Perlu Tahu, 5 Cara Menjaga Balita Saat Mudik

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Perlu Tahu, 5 Cara Menjaga Balita Saat Mudik

Halodoc, Jakarta - Lebaran tinggal menghitung hari. Suasana mudik dan segala persiapannya pun sudah mulai terasa. Ke mana ibu mudik pada lebaran kali ini? Apakah semua persiapannya sudah siap? Apakah ibu berencana bepergian bersama sang buah hati yang masih balita? Bagaimana caranya supaya perjalanan tetap nyaman dan lancar?

Ya, balita rentan rewel ketika perjalanan, terlebih jika perjalanan ibu memakan waktu seharian. Anak yang rentan bosan dengan aktivitas membuat ibu terkadang terbebani. Alhasil, perjalanan yang seharusnya berjalan nyaman dan lancar menjadi sangat menguras tenaga dan melelahkan. Namun, ibu tidak perlu stres, coba saja terapkan tips mudik untuk balita berikut ini.

  • Pastikan Ia Duduk dengan Nyaman dan Aman

Biasanya, anak akan memilih untuk duduk dengan ibu atau ayahnya. Jika ayah sedang mengemudi, tentu ini mengganggu konsentrasi berkendara. Namun, tak jarang anak menjadi rewel jika apa yang diinginkan tidak dipenuhi, meski ia sudah dipangku oleh ibu dan diajak untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan.

Baca juga: Mudik Lebaran Tiba, Jaga Kesehatan dengan 6 Cara Ini

Namun, terkadang sang buah hati memilih untuk duduk sendiri di kursi belakang. Jika memang ini yang ia inginkan, pastikan bahwa sabuk pengaman berfungsi dengan baik dan terpasang di tubuhnya dengan aman. Jelaskan padanya apa fungsi dari sabuk keselamatan ini jika ia merasa tidak nyaman saat mengenakannya. Jika ia rewel ketika perjalanan, coba cek pampers yang dipakainya. Jika memungkinkan, gantilah setiap 3 sampai 4 jam sekali supaya anak tetap nyaman.

  • Bawa Mainan Kesukaannya

Anak selalu bisa teralih perhatiannya dengan mainan atau benda yang membuatnya tertarik. Salah satunya adalah mainan favoritnya. Sepanjang ada benda kesukaannya, ia pun tidak mudah bosan. Jadi, ibu bisa memastikan bahwa benda-benda favoritnya terbawa ketika mudik lebaran. Agar lebih menyenangkan, ibu bisa memintanya memilih sendiri mainan yang ingin dibawanya.

  • Siapkan Bekal Favoritnya

Ketika perjalanan, tak jarang pasti perut terasa lapar dan tenggorokan terasa kering karena haus. Jika sang buah hati sedang tidak puasa, tidak ada salahnya untuk menyiapkan makanan dan minuman favoritnya sebagai bekal di perjalanan. Bawa semua dan pastikan ibu menaruhnya dalam satu tas dan meletakkannya di tempat yang mudah dijangkau. Ada baiknya ibu membeli beberapa camilan kesukaan Si Kecil agar makanan yang ia konsumsi menjadi lebih bervariasi.

Baca juga: Mudik? Lakukan Ini Agar Nyenyak Tidur di Perjalanan

  • Ajak Beristirahat dan Bermain

Perjalanan panjang pasti sangat melelahkan. Nah, tidak ada salahnya untuk menepi sebentar dan mengajak sang buah hati menghirup udara segar. Tips mudik untuk balita ini bisa ibu lakukan setiap 2-3 jam sekali perjalanan, jika lama tempuh jalan hingga tiba di kampung halaman lebih dari 5 jam. Hal ini mengusir rasa bosan dan lelah anak, juga membuat tubuh ibu dan ayah tidak pegal karena terlalu lama duduk.

  • Siapkan Vitamin

Lelah karena perjalanan tak jarang membuat anak rentan terserang penyakit. Supaya tidak terjadi pada Si Kecil, ibu perlu membawa vitamin untuk menunjang kesehatan dan daya tahan tubuhnya. Nantinya, sang buah hati bebas dari rasa lelah dan liburan mudik semakin menyenangkan.

Baca juga: 3 Olahraga Ringan Setelah Mudik Lebaran

Supaya lebih mudah, ibu bisa membeli vitamin melalui aplikasi Halodoc. Aplikasi ini bisa ibu download langsung di ponsel. Tidak perlu lagi ke apotek, karena aplikasi Halodoc akan memudahkan ibu dalam membeli vitamin yang ibu butuhkan.