segera? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!  

Referensi:
Medline Plus. Diakses pada 2020. Puberty.
Medline Plus. Diakses pada 2020. Puberty in girls.
Kids Health. Diakses pada 2020. The Nemours Foundation. All About Puberty.