16 May 2018

Perlu Tahu, Tips Traveling Saat Puasa

Perlu Tahu, Tips Traveling Saat Puasa

Halodoc, Jakarta – Sedang puasa tiba-tiba kamu harus traveling? Asyik atau jadi masalah ya kira-kira? Sebenarnya kamu tetap bisa menikmati perjalanan kalau kamu mengaplikasikan tips traveling saat puasa. Godaan apa sih yang biasanya paling sukar ditolak ketika melakukan perjalanan di saat puasa?

  • Rasa lelah karena duduk berjam-jam bisa jadi satu yang sukar dihindari saat melakukan perjalanan. Rasa lelah menyebabkan dehidrasi, dan pastinya dehidrasi bikin dahaga.
  • Godaan makanan yang berseliweran dalam perjalanan.
  • Amarah karena hal-hal yang tidak terduga seperti mengantre, teman perjalanan yang menyebalkan. Biasanya kalau emosi begini butuh makanan manis untuk meredakan hormon stres yang mendadak meningkat.
  • Jadwal yang bergeser, padahal kamu sudah punya rencana lain di perkiraan jam kedatangan tersebut.

Kalau sudah ketemu halangan seperti ini yang tidak puasa saja bisa emosi dan sukar menahan marah bila diperhadapkan pada situasi menyebalkan, apalagi bila sedang menjalani puasa. Supaya puasamu tidak terganggu saat liburan, cobalah mengaplikasikan tips traveling saat puasa ini. (Baca juga: Alasan Puasa Bikin Ngantuk Berat)

  1. Rencanakan Perjalananmu Lebih Hati-hati

Hal pertama yang mestinya dilakukan adalah merencanakan perjalanan dengan memilih transportasi yang tidak meribetkan. Misalnya pilih pesawat untuk durasi perjalanan yang panjang supaya fisikmu tidak kelelahan. Kalau terlalu lelah, bisa-bisa batal puasa karena tergoda jajanan dan saking bosannya duduk.

  1. Pilih Tas yang Nyaman

Tips traveling saat puasa lainnya yang tidak boleh diluputkan adalah memilih tas yang ringkas supaya menghindari kelelahan dan kerepotan saat membawa barang. Jangan memilih tas yang “keren” tapi menyusahkanmu. Pilih yang simpel tapi nyaman dibawa, dan kapasitasnya sesuai dengan kebutuhan bawaanmu.

  1. “Membunuh” Rasa Bosan

Biasanya supaya tidak bosan di perjalanan kamu ngemil, karena sedang puasa, tidak bisa dong ngemil. Pastinya kamu butuh beberapa kegiatan kecil supaya perjalananmu tidak membosankan. Buku atau playlist lagu favorit bisa jadi teman perjalanan yang menyenangkan. Kamu juga bisa menyelesaikan serial TV favoritmu selama di perjalanan sebagai aktivitas mengisi waktu. Intinya sih jangan sampai kamu terlalu bosan dan jadinya memikirkan makanan melulu seharian.

  1. Istirahat Cukup

Sebelum melakukan perjalanan, wajib istirahat yang cukup supaya kamu tidak kelelahan di perjalanan. Nah, kalau tiba-tiba saat jalan kamu mendapatkan gangguan kesehatan dan butuh rekomendasi obat atau saran, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

  1. Jangan Terlalu Memadatkan Kegiatan

Berhubung sedang puasa, sebisa mungkin jangan terlalu memadatkan kegiatan selama satu hari. Karena dikhawatirkan kamu akan kelelahan dan bisa-bisa puasamu batal. Hindari juga melakukan kegiatan di bawah terik matahari yang bakal bikin kamu cepat lelah dan jadinya dehidrasi. Usahakan menjalani aktivitas di dalam ruangan saja dengan pilihan kegiatan yang ringan dan tidak membutuhkan energi banyak.

  1. Sesuaikan Kegiatan dengan Waktu Berbuka

Jangan sampai karena terlalu sibuk dengan aktivitas, kamu salah menghitung waktu berbuka sampai terjebak di jalan dan gagal berbuka di tempat yang ditentukan. Usahakan menjelang maghrib kamu sudah tidak ada aktivitas. Kalau pun ada aktivitas, rencanakan di lokasi yang dekat dengan tempat berbuka supaya pas jam berbuka langsung bisa bergerak ke sana.

  1. Nikmati Perjalananmu

Jangan menjadikan traveling sebagai beban ataupun halangan untuk menikmati perjalanan. Lakukan saja aktivitas seperti biasa. Jangan juga terlalu fokus memikirkan makanan untuk berbuka yang bikin tidak konsentrasi beraktivitas. (Baca juga: 5 Penyakit Langganan Saat Liburan)