• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perlu Tahu, Ini Cara Mengatasi Insomnia

Perlu Tahu, Ini Cara Mengatasi Insomnia

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Perlu Tahu, Ini Cara Mengatasi Insomnia

Meskipun merupakan kondisi yang umum, insomnia sebaiknya jangan dibiarkan. Gangguan tidur tersebut bisa menyebabkan sejumlah dampak yang merugikan, mulai dari mengurangi energi, memengaruhi suasana hati, kesehatan, sampai aktivitas sehari-hari. Kuncinya dengan membuat sedikit perubahan pada rutinitas di siang hari dan menjelang tidur.”

Halodoc, Jakarta – Insomnia adalah gangguan tidur yang cukup umum yang dialami banyak orang. Orang yang mengalami insomnia biasanya kesulitan untuk tidur, sulit untuk tetap tertidur atau bangun terlalu dini dan sulit untuk tidur kembali. Akibatnya, pengidap insomnia mungkin masih merasa lelah saat bangun di pagi hari.

Bukan hanya mengurangi energi, insomnia juga bisa memengaruhi suasana hati, kesehatan, sampai kinerja kamu sehari-hari. Oleh karena itu, insomnia sebaiknya jangan dibiarkan saja. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Simak ulasannya di sini.

Baca juga: Jangan Dibiarkan, Insomnia Bisa Sebabkan 7 Masalah Ini

Cara Mengatasi Insomnia

Terlepas dari faktor usia, insomnia biasanya bisa diobati. Kuncinya adalah lakukan sedikit perubahan pada rutinitas di siang hari dan ketika kamu akan tidur di malam hari.

Berikut cara-cara yang bisa membantu kamu mengatasi insomnia:

  1. Pertahankan Jam Tidur yang Teratur 

Usahakan untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari termasuk di akhir pekan. Cara ini memprogram tubuh untuk menghafal kapan waktu tidur, sehingga kamu akan tertidur lebih mudah ketika sudah waktunya. 

  1. Berolahraga secara Rutin

Melakukan olahraga ringan secara teratur, seperti berenang atau berjalan kaki, bisa membantu mengurangi ketegangan yang menumpuk sepanjang hari. Hal itu bisa membantu kamu untuk tidur lebih nyenyak di malam hari. Namun, hindari melakukan olahraga berat, dalam jarak waktu yang terlalu dekat dengan waktu tidur.

Baca juga: Susah Tidur di Malam Hari, Mengapa Insomnia Terjadi?

  1. Hindari atau Kurangi Kafein dan Alkohol

Kedua minuman tersebut bisa membuat kamu lebih sulit lagi untuk tidur dan efeknya bisa bertahan selama beberapa jam.

  1. Hindari Tidur Siang

Tidur siang bisa membuat kesulitan tidur di malam hari. Namun, bila kamu sudah terbiasa tidur siang, batasilah waktunya agar tidak lebih dari 30 menit dan sebaiknya tidak tidur siang setelah jam 3 sore.

Baca juga: Dokter untuk Tangani Insomnia, Ini 5 Pilihannya

Itulah beberapa cara mengatasi insomnia yang bisa kamu coba. Kamu juga bisa beli obat untuk mengatasi masalah kesehatan yang dialami melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga. 

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Insomnia.
National Health Service. Diakses pada 2021. 10 tips to beat insomnia