• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perlu Tahu, Warna Mr P Sesuai dengan Kondisi Kesehatan

Perlu Tahu, Warna Mr P Sesuai dengan Kondisi Kesehatan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Kebanyakan pria akan berpikir bahwa memiliki organ intim yang sehat adalah sebuah keharusan. Sebab hal ini akan memengaruhi kualitas hubungan intim dengan pasangan. Namun, banyak pria yang belum mengetahui bahwa ia dapat mengecek kesehatan organ intim dari warna Mr P yang mereka miliki.

 

Terlepas dari ras, pada umunya warna kulit Mr P akan lebih gelap satu hingga dua tingkat dibanding warna kulit yang lain. Apabila terjadi perubahan warna pun, Dr Lindsey Bordone seorang ahli dermatologi dari Columbia University mengatakan bahwa perubahan warna tersebut dipengaruhi oleh dua hal, yaitu: melatonin dan hormon.

 

(Baca juga: Musim Hujan, Hati-Hati Mr P Menyusut)

 

Saat memasuki masa pubertas, tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon estrogen dan testosteron. Kedua hormon ini akan memproduksi melanin – asam amino yang berfungsi memberikan warna pada rambut dan kulit. Sementara melatonin akan mengontrol perubahan pigmentasi oleh pengumpulan melanin dalam kulit sehingga kulit akan berubah warna. Ini sebabnya Mr P dan puting pada pria memiliki warna yang lebih gelap. Nah, berikut ini terdapat beberapa jenis warna dan ulasannya yang bisa saja dimiliki Mr P kamu.

 

  1. Dua Warna

Seperti yang tadi disebutkan, umumnya Mr P akan memiliki warna satu hingga dua tingkat lebih gelap dibandingkan warna kulit yang lain. Namun pada bagian kepala Mr P biasanya warnanya sedikit lebih terang dari warna kulit Mr P. Sebagian pria memang memiliki dua atau lebih warna pada bagian tersebut, dan ini masih masuk dalam kategori normal.

 

  1. Bintik Noda atau Bercak Putih

Apabila kamu memiliki bercak putih pada kulit Mr P, biasanya ini merupakan indikasi vitiligo. Hal ini hanyalah masalah autoimun yang mempengaruhi pigmen kulit sehingga menyebabkan bercak. Kamu tidak perlu panik apabila menemukan tanda seperti ini pada Mr P, sebab hal ini masih dapat dikategorikan dalam kondisi normal dan tidak akan menular kepada pasangan kamu.

 

  1. Bintik Gelap

Memang ada sebagian pria yang memiliki variasi pigmentasi bercak hitam sementara bagian lainnya terang. Apabila kamu sudah mengetahui kondisi tersebut sejak lama sekali, maka hal ini tidak berbahaya karena hal tersebut bisa jadi masih normal. Namun apabila bercak tersebut kadang ada dan kadang hilang, kamu bisa segera mengonsultasikannya ke dokter kulit dan kelamin.

 

  1. Kemerahan

Untuk pria yang memiliki kulit Mr P putih kemerahan, ini tandanya Mr P sedang terkena alergi atau infeksi. Sementara apabila kemerahan tersebut menyerang bagian kepala dan disertai rasa gatal, kemungkinan penyebabnya antara lain:

  • Tinea, yaitu infeksi kulit akibat jamur
  • Dermatitis atopi, yaitu alergi karena zat tertentu
  • Infeksi Saluran Kemih
  • Penyakit menular seksual seperti gonore, trichomonas vaginalis, clamydia, dll.
  • Skabies

 

Apabila kamu merasakan kemerahan dan rasa gatal yang terus berulang, kamu dapat memastikan kondisi tersebut kepada dokter kulit sehingga dokter akan memberikan penanganan yang tepat.

 

  1. Keunguan

Warna ungu pada kulir Mr P merupakan indikasi adanya cedera yang menyerang jaringan peredaran darah. Biasanya kondisi ini akan disertai dengan memar akibat terkena pukulan, terjepit ritseleting, atau berhubungan intim yang terlalu kasar. Selain itu, warna keunguan tersebut bisa juga akibat kamu mengalami alergi terhadap obat-obatan yang sedang kamu konsumsi. Yang paling mengerikan adalah, warna ungu tersebut juga bisa mengindikasikan gejala penyakit seksual seperti sifilis dan herpes. Jadi untuk lebih jelasnya, kamu harus segera memeriksakannya ke dokter kulit dan kelamin.

 

Jika kamu ingin menanyakan kesehatan Mr P mu namun enggan datang langsung ke rumah sakit. Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc terlebih dahulu. Download aplikasi Halodoc untuk bicara dengan dokter  melalui Video/Voice Call dan Chat. Yuk segera download aplikasinya di App Store atau Google Play sekarang!

 

(Baca juga: Apakah Khitan Bisa Memengaruhi Kesuburan Pria?)