• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perlu Tahu, Perbedaan Komedo Putih dan Komedo Hitam

Perlu Tahu, Perbedaan Komedo Putih dan Komedo Hitam

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc,  Jakarta - Masalah kulit wajah tidak berhenti sampai jerawat saja, komedo pun menjadi salah satu permasalahan kulit yang kerap dialami oleh wanita. Komedo, baik putih atau hitam dipengaruhi oleh kadar minyak berlebih pada wajah. Terlepas dari itu, kurangnya menjaga kebersihan wajah menjadi faktor utama terbentuknya komedo, karena penyumbatan kotoran pada pori-pori. Ini perbedaan komedo putih dan komedo hitam.

Baca juga: Sering Membandel, Cegah Komedo dengan 8 Cara Ini

Perbedaan Komedo Putih dan Komedo Hitam

Komedo putih terbentuk dari minyak yang terperangkap dalam pori-pori wajah, tapi tidak terkena paparan udara, sehingga warnanya tidak berubah menjadi hitam. Komedo putih berpeluang menjadi jerawat jika terkontaminasi dengan bakteri. Untuk menghilangkan komedo putih, kamu dapat menggunakan eksfoliator secara rutin.

Sedangkan komedo hitam merupakan komedo yang mengalami proses oksidasi dengan udara luar, sehingga komedo akan tampak berwarna hitam. Warna hitam yang dihasilkan merupakan gabungan dari sel kulit mati, kotoran, bakteri, sisa make-up, bahkan minyak wajah yang tertahan pada pori-pori. Akibatnya, komedo hitam ini lebih mengganggu penampilan karena warna nampak begitu jelas.

Jika komedo hitam ini terkontaminasi bakteri, komedo akan meradang dan berubah menjadi jerawat. Namun, kamu tidak perlu khawatir yang berlebihan, ya! Karena pada dasarnya komedo yang menumpuk dapat dihilangkan dengan sejumlah bahan alami berikut.

Baca juga: Mau Wajah Mulus Tanpa Komedo? Ini Rahasianya

Bahan Alami untuk Atasi Komedo Membandel

Tak perlu bingung bagaimana langkah untuk mengatasi komedo membandel, karena kamu bisa menggunakan sejumlah bahan alami berikut ini:

 

  • Minyak tea tree. Tea tree mengandung senyawa anti-inflamasi dan antimikroba yang dapat membunuh bakteri dan kotoran penyebab komedo yang menumpuk. Cara penggunaannya adalah dengan dioleskan langsung pada area yang bermasalah dengan komedo.

  • Madu, lemon, dan brown sugar. Untuk mengatasi komedo, kamu dapat mencampur ketiga bahan tersebut. Bahan tersebut akan menjadi scrub alami yang ampuh dalam membersihkan sel-sel kulit mati. Setelah diaplikasikan pada wajah, pijat dengan gerakan melingkar selama lima menit, kemudian bilas hingga bersih.

  • Kunyit dan minyak kelapa. Kunyit mengandung senyawa antibakteri, antijamur, dan anti-inflamasi yang dibutuhkan untuk mengatasi komedo. Kunyit dapat membuat kulit tampak berwarna kekuningan, sehingga kamu harus berhati-hati untuk menggunakannya. Untuk mengatasi komedo, kamu dapat mencampur satu sendok kunyit bubuk dengan minyak kelapa, aplikasikan sebagai masker selama 10-15 menit. Kemudian bilas.

  • Putih telur dan madu. Kedua bahan tersebut dapat kamu gunakan sebagai masker wajah. Selain menekan produksi minyak pada wajah, putih telur juga ampuh dalam mengecilkan pori-pori. Untuk hasil yang maksimal, aplikasikan masker ini sebanyak 1-2 kali seminggu.

  • Kopi dan gula. Bukan hanya nikmat untuk diminum, campuran kopi dan gula juga ampuh mengangkat komedo membandel. Kamu dapat membuat scrub kopi dengan mencampur 2 sendok kopi dengan sedikit air, kemudian tambahkan 1 sendok gula pasir. Kemudian scrub pada permukaan wajah yang berkomedo selama 1 menit, lalu bilas.

Baca juga: Komedo Membandel, Hilangkan dengan Cara Ini

Ketika bahan-bahan alami tersebut tidak mampu mengusir komedo membandel dari wajahmu, silahkan diskusikan dengan dokter kulit di aplikasi Halodoc, ya! Kamu juga perlu berhati-hati jika memiliki riwayat alergi dengan salah satu bahan yang telah disebutkan, karena akan memicu timbulnya reaksi alergi yang bisa saja membahayakan kesehatanmu.

Referensi: 

Very Well Health. Diakses pada 2020. Blackheads and Whiteheads in Acne.

Healthline. Diakses pada 2020. A Closer Look at Blackheads vs. Whiteheads: Causes, Treatment, and More.

The Healthy. Diakses pada 2020. 8 Home Remedies to Make Blackheads Vanish.