• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perlu Tahu, Inilah Waktu Mandi Ideal untuk Bayi

Perlu Tahu, Inilah Waktu Mandi Ideal untuk Bayi

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Perlu Tahu, Inilah Waktu Mandi Ideal untuk Bayi

Halodoc, Jakarta – Orang dewasa umumnya mandi dua kali dalam sehari, yaitu saat pagi dan malam hari. Namun bagi anak-anak, jadwal mandi ini mungkin tidak berlaku. Ibu perlu tahu waktu yang ideal untuk memandikan Si Kecil berikut agar kebersihan dan kesehatannya tetap terjaga.

Umumnya, bayi yang baru lahir boleh dimandikan kapan saja, asal tidak mengganggu waktu tidur dan makannya. Waktu paling baik untuk memandikan bayi adalah saat pagi hari, sekitar pukul 6 sampai 8 pagi. Ibu bisa menjemurnya Si Kecil terlebih dahulu di bawah paparan sinar matahari, baru setelah itu dimandikan. Selain pagi hari, ibu juga boleh memandikan Si Kecil pada sore hari, sekitar pukul 4 sampai 5 sore. Namun, gunakanlah air hangat kuku bila ingin memandikan Si Kecil pada sore hari agar ia tidak kedinginan.


Berapa Kali Sehari Bayi Sebaiknya Dimandikan?

Bayi yang baru lahir sebenarnya tidak perlu dimandikan terlalu sering, karena justru bisa membuat kulitnya cepat kering dan bisa iritasi. Selain itu, bayi juga memiliki kulit yang masih sensitif dan rentan mengalami masalah kulit, sehingga ibu perlu hati-hati dalam merawat kulit Si Kecil (Baca juga: Wajib Tahu! 6 Cara Merawat Kulit Bayi Baru Lahir).

Selama tahun pertama usianya, bayi cukup dimandikan tiga sampai empat kali saja dalam seminggu. Tapi, ibu bisa menyesuaikannya dengan kondisi bayi dan cuaca hari itu. Bila cuaca sedang panas-panasnya dan Si Kecil terlihat kegerahan, ibu bisa memandikannya setiap hari. Tidak masalah berapa kali ibu memandikan Si Kecil, yang penting kebersihan tubuhnya tetap terjaga. Hal ini bisa dilakukan dengan rutin mengganti popok bayi, membersihkan muka, tangan, leher, dan bagian kelaminnya dengan waslap setiap hari. 

Hal yang Harus Ibu Perhatikan Saat Memandikan Bayi

Selain waktu mandi ideal, ibu juga perlu memerhatikan hal-hal penting berikut saat memandikan Si Kecil:

  • Sebaiknya jangan memandikan bayi setelah menyusui atau makan. Tunggu dulu selama beberapa saat sampai asupan makanan yang baru saja masuk ke dalam perutnya turun. Jadi, Si Kecil tidak dalam keadaan kekenyangan saat dimandikan. Bila perut bayi yang kekenyangan tidak sengaja tertekan saat sedang mandi, bayi mungkin bisa muntah.
  • Ibu sebaiknya tidak terlalu lama memandikan Si Kecil, usahakan jangan lebih dari 10 menit. Selain bisa membuat bayi kedinginan, mandi terlalu lama juga bisa membuat kulit bayi keriput dan kering.
  • Bayi yang berusia 0-3 bulan belum bisa menyesuaikan suhu tubuhnya sendiri, sehingga rentan terhadap udara dingin. Karena itu, ibu sebaiknya memandikan Si Kecil dengan air hangat atau suam-suam kuku.
  • Suhu air ideal untuk air mandi bayi adalah 38 derajat Celsius. Ibu bisa mengecek suhu air dengan mencelupkan ujung siku ke dalam bak mandi bayi. Bila siku terasa hangat bukan panas, baru ibu bisa menggunakannya untuk memandikan Si Kecil.
  • Khusus bayi yang baru lahir dan belum putus tali pusatnya, sebaiknya dimandikan dengan menggunakan waslap yang sudah dibasahi air hangat.

Bila ibu sudah menemukan pola tidur dan menyusui Si Kecil, ibu akan lebih mudah menentukan jadwal mandi untuk Si Kecil. Ibu juga disarankan untuk melakukan segala rutinitas, seperti menyusui, memandikan, dan menidurkan bayi dalam waktu yang teratur, agar Si Kecil dapat terbiasa melakukannya (Baca juga: Perhatikan Waktu Tidur Bayi untuk Tumbuh Kembang Si Kecil). Supaya Si Kecil tetap sehat, ibu bisa membeli berbagai macam suplemen dan produk kesehatan lewat aplikasi Halodoc, lho. Caranya sangat mudah, tinggal order saja lewat fitur Apotik Antar dan pesananmu akan tiba dalam waktu satu jam. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.