• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perlu Tahu, Ini Cara Cepat Meredakan Stres

Perlu Tahu, Ini Cara Cepat Meredakan Stres

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Perlu Tahu, Ini Cara Cepat Meredakan Stres

Halodoc, Jakarta – Setiap orang pasti pernah mengalami stres dan ini lazim terjadi dalam setiap titik kehidupan. Meski lazim, kamu tetap tidak boleh terlalu larut dan harus cepat-cepat mengatasinya supaya tidak berkembang menjadi stres. Setiap orang mungkin sudah mengetahui cara mengelola stres. Namun, sebagian lainnya mungkin masih kesulitan dan masih mencari-cari cara yang paling cepat. 



Jika kamu masuk ke dalam golongan yang masih mencari-cari cara yang paling tepat untuk meredakan stres, kamu mungkin perlu mencoba trik-trik berikut yang mampu meredakan stres dalam waktu cepat:

Baca juga: Stres Berat, Tubuh akan Alami Hal Ini

1. Akui Kalau Kamu Sedang Stres

Mengakui stres dapat membantu mengangkat beban dari bahu dan bisa menjadi langkah pertama untuk meminta bantuan. Menghadapi stres adalah kesempatan untuk mengatur ulang pikiran kamu dan menganggapnya sebagai kesempatan untuk tumbuh. Para peneliti mengatakan, hal ini memicu otak untuk memutar ulang dan mencoba belajar dari pengalaman, sehingga kamu dapat menanganinya di lain waktu.

Jadi, pikirkan apakah stres itu hanya menumpuk saja atau terkait dengan masalah jangka panjang. Jika tidak ada hubungannya dengan apa pun, mungkin itu pertanda bahwa pikiran dan tubuh kamu sedang perlu istirahat saja. Jika ini terkait dengan masalah jangka panjang yang tidak dapat kamu selesaikan segera, coba salah satu kiat lainnya berikut.

2. Mendengarkan Musik

Menurut ahli di Australian Government Department of Health, musik memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mental, terlepas dari apakah kamu memainkan alat musik, bernyanyi, atau hanya mendengarkannya. Musik dapat membantu mengelola emosi dan mengatasi atau meredakan stres.

3. Lakukan Peregangan

Sangat penting untuk beristirahat selama bekerja, bahkan saat kamu merasa terburu-buru untuk menyelesaikan tugas yang menumpuk. Ketika kamu tidak dapat meninggalkan meja kerja karena harus menyelesaikan banyak tugas, kamu masih bisa kok melakukan peregangan sambil duduk selama lima menit.

Peregangan dapat membantu mengatasi ketidaknyamanan dan rasa sakit atau akibat pekerjaan. Peregangan paling sederhana yang dapat dilakukan adalah peregangan tubuh bagian atas dan lengan. Untuk melakukan ini genggam kedua tangan dan dorong ke atas dengan telapak tangan menghadap ke langit. Kemudian regangkan dan tahan pose selama 10 detik. Coba putar tubuh ke kiri dan ke kanan selama 30 detik, lalu ulangi.

Baca juga: 4 Tanda yang Muncul di Tubuh Saat Mengalami Stres

4. Jalan-Jalan

Olahraga atau jalan kaki adalah cara yang bagus untuk mengatasi stres. Pertama, ini memungkinkan kamu untuk keluar dari situasi yang rumit sejenak. Kedua, olahraga membantu tubuh melepaskan endorfin, neurotransmitter yang membuat kamu lebih relaks. Saat merasa penat, coba jalan-jalan sebentar keluar rumah atau di sekitar kantor kamu. 

5. Ngobrol dengan Teman

Dukungan sosial adalah cara yang sangat efektif untuk menghilangkan stres. Mintalah dukungan atau saran dari seorang teman atau rekan kerja saat kamu sedang dilanda masalah. Perspektif orang luar terkadang dapat membantu kamu untuk memahami masalah dengan lebih jelas.

Baca juga: Stres Berkepanjangan, Bagaimana Dampaknya Bagi Tubuh?

Bila tips-tips di atas kurang membantu, kamu juga bisa langsung bicara dengan psikiater atau psikolog lewat aplikasi Halodoc. Hanya lewat smartphone di tangan, kamu bisa berbincang sepuasnya via Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana pun kamu butuhkan. Praktis sekali bukan? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 17 Strategies for Coping with Stress in 30 Minutes or Less.
Help Guide. Diakses pada 2020. Quick Stress Relief.
Head to Health - Australian Government Department of Health. Diakses pada 2021. Purposeful activity - hobbies