• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perlu Tahu Pentingnya Menjaga Kesehatan Vulva
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perlu Tahu Pentingnya Menjaga Kesehatan Vulva

Perlu Tahu Pentingnya Menjaga Kesehatan Vulva

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 07 Januari 2022

“Seperti halnya bagian tubuh lainnya, organ reproduksi pun perlu diperhatikan kesehatannya, termasuk vulva. Pasalnya, organ penting tersebut justru lebih rentan mengalami banyak masalah kesehatan, mulai dari infeksi hingga kanker. Sebenarnya, merawat vulva tidak sulit, kok, kamu hanya perlu menjaga kebersihannya.”

Perlu Tahu Pentingnya Menjaga Kesehatan Vulva

Halodoc, Jakarta – Organ reproduksi wanita terdiri dari banyak organ penting. Vulva salah satunya. Sebenarnya, vulva sendiri adalah keseluruhan dari organ seksual pada wanita yang berada di bagian luar vagina. Tahukah kamu kalau menjaga kesehatan vulva dengan melakukan perawatan yang tepat jadi hal yang penting supaya terhindar dari berbagai masalah kesehatan yang serius dan berbahaya?

Memastikan vulva tetap terjaga kesehatannya akan membantu mencegah organ penting ini dari rasa tidak nyaman dan infeksi. Adanya masalah pada organ satu ini bisa kamu kenali dengan keputihan yang tidak biasa, misalnya pada kekentalan atau aroma dan banyaknya keputihan yang keluar. Lalu, mengapa menjaga kesehatan vulva itu penting dan bagaimana perawatan yang tepat pada organ satu ini?

Pentingnya Merawat Kesehatan Vulva

Vulva menjadi bagian penting dari sistem reproduksi wanita. Area yang berada vagina bagian luar ini termasuk lipatan jaringan yang sensitif yang dikenal dengan sebutan labia yang punya dua lipatan. Bagian lipatan paling luarnya dikenal dengan nama labia mayora. Sementara itu, lipatan kedua dikenal dengan nama labia minora, letaknya di bagian dalam labia mayora dan tertutup. 

Selain labia mayora dan labia minora, vulva juga terdiri dari gundukan yang tersusun dari tulang kemaluan atau mons pubis, klitoris yang berupa organ berbentuk bulat dan kecil, lubang dari vagina, juga saluran uretra untuk berkemih. Nah, ternyata masih banyak yang menyangka kalau vagina dan vulva adalah bagian yang sama.

Padahal, vulva dan vagina adalah dua organ yang berbeda. Vagina merupakan bagian dari vulva yang dimulai dari pembukaan atau introitus atau labia bagian dalam, lalu berakhir pada pembukaan rahim atau disebut juga dengan serviks. Lalu, mengapa menjaga kesehatan vulva itu penting?

Sebenarnya alasannya sangat sederhana, karena tidak sedikit wanita yang merasa tidak nyaman, bahkan mengidap vaginitis atau infeksi vagina. Tak hanya itu, area yang berada di sekitar vulva juga sangat rentan mengalami iritasi. Nah, inilah alasannya mengapa kamu perlu menjaga kesehatan vulva, supaya tidak terjadi infeksi vagina dan berbagai ketidaknyamanan. 

Perlu diketahui kalau infeksi vagina tidak selalu sama selalu sama dan melakukan perawatan rumahan justru bisa membuat beberapa jenis infeksi organ reproduksi ini semakin buruk. Jadi, kalau kamu merasa ada perubahan yang tidak biasa pada organ reproduksi kamu, terlebih, seperti menstruasi tidak lancar, darah yang keluar berlebihan hingga keputihan yang berbau tidak sedap, kamu bisa langsung pakai aplikasi Halodoc untuk membuat janji berobat ke rumah sakit terdekat. Supaya bisa buat janji, kamu tentu harus download aplikasi Halodoc terlebih dahulu. 

Masalah Kesehatan yang Rentan Menyerang Vulva

Selain infeksi, ada banyak sekali masalah kesehatan yang rentan menyerang organ reproduksi wanita. Berikut ini beberapa di antaranya:

  1. Luka pada area Miss V, seperti benjolan, jerawat, bengkak, atau sekadar tergores.
  2. Kutu yang muncul pada rambut atau bulu Miss V, yang ditandai dengan gejala berupa gatal.
  3. Berbagai kondisi lain yang membahayakan, seperti kanker serviks, herpes genital, keputihan, hingga kudis vagina. 

Jadi, jangan sampai kamu abai dalam menjaga kesehatan organ penting ini, ya! Yuk, beri perhatian lebih dan perawatan rutin pada vulva dan bagian organ reproduksi tubuh lainnya!

Referensi: 

Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Vulvar Care.
University of Iowa Hospitals and Clinic. Diakses pada 2022. Vulvar Skin Care Guidelines.