Perlu Diwaspadai, Kanker Lidah Bisa Berakibat Fatal

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
bahaya kanker lidah

Halodoc, Jakarta - Kanker yang terdapat pada lidah berasal dari jaringan lidah yang mengalami kelainan, kemudian tumbuh secara tidak normal. Kondisi ini biasanya terjadi pada ujung lidah atau pangkal lidah. Kamu kecanduan rokok atau minuman beralkohol? Jika iya, kamu wajib berhati-hati, karena kanker lidah bisa saja mengintai kamu dan menyebabkan komplikasi yang membahayakan nyawa.

Baca juga: Ini yang Terjadi pada Mulut Jika Terkena Kanker Lidah

Kanker Lidah Bisa Berakibat Fatal, Benarkah?

Kanker lidah merupakan tumor ganas yang terjadi pada lidah saat adanya pertumbuhan sel-sel yang tidak terkendali. Umumnya kanker lidah ditandai dengan munculnya bercak berwarna putih atau merah pada lidah, sariawan, serta sakit pada tenggorokan yang tak kunjung membaik.

Kondisi ini terjadi karena adanya mutasi genetik pada sel-sel jaringan lidah. Mutasi gen ini yang menyebabkan pertumbuhan abnormal pada sel, sehingga menjadi kanker. Belum diketahui apa yang menjadi penyebab pasti terjadinya mutasi gen ini. Namun, laki-laki yang berumur di atas 50 tahun lebih rentan mengidap kondisi ini. Untuk menghindari terjadinya kanker lidah, hindari faktor pemicu di bawah ini, ya!

  • Infeksi HPV (Human papillomavirus). Dalam kasus yang jarang terjadi, infeksi HPV dapat memicu pertumbuhan jaringan abnormal dalam mulut, sehingga memicu terjadinya kanker lidah.

  • Merokok. Kebiasaan merokok atau mengonsumsi tembakau dengan cara dikunyah dapat memicu terjadinya kanker lidah pada seseorang. Pasalnya, pada tembakau terdapat zat pemicu kanker atau karsinogenik.

  • Konsumsi alkohol. Kebiasaan mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat meningkatkan risiko seseorang mengidap kanker lidah.

  • Pola makan yang tidak sehat. Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran untuk menghindari terjadinya kanker lidah.

  • Keadaan mulut yang tidak baik. Bentuk gigi yang tidak rata, bergerigi, kasar, serta bentuk gigi palsu yang tidak sesuai dapat menjadi faktor pemicu terjadinya kanker mulut.

Untuk mengetahui lebih lengkap apa yang menjadi faktor pemicu terjadinya kanker lidah, kamu bisa bertanya langsung pada dokter ahli di aplikasi Halodoc. Kamu juga dapat mendiskusikan tentang masalah kesehatan yang sedang kamu alami. Jangan lupa  download aplikasinya segera, ya!

Baca juga: Waspada! Kanker Lidah Bisa Menyerang Tanpa Disadari

Sebelum Terjadi, Berikut Langkah Mencegah Kanker Lidah

Hindari kanker lidah dengan menjaga kesehatan mulut kamu. Beberapa langkah yang dapat kamu lakukan, antara lain:

  • Sikat gigi sebanyak sehari dua kali. Untuk hasil yang maksimal, gunakan sikat gigi dengan bahan yang lembut.

  • Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan benang gigi setelah menyikat gigi untuk membersihkan kotoran di sela-sela gigi.

  • Bilas dengan obat kumur untuk hasil yang lebih maksimal.

  • Bersihkan lidah dengan scraper yang dijual di apotek untuk menghilangkan lapisan atas bakteri dan plak pada lidah.

  • Banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan.

  • Jangan merokok atau mengunyah tembakau.

  • Berhenti mengonsumsi alkohol.

  • Melakukan vaksin HPV.

Baca juga: Kenali Warna Lidah untuk Menentukan Kondisi Kesehatan

Karena penyebabnya belum diketahui, kanker mulut tidak dapat dicegah sepenuhnya. Langkah yang dapat kamu lakukan yaitu mengikuti langkah-langkah di atas guna menghindari faktor pemicu dari kanker lidah. Jika kamu menemukan kendala dalam melakukan pencegahan di atas, jangan lupa untuk segera diskusikan dengan dokter! Jaga selalu kesehatan dirimu dengan melakukan pola hidup sehat, serta mengonsumsi makanan bergizi seimbang, ya!