• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perlu Tahu, 6 Fakta Mengenai Organ Jantung Manusia

Perlu Tahu, 6 Fakta Mengenai Organ Jantung Manusia

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Apa yang kamu ketahui seputar organ jantung manusia? Salah satu organ tubuh yang paling vital? Benar. Saking vitalnya, jika jantung berhenti melaksanakan fungsinya untuk memompa darah ke seluruh tubuh, seseorang akan kehilangan kesempatan hidupnya. 

Namun, sebenarnya ada banyak fakta menarik lainnya mengenai organ jantung, yang mungkin selama ini belum banyak diketahui. Apa saja fakta tersebut? Yuk, simak pembahasan berikut ini!

Baca juga: Lengan Kiri Sakit Tanda Penyakit Jantung, Benarkah?

Fakta Seputar Jantung Manusia

Ada pepatah, “Tak kenal, maka tak sayang”. Jika tak mengenal organ jantung kamu dengan baik, bagaimana bisa kamu menyayangi dan menjaga kesehatannya? Berikut ini beberapa fakta seputar jantung manusia yang penting dan menarik untuk disimak:

1.Ibarat “Mesin Pompa” Raksasa

Tahukah kamu bahwa setiap satu menit jantung memompa sekitar 5 liter darah? Ya, waktu yang dibutuhkan darah untuk mengalir melalui seluruh sistem pembuluh darah di tubuh hanya sekitar 20 detik. 

Dalam sehari, jantung dapat memompa sekitar 2.000 galon darah, dan sejauh 60.000 mil ke pembuluh darah. Jadi, tidak berlebihan jika menyebut organ ini ibarat “mesin pompa” raksasa, bukan?

2.Jantung Berdetak sebanyak 60 – 100 Kali Per Menit

Menurut American Heart Association, pada orang dewasa, jantung berdetak sekitar 100.000 kali setiap harinya, dan 3.600.000 kali selama setahun. Jumlah itu tentu tidak sama pada setiap orang. Pada orang yang detak jantungnya lebih pendek sebanyak 60 denyut per menit (bpm), jantung mereka berdetak sekitar 86.000 kali dalam sehari.

Baca juga: Jantung Berdetak Lebih Cepat, Waspada Tanda Aritmia

3.Detak Jantung Melambat saat Tidur

Saat tidur di malam hari, jantung umumnya berdetak kurang dari 60 kali per menit. Bahkan, beberapa orang ada yang hanya 40 kali per menit. Hal ini normal kok. Ketika sedang tidur, metabolisme tubuh melemah dan sistem saraf parasimpatis lebih aktif, sehingga kinerja jantung melambat dan membuat kamu lebih santai, ketimbang di siang hari.

4.Jantung Pria dan Wanita Berbeda Ukurannya

Mungkin kamu tak menyangka, tetapi jantung pria dan wanita memiliki ukuran yang dan berat yang berbeda, lho. Jantung pria umumnya memiliki berat 10 ons, sedangkan jantung wanita rata-rata 8 ons. Kamu dapat memprediksi ukuran jantung kamu dari seberapa besar kepalan tangan kamu. Jadi, dapat dikatakan bahwa ukuran jantung setiap orang berbeda-beda.

5.Aktivitas Harian Memengaruhi Risiko Penyakit Jantung

Risiko terkena penyakit jantung meningkat 2 kali lipat pada orang yang jarang bergerak atau berolahraga, ketimbang yang lebih aktif. Saat tubuh kamu aktif, otot-otot akan mengaktifkan gen yang membuat bahan kimia dan protein membantu memproses gula darah dan kolesterol lebih efisien, sehingga mampu menciptakan susunan sehat di dinding pembuluh darah.

Baca juga: Ketahui 6 Gejala Serangan Jantung yang Terjadi pada Wanita

6.Tertawa Bisa Menyehatkan Jantung

Meski terdengar sepele, tertawa punya manfaat penting bagi kesehatan jantung, lho. Saat kamu tertawa, lapisan dinding pembuluh darah akan rileks dan mengembang. Hal ini membuat pembuluh darah bisa mengirim 20 persen lebih banyak darah ke seluruh tubuh. 

Itulah beberapa fakta menarik seputar jantung yang perlu diketahui. Agar bisa berfungsi dengan optimal, jaga kesehatan jantung dengan menerapkan gaya hidup sehat, dan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan. Agar lebih mudah, kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter di rumah sakit, untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Fun Facts About the Heart You Didn’t Know.
Everyday Health. Diakses pada 2021. 9 Amazing Facts About Your Health.
WebMD. Diakses pada 2021. Amazing Fact About Health and Heart Disease.