• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perlu Tahu, Tanda Anak Perempuan Berhenti Bertumbuh

Perlu Tahu, Tanda Anak Perempuan Berhenti Bertumbuh

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Perlu Tahu, Tanda Anak Perempuan Berhenti Bertumbuh

Halodoc, Jakarta – Pertumbuhan setiap anak berbeda-beda, tergantung pada beberapa faktor. Salah satu faktor yang bisa memengaruhinya adalah jenis kelamin. Katanya, anak perempuan cenderung lebih cepat mengalami pertumbuhan dibanding anak laki-laki. Tidak hanya itu, pertumbuhan pada anak perempuan juga cenderung lebih cepat berhenti. Lantas, apa saja tanda anak perempuan berhenti tumbuh? 

Pada usia kanak-kanak, pertumbuhan tubuh anak perempuan biasanya terjadi dengan cepat selama beberapa saat sampai akhirnya mulai melambat. Hal tersebut bahkan membuat orangtua tidak menyadari perubahan yang ada. Namun, memasuki usia puber, pertumbuhan tubuh anak perempuan akan kembali cepat. Seiring bertambahnya usia, pertumbuhan anak akan kembali melambat dan Si Kecil akan sampai pada tinggi badan maksimal alias tidak bisa bertumbuh lagi. 

Baca juga: Tahap Pertumbuhan Anak Sesuai Usia 4–5 tahun

Tanda Pertumbuhan Tubuh Anak Perempuan Berhenti

Pada usia tertentu, anak perempuan akan sampai pada batas maksimal pertumbuhan tubuhnya. Dengan kata lain, setelah itu tidak akan ada lagi pertambahan tinggi badan. Kalaupun ada, biasanya akan sangat sedikit dan tidak terlalu signifikan. Sebenarnya, tidak ada usia pasti kapan pertumbuhan tubuh anak perempuan akan berhenti, sebab kondisi tubuh ada faktor lainnya pada anak bisa berbeda-beda. 

Namun, umumnya pertumbuhan tubuh akan berhenti pada dua tahun hingga dua tahun setelah Si Kecil mendapatkan haid pertama kali. Sayangnya, tidak ada tes pasti yang bisa dilakukan untuk mengetahui kapan dan berapa tinggi maksimal tubuh anak. Namun, ada beberapa perubahan yang bisa menjadi tanda berhentinya pertumbuhan tubuh anak perempuan. Selain periode menstruasi, tanda tubuh anak perempuan mulai berhenti meliputi: 

  • Pertumbuhan tubuh atau pertambahan tinggi anak menjadi lebih lambat dalam waktu satu atau dua tahun terakhir. 
  • Sudah mengalami menstruasi pertama dalam satu atau dua tahun terakhir. 
  • Pertumbuhan rambut kemaluan dan ketiak sudah terjadi secara penuh atau utuh. Berbeda dengan masa awal pubertas yang hanya sedikit. 
  • Anak perempuan terlihat lebih dewasa, termasuk dari segi perawakan dan tinggi badan yang tidak lagi terlihat seperti anak-anak. 
  • Payudara dan pinggul sudah lebih bertumbuh dan terlihat berbeda, biasanya menjadi lebih bulat dan penuh. 

Namun, tidak semua tanda tersebut akan dialami anak perempuan yang akan segera mengakhiri masa pertumbuhan. Nyatanya, masa pertumbuhan pada setiap anak perempuan akan berbeda-beda dan bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Hal ini bisa dipengaruhi oleh faktor genetik, asupan nutrisi, hingga kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Baca juga: Bedanya Pertumbuhan pada Anak Laki-Laki dan Perempuan

Ada beberapa faktor yang bisa memengaruhi tinggi badan dan pertumbuhan anak perempuan, di antaranya: 

1.Asupan Nutrisi 

Anak yang mengalami malnutrisi atau kekurangan asupan makanan sehat cenderung memiliki tinggi badan yang lebih rendah. Kabar buruknya, hal ini mungkin bisa bertahan hingga waktu yang lama, bahkan hingga dewasa. 

2.Keseimbangan Hormon

Kondisi hormon di dalam tubuh ternyata juga memengaruhi laju pertumbuhan anak. Masalah pada keseimbangan hormon bisa menyebabkan pertumbuhan terjadi lebih lambat dan anak perempuan mungkin memiliki tubuh yang lebih pendek. 

3.Kondisi Kesehatan 

Ada anak yang terlahir dengan membawa gangguan kesehatan tertentu. Ternyata, hal ini juga bisa memengaruhi pertumbuhan tubuh anak perempuan. 

4.Faktor Genetik 

Pertumbuhan tubuh anak juga dipengaruhi oleh faktor genetik. Anak bisa mengembangkan beberapa sindrom yang berhubungan dengan masalah genetik dan bisa memengaruhi pertumbuhan.

Baca juga: Ketahui Pentingnya Vitamin D untuk Pertumbuhan Anak

Lengkapi pertumbuhan anak dengan memberi suplemen khusus. Ayah dan ibu bisa membeli suplemen untuk pertumbuhan anak di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Download Halodoc di sini!

Referensi:
Parents. Diakses pada 2021. When Do Girls Stop Growing?
Medical News Today. Diakses pada 2021. At what age do girls stop growing?
Very Well. Diakses pada 2021. When Do Girls Stop Growing?