• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perlu Tahu, Ini 7 Jenis Vaksin yang Perlu Dilakukan Orang Dewasa
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perlu Tahu, Ini 7 Jenis Vaksin yang Perlu Dilakukan Orang Dewasa

Perlu Tahu, Ini 7 Jenis Vaksin yang Perlu Dilakukan Orang Dewasa

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 29 Juli 2022

“Vaksin untuk dewasa bermanfaat untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Rekomendasi vaksin disesuaikan berdasarkan usia, pekerjaan, gaya hidup, dan rencana perjalanan.”

Perlu Tahu, Ini 7 Jenis Vaksin yang Perlu Dilakukan Orang DewasaPerlu Tahu, Ini 7 Jenis Vaksin yang Perlu Dilakukan Orang Dewasa

Halodoc, Jakarta – Tidak hanya anak-anak saja yang butuh vaksin, orang dewasa juga. Vaksin untuk dewasa penting untuk melindungi tubuh dari penyakit yang menjadi lebih umum di masa dewasa. 

Selain itu, perlindungan dari beberapa vaksin yang didapatkan pada masa kanak-kanak juga bisa menghilang seiring waktu. Apalagi bagi orang dewasa yang melewatkan dosis vaksin tertentu pada masa kanak-kanak, mereka perlu mendapatkan vaksin untuk dewasa. 

Pekerjaan, gaya hidup, rencana perjalanan juga turut memengaruhi risiko orang dewasa untuk terkena penyakit. Jadi, jangan malas untuk mendapatkan vaksinasi ya. Simak vaksin untuk dewasa yang penting di sini.

Jenis Vaksin untuk Dewasa yang Perlu Didapatkan

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan vaksin untuk orang dewasa berdasarkan usia, status vaksinasi sebelumnya, kondisi kesehatan, gaya hidup, pekerjaan, tujuan perjalanan, dan aktivitas seksual. Berikut adalah beberapa jenis vaksin yang penting untuk dewasa:

1. Vaksin Flu (influenza)

Untuk mencegah flu, CDC merekomendasikan vaksinasi flu tahunan untuk semua orang, mulai dari anak-anak yang berusia 6 bulan ke atas sampai orang tua. Vaksin untuk dewasa ini penting, terutama untuk ibu hamil, orang dengan kondisi kesehatan jangka panjang dan orang berusia 65 tahun ke atas. Namun, orang tua tidak boleh mendapatkan vaksin flu semprot.

2. Vaksin Pneumokokus

Pneumokokus merupakan penyakit yang berbahaya yang bisa menyebabkan infeksi, seperti pneumonia, meningitis, dan infeksi aliran darah. Oleh karena itu, vaksin pneumokokus termasuk salah satu vaksin untuk dewasa yang penting untuk didapatkan. 

CDC merekomendasikan vaksin ini untuk orang dewasa lanjut usia dan orang dewasa yang lebih muda yang memiliki risiko tinggi terkena penyakit tersebut.

3. Vaksin Tdap

Vaksin Tdap juga penting untuk orang dewasa, karena bisa memberikan perlindungan dari tetanus, difteri, dan batuk rejan (pertusis).  Satu dosis vaksin Tdap secara rutin diberikan pada usia 11 atau 12 tahun. Namun, bila kamu belum pernah mendapatkan vaksin ini, CDC merekomendasikan untuk mendapatkannya sesegera mungkin. 

Vaksin Tdap juga dianjurkan untuk ibu hamil. Idealnya, vaksin diberikan antara minggu ke-27 dan ke-36 kehamilan. Booster Td direkomendasikan setiap 10 tahun.

4. Vaksin Herpes Zoster

Untuk mencegah herpes zoster, CDC merekomendasikan vaksin Shingrix untuk orang dewasa sehat berusia 50 tahun ke atas. Vaksin ini diberikan dalam dua dosis. Meskipun jarang membahayakan jiwa, herpes zoster atau yang lebih dikenal sebagai cacar ular bisa menimbulkan ruam yang menyakitkan di tubuh. Jadi, penting untuk mendapatkan vaksin herpes zoster untuk melindungi diri dari penyakit tersebut.

5. Vaksin HPV

Human Papillomavirus (HPV) adalah virus umum yang menjadi penyebab kanker, seperti kanker serviks, vulva dan vagina pada wanita, dan kanker penis pada pria. Virus tersebut juga bisa menyebabkan kanker dubur, kanker tenggorokan, dan kutil kelamin.

Nah, Vaksin HPV diperlukan untuk melindungi diri dari virus HPV. Vaksin ini direkomendasikan terutama bagi orang dewasa yang sudah aktif secara seksual. CDC  juga merekomendasikan vaksin HPV untuk anak perempuan dan anak laki-laki berusia 11 atau 12 tahun. Sementara untuk anak remaja dan dewasa muda yang baru mulai mendapatkan vaksin pada usia 15 -26 tahun, harus terus menerima tiga dosis vaksin.

6. Vaksin Hepatitis A dan B

Ini adalah dua jenis virus yang bisa menginfeksi hati. Ada sekitar 2000-3000 orang terinfeksi hepatitis A setiap tahunnya, begitu juga dengan hepatitis B. Nah, vaksin ini bisa memberi perlindungan dari hepatitis A dan B setidaknya selama 25 tahun. Vaksin untuk dewasa ini dianjurkan terutama bagi kamu yang sering bepergian ke luar negeri dan mengidap penyakit liver kronis.

7. Vaksin COVID-19

Mengingat pandemi COVID-19 masih belum berakhir dan virus corona terus bermutasi, kamu dianjurkan untuk mendapatkan vaksin COVID-19 sesegera mungkin. Vaksin ini bisa mencegah kamu terinfeksi virus corona atau mengurangi risiko mengalami sakit parah, atau meninggal akibat penyakit tersebut.

Itulah jenis-jenis vaksin untuk dewasa yang penting. Kamu juga bisa bertanya pada dokter mengenai jenis vaksinasi yang kamu butuhkan. Selain vaksinasi, penting juga untuk memeriksakan kesehatanmu secara berkala untuk mendeteksi masalah kesehatan lebih dini. Dengan begitu, pengobatan bisa diberikan sedini mungkin sebelum penyakit berkembang semakin parah. 

Untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, kamu bisa buat janji medis di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga untuk memudahkan kamu mendapatkan solusi kesehatan terlengkap.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Vaccines for adults: Which do you need?
WebMD. Diakses pada 2022. Vaccines for Adults.