• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perlu Tahu, Ini Cara Alami Atasi Bibir Kering

Perlu Tahu, Ini Cara Alami Atasi Bibir Kering

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Bibir pecah-pecah karena kering atau dalam istilah medisnya disebut dengan cheilitis, adalah masalah umum dan pastinya bikin kamu tidak nyaman. Pengobatan rumahan umumnya dapat membantu menghilangkan bibir pecah-pecah tanpa membuatnya semakin kering.

Perlu kamu ketahui bahwa kulit di bibir jauh lebih tipis dan halus dibandingkan di bagian tubuh lainnya. Bibir juga mudah terpapar unsur-unsur, termasuk matahari dan udara yang dingin dan kering. Alhasil membuatnya rentan terhadap kekeringan, pecah-pecah, dan pengelupasan. Bibir kekurangan kelenjar minyak, sehingga ia tidak dapat menghasilkan kelembapan sendiri. Namun, bibir kering bisa diatasi dengan pelembap alami atau beberapa metode lainnya. 

Baca juga: Jangan Diabaikan, Ini 6 Kebiasaan yang Membuat Bibir Kering

Cobalah Pelembab Bibir Alami 

Ada beberapa bahan alami yang efektif untuk atasi bibir kering dan pecah-pecah. Mungkin kamu juga sudah memilikinya di rumah. Untuk menenangkan dan melembapkan bibir pecah-pecah, oleskan langsung ke bibir beberapa bahan alami seperti: 

  • Aloe Vera. Gel ini terbentuk di dalam daun tanaman lidah buaya. Mengandung vitamin, mineral, antioksidan, dan antiperadangan yang menenangkan dan merehidrasi kulit yang rusak.
  • Minyak Kelapa terbuat dari daging buah kelapa, minyak ini melawan peradangan dan bersifat emolien, yang berarti dapat menenangkan dan melembutkan kulit.
  • Madu sangat melembapkan, yang membuatnya menjadi perawatan yang baik untuk bibir kering. Madu juga mengandung antioksidan dan sifat antibakteri, yang membantu mencegah infeksi berkembang di bibir yang sangat kering atau pecah-pecah.
  • Mentimun dapat melembapkan bibir dengan lembut dan mungkin mengandung vitamin dan mineral yang dapat memperbaiki penampilan bibir.
  • Teh Hijau kaya akan antioksidan dan mineral, teh hijau juga mengandung polifenol, yang mengurangi peradangan. Rendam sekantung teh hijau dalam air hangat dan usapkan dengan lembut ke bibir untuk melembutkan dan menghilangkan kelebihan kulit kering. Teknik ini lebih lembut dibandingkan eksfoliasi tradisional.

Lakukan Eksfoliasi Bibir

Bibir pecah-pecah ditutupi oleh lapisan kulit kering yang dapat mencegah bahan penyembuh di lip balm mencapai area yang tepat. Orang bisa menggunakan scrub bibir yang mengandung gula atau soda kue untuk mengelupas kulit kering ini dengan lembut. Saat berbelanja lulur khusus bibir, cari produk yang mengandung bahan yang akan menenangkan dan melembapkan bibir. 

Baca juga: Cara Agar Bibir Tetap Pink Alami meski Tak Pakai Lipstik

Minum Air

Dehidrasi adalah penyebab utama bibir pecah-pecah. Orang mungkin tidak memperhatikan saat mereka sedikit dehidrasi, jadi ada baiknya untuk membiasakan minum air sepanjang hari. Dehidrasi terjadi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang diperlukan. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, tubuh menarik air dari area tertentu untuk memastikan sel-sel tetap terhidrasi. Hal ini dapat menyebabkan kekeringan pada kulit, termasuk pada bibir. Gejala dehidrasi lainnya meliputi:

  • Merasa haus.
  • Mulut kering.
  • Sakit kepala.
  • Pusing.

Asupan air harian yang direkomendasikan bervariasi, tergantung pada banyak faktor, termasuk usia seseorang, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas fisik.

Gunakan Humidifier

Menghabiskan terlalu banyak waktu di udara kering juga dapat menghilangkan kelembapan dari kulit. Ini adalah masalah yang sangat umum di musim dingin. Minum banyak air adalah cara yang baik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi sepanjang waktu. Namun, kamu mungkin perlu mempertimbangkan untuk menggunakan humidifier selama musim dingin untuk menambah kelembapan yang sangat dibutuhkan di udara.

Baca juga: 7 Tips Cegah Bibir Kering Saat Puasa

Jika kamu masih membutuhkan tips perawatan bibir lainnya, kamu bisa tanyakan pada dokter di Halodoc. Ambil smartphone-mu sekarang, dan nikmati kemudahan bicara dengan dokter kapan dan di mana saja!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. How to Get Rid of Chapped Lips.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Chapped Lips: What's the Best Remedy?
Medical News Today. Diakses pada 2020. How to Get Rid of Chapped Lips.