• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perlu Tahu, Beragam Suara Kucing dan Artinya

Perlu Tahu, Beragam Suara Kucing dan Artinya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Perlu Tahu, Beragam Suara Kucing dan Artinya

Halodoc, Jakarta – Sama seperti manusia, kucing juga kerap mengeluarkan suara untuk menyampaikan sesuatu yang diinginkannya, hanya saja manusia tidak mengerti maksudnya. Ada banyak jenis suara kucing yang dapat dihasilkan, seperti mengeong, mendengkur, menggeram, hingga mendesis. Diketahui jika kucing memiliki 60 jenis suara dengan intensitas yang berbeda dan tentu saja artinya pun tidak sama. Untuk mengetahui artinya, baca ulasan berikut ini!

Berbagai Arti Suara Kucing yang Dihasilkan

Banyak pemilik kucing yang berpikir jika kucing saat mengeong, mendengkur, bahkan menggeram tidak memiliki arti apa pun. Faktanya, binatang peliharaan kamu berusaha untuk berkomunikasi tentang segala hal yang dirasakannya. Namun, jika kamu mendengarkan dengan seksama, mungkin saja lama-kelamaan dapat mengerti apa yang diinginkan olehnya. Tentu saja hal ini dapat memudahkan di masa depan.

Baca juga: Kucing Terus Mengeong, Pertanda Apa?

Suara yang dihasilkan kucing dapat bergantung dengan situasinya dan faktanya hewan ini dapat mengeluarkan banyak ucapan yang berbeda. Beberapa suara dapat menjadi pertanda tentang rasa puas dan senang, sementara itu yang lainnya mungkin berhubungan dengan rasa khawatir, takut, hingga marah. Maka dari itu, kamu harus tahu segala makna dari suara yang dihasilkan oleh kucing. Berikut ini penjelasannya:

1. Mengeong

Mengeong, atau “meong”, adalah suara yang paling sering dikeluarkan oleh kucing. Pada kucing dewasa, suara ini hampir secara eksklusif digunakan untuk berkomunikasi dengan manusia, bukan dengan kucing lainnya. Hal ini biasanya terjadi hanya pada kucing rumahan. Kucing akan mengeong saat menginginkan sesuatu, perhatian, makanan, atau ke suatu ruangan saat ia tidak dapat membukanya. Terkadang, meong juga mengartikan ucapan salam saat kamu pulang ke rumah.

Kadang, suara kucing ini dapat menandakan rasa kesepian atau kesakitan. Kucing yang lebih tua sering mengeong karena gangguan indra atau rasa cemas karena tidak segesit dulu. Selain itu, frekuensi mengeong dapat memiliki arti berbeda, seperti meong cepat dapat berarti hei atau perhatikan aku. Jika suara yang dihasilkan lebih panjang dan sedih, mungkin ia merasa khawatir atau keberatan terhadap sesuatu. Saat kucing mengeong tidak henti, mungkin saja ia sakit atau cedera.

Baca juga: Seluk Beluk Bahasa Tubuh Kucing yang Perlu Diketahui

2. Mendengkur

Dengkuran kucing dapat menimbulkan rasa yang menyenangkan sehingga membuat suasana hati menjadi bahagia. Suara ini biasanya keluar saat kucing bersarang di pangkuan adalah cara yang pasti untuk memunculkan dengkuran ini. Namun, dengkuran kucing juga dapat berarti ia merasa gelisah karena suatu hal. Kunci yang membedakan jika kucing sedang bahagia atau gelisah adalah postur tubuh, apabila tubuhnya tegang, berarti itu pertanda buruk.

Jika kamu ingin tahu lebih jauh tentang suara kucing beserta artinya, dokter hewan dari Halodoc siap memberikan penjelasan yang tepat. Hanya dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa berinteraksi langsung pada ahli medis dengan fitur Chat atau Voice/Video Call. Jangan ragu lagi, segera unduh aplikasinya di smartphone kamu!

3. Mendesis

Desisan kerap berhubungan dengan suara kucing ketika merasa terancam dan siap untuk bertarung jika diperlukan. Memang benar adanya, terutama hal ini terjadi bersamaan dengan perubahan dalam bahasa tubuh kucing, termasuk punggung yang melengkung, rambut mengembang, ekor berkedut, hingga taring yang siap menyerang. Saat kucing mengalami ini, cobalah untuk menjauh dan cari sesuatu yang menimbulkan kucing merasa terancam agar kembali normal.

Baca juga: Kucing Tidur Mendengkur, Awas Gangguan Pernapasan

Itulah beberapa suara kucing yang perlu diketahui beserta artinya, terutama untuk pemilik kucing. Dengan mengetahui hal ini, diharapkan kamu lebih memahami apa yang dirasakan oleh hewan peliharaanmu. Semakin sering kamu memperhatikan tingkah laku si Kucing, maka semakin tahu apa yang ia inginkan.

Referensi:
Modern Cat. Diakses pada 2021. 12 Sounds Cats Make and What They Mean.
Tree Hugger. Diakses pada 2021. Cat Sounds and What They Mean.