• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perlu Tahu, Ini Tekanan Darah Normal Sesuai Tingkatan Usia

Perlu Tahu, Ini Tekanan Darah Normal Sesuai Tingkatan Usia

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Banyak orang yang rutin memeriksakan tekanan darah untuk memastikan jika tubuhnya dalam keadaan normal. Hal ini kerap dilakukan oleh seseorang yang mengidap gangguan tekanan darah tinggi atau rendah. Angka tekanan darah normal untuk sistolik tidak lebih dari 120 mmHg dan diastolik di bawah 80 mmHg.  

Meski begitu, ukuran tekanan darah pada setiap orang dapat berbeda-beda tergantung pada usianya. Dengan mengetahui angka standar pada tubuh diri sendiri dan keluarga, beberapa masalah yang sedang atau akan terjadi mungkin saja dicegah. Nah, berikut adalah pembahasan mengenai tekanan darah normal yang sesuai dengan usianya!

Baca juga: Pengaruh Tekanan Darah Normal pada Orang Dewasa

Tekanan Darah Normal Sesuai Tingkatan Usia

Tekanan darah merupakan ukuran yang dapat menentukan seberapa kuat jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Tekanan darah sendiri dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti gaya hidup seseorang, usia, aktivitas yang dijalani, hingga emosi yang tengah dirasakan. Bahkan, tekanan darah dapat ditentukan dari jenis kelamin dan peningkatan seiring bertambahnya usia.

Memang seiring bertambahnya usia, pembuluh darah cenderung menjadi lebih kaku dan penumpukan plak dapat terjadi, sehingga terjadi peningkatan pada tekanan darah. Jika dibiarkan, beberapa masalah kesehatan lainnya mungkin saja terjadi. Seseorang yang mengalami tekanan darah terlalu tinggi berisiko lebih besar untuk mengidap penyakit jantung, stroke, dan lainnya.

Berikut ini tekanan darah normal seseorang berdasarkan tingkatan usianya:

1. Tekanan Darah Normal pada Anak

Tekanan darah normal bagi anak-anak agak sulit untuk diketahui, hal ini dikarenakan anak-anak mengalami banyak fase pertumbuhan yang tergolong cepat. Ketika bayi baru lahir, biasanya akan memiliki tekanan darah normal pada angka 90/80 mmHg. Tekanan darah ini tidak terus-menerus berada di angka yang sama.

Tekanan darah normal pada angka 90/80 mmHg akan berubah saat anak menginjak usia 3–12 tahun. Pada usia tersebut, tekanan darah normal akan berubah pada angka 104–113 mmHg hingga 119–127 mmHg.

2. Tekanan Darah Normal pada Orang Dewasa

Normalnya orang dewasa akan memiliki tekanan darah normal di angka 120/80 mmHg. Tekanan darah pada orang dewasa akan berubah-ubah setiap harinya sesuai dengan faktor yang memengaruhinya. Angka 120 menunjukkan tingkat tekanan jantung saat memompa darah, sedangkan angka 80 menunjukkan angka ketika organ jantung beristirahat sejenak saat proses memompa darah.

Baca juga: Aktivitas Sehari-Hari Bisa Pengaruhi Tekanan Darah Normal

3. Tekanan Darah Normal pada Ibu Hamil

Pada ibu hamil, tekanan darah akan menunjukkan angka yang drastis ketika terjadi kenaikan atau penurunan. Secara normal, tekanan darah normal pada ibu hamil terletak pada angka 120/80 mmHg, sama seperti orang dewasa. Tekanan darah pada ibu hamil yang mengalami kenaikan atau penurunan karena pengaruh hormon yang sedang meningkat. Jika hal ini terjadi, diskusikan segera dengan dokter ahli pada aplikasi Halodoc, ya!

Dari penelitian medis, disebutkan jika seiring bertambahnya usia, tekanan darah akan sedikit meningkat untuk mengakomodasi peningkatan kebutuhan terhadap oksigen dan nutrisi. Pengukuran yang paling umum dilakukan, angka sistolik yang normal adalah 100 plus usia sekarang. Pengukuran tersebut umumnya untuk mengukur tekanan darah pria, jika pada wanita dikurangi 10.

Begini Cara Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal

Tekanan darah sangat bergantung pada seberapa banyak darah yang dipompa jantung, serta seberapa besar resistensi pada aliran darah di arteri. Semakin sempit arteri di dalam tubuh, maka semakin tinggi pula tekanan darah. Saat hasil dari pemeriksaan tekanan darah lebih dari 120/80 mmHg, maka kamu sudah termasuk dalam kategori seseorang yang mengalami tekanan darah tinggi.

Saat didiagnosis mengalami tekanan darah tinggi, cara paling umum untuk menormalkannya adalah dengan mengonsumsi obat. Namun, gaya hidup juga dapat memainkan peran penting saat mengobati masalah ini, serta untuk mengurangi ketergantungan obat. Nah, berikut ini beberapa gaya hidup yang perlu dilakukan:

  • Jika kamu senang mengonsumsi alkohol. Segera kurangi atau berhenti sekarang juga. Oleh karena mengonsumsi alkohol dapat memicu terjadinya obesitas. Orang dengan obesitas akan rentan mengidap hipertensi.
  • Jaga pasokan garam yang masuk ke dalam tubuh. Garam berpotensi dalam menaikkan tekanan darah jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.
  • Istirahat dengan cukup. Usahakan tidur sekurang-kurangnya enam jam setiap harinya agar tubuh tetap dalam kondisi prima. Orang yang sering begadang akan lebih rentan mengidap tekanan darah tinggi atau tekanan darah rendah..

Baca juga: Tekanan Darah Tinggi Membahayakan Kesehatan, Ini Buktinya

Saat tekanan darah terletak pada angka normal, kamu dapat mempertahankan angka tekanan darah normal dengan menerapkan gaya hidup sehat guna mencegah timbulnya tekanan darah tinggi atau masalah kesehatan lainnya. Jika langkah-langkah pencegahan di atas tidak juga membuat tekanan darah kamu berada dalam angka normal, segera download aplikasi Halodoc untuk mendapatkan informasi kesehatan yang lebih banyak, ya!

Referensi:
Medicine Net. Diakses pada 2021. What Is the Normal Blood Pressure Range?
Very Well Health. Diakses pada 2021. What Is Average Blood Pressure by Age?
Healthline. Diakses pada 2021. 17 Effective Ways to Lower Your Blood Pressure.