Perlu Tahu, Ini 5 Komplikasi yang Disebabkan Penyakit Paget

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Perlu Tahu, Ini 5 Komplikasi yang Disebabkan Penyakit Paget

Halodoc, Jakarta – Penyakit paget disebabkan oleh tingkat penyerapan tulang yang tinggi oleh osteoklas diikuti oleh pembentukan tulang yang tidak sehat secara struktural oleh osteoblas. Dalam kebanyakan kasus, penyakit tulang paget berkembang perlahan. 

Kebanyakan orang yang memiliki penyakit tulang paget tidak memiliki gejala. Saat gejala muncul, keluhan paling umum adalah nyeri tulang. Penyakit ini menyebabkan tubuh menghasilkan tulang baru lebih cepat dari biasanya, yang dapat menyebabkan nyeri tulang, kelainan bentuk dan patah tulang.

Namun tidak perlu panik, penyakit ini dapat dikelola secara efektif pada hampir semua orang. Perlu untuk mengetahui bentuk-bentuk komplikasinya. 

Baca juga: 4 Cara Menangani Penyakit Paget yang Wajib Diketahui

Komplikasi Penyakit Paget

Penyebab penyakit tulang paget tidak diketahui secara jelas. Para ilmuwan menduga kombinasi faktor lingkungan dan genetik berkontribusi pada penyakit ini. Beberapa gen tampaknya terkait dengan penyakit tersebut.

Beberapa ilmuwan meyakini penyakit tulang paget terkait dengan infeksi virus dalam sel tulang, tetapi teori ini kontroversial. Berikut ini komplikasi dari penyakit paget:

  1. Fraktur dan Kelainan Bentuk

Tulang yang terkena akan lebih mudah patah. Pembuluh darah ekstra pada tulang yang cacat ini menyebabkan mereka lebih banyak berdarah selama operasi perbaikan. Tulang kaki bisa membungkuk, yang bisa memengaruhi kemampuan berjalan.

  1. Osteoartritis

Tulang yang salah bentuk dapat meningkatkan jumlah stres pada sendi di sekitarnya, yang dapat menyebabkan osteoartritis.

  1. Masalah Neurologis

Ketika penyakit tulang paget terjadi di daerah di mana saraf melewati tulang, seperti tulang belakang dan tengkorak, pertumbuhan berlebih tulang dapat menekan dan merusak saraf, menyebabkan rasa sakit, kelemahan atau kesemutan pada lengan atau kaki atau gangguan pendengaran.

Baca juga: Pria Lebih Berisiko Terkena Penyakit Paget, Benarkah?

  1. Gagal Jantung

Penyakit tulang paget yang luas mungkin memaksa jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah ke bagian tubuh yang sakit. Terkadang, peningkatan beban kerja ini dapat menyebabkan gagal jantung.

  1. Kanker Tulang

Kanker tulang terjadi pada sekitar 1 persen orang dengan penyakit tulang paget.

Bagaimana mengobati penyakit paget?  Obat osteoporosis (bifosfonat) adalah pengobatan paling umum untuk penyakit tulang paget. Beberapa bifosfonat diminum, sementara yang lain diberikan melalui suntikan. Bifosfonat oral umumnya ditoleransi dengan baik, tetapi mereka dapat mengiritasi saluran pencernaan. Contohnya termasuk:

  • Alendronate (Fosamax);

  • Ibandronate (Boniva);

  • Pamidronate (Aredia);

  • Risedronate (Actonel); dan

  • Asam Zoledronic (Zometa, Reclast).

Jarang, terapi bifosfonat telah dikaitkan dengan nyeri otot, sendi, atau tulang yang parah, yang mungkin tidak sembuh ketika obat dihentikan. Bifosfonat juga dapat meningkatkan risiko kondisi langka di mana bagian tulang rahang mati dan memburuk (osteonekrosis tulang rahang), biasanya terkait dengan penyakit gigi aktif atau operasi mulut.

Baca juga: Bisa Bikin Nyeri Tulang, Ini Cara Penanganan Penyakit Paget

Jika kamu tidak dapat mentolerir bifosfonat, dokter mungkin meresepkan kalsitonin (Miacalcin), hormon alami yang terlibat dalam regulasi kalsium dan metabolisme tulang. Kalsitonin adalah obat yang diberikan kepada diri sendiri dengan suntikan atau semprotan hidung. Efek samping mungkin termasuk mual, muka memerah dan iritasi pada tempat suntikan.

Dalam kasus yang jarang terjadi, operasi mungkin diperlukan untuk:

  • Membantu menyembuhkan patah tulang;

  • Ganti sendi yang rusak akibat artritis parah;

  • Atur kembali tulang yang cacat; dan

  • Kurangi tekanan pada saraf;

Penyakit tulang paget sering menyebabkan tubuh memproduksi terlalu banyak pembuluh darah di tulang yang terkena, sehingga meningkatkan risiko kehilangan darah yang serius selama operasi.

Jika kamu dijadwalkan untuk operasi yang melibatkan tulang yang terkena penyakit paget, dokter mungkin akan meresepkan obat untuk mengurangi aktivitas penyakit, yang dapat membantu mengurangi kehilangan darah selama operasi.

Ingin tahu lebih banyak mengenai penyakit paget, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.