• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perlukah Memiliki Alat Pengukur Tekanan Darah di Rumah?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perlukah Memiliki Alat Pengukur Tekanan Darah di Rumah?

Perlukah Memiliki Alat Pengukur Tekanan Darah di Rumah?

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 15 Agustus 2022

“Tensimeter atau alat pengukur tekanan darah jadi instrumen medis yang perlu kamu miliki di rumah. Alat ini membantu untuk memantau tekanan darah secara berkala, terlebih pada pengidap tekanan darah tinggi.”

Perlukah Memiliki Alat Pengukur Tekanan Darah di Rumah?Perlukah Memiliki Alat Pengukur Tekanan Darah di Rumah?

Halodoc, Jakarta – Tekanan darah tinggi atau hipertensi menjadi suatu kondisi medis yang efeknya sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Gangguan kesehatan ini menjadi salah satu penyebab tersering dari berbagai masalah kardiovaskular, termasuk stroke dan penyakit yang menyerang jantung.

Sayangnya, tekanan darah tinggi kerap terjadi tanpa adanya gejala, dan baru dapat teridentifikasi setelah seseorang merasakan efek atau komplikasinya. 

Inilah mengapa, penting untuk memantau tekanan darah tubuh secara berkala. Tidak harus ke klinik, kamu bisa menggunakan alat pengukur tekanan darah secara mandiri di rumah. 

Pentingnya Memiliki Alat Pengukur Tekanan Darah

Disebut dengan tensimeter, alat pengukur tekanan darah jadi instrumen medis yang penting dan sebaiknya ada di rumah. Bahkan, American Heart Association merekomendasikan agar orang dengan tekanan darah tinggi memantau tekanan darah secara berkala di rumah. Bukan tanpa alasan, hal ini akan membantu dokter atau petugas medis menentukan apakah pengobatan yang sedang dijalani telah memberikan hasil.

Dengan memiliki alat pengukur tekanan darah di rumah dan melakukan pengukuran tekanan darah secara mandiri, kamu dapat:

  • Membantu diagnosis dini 

Pemantauan diri dapat membantu dokter mendiagnosis tekanan darah tinggi lebih awal. Artinya, pemantauan di rumah sangat penting bagi orang dengan tekanan darah tinggi, atau kondisi lain yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Contohnya seperti diabetes atau masalah ginjal.

  • Membantu memantau perawatan

Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah perubahan gaya hidup, atau pengobatan berhasil adalah memeriksa tekanan darah secara teratur. Memantau perubahan tekanan darah di rumah dapat membantu dokter membuat keputusan yang tepat terkait dengan pengobatan, seperti menyesuaikan dosis atau mengganti obat.

  • Mendorong pola hidup lebih baik

Melakukan pengecekan tekanan darah sendiri dapat memberi rasa kontrol yang lebih kuat atas kesehatan tubuhmu sendiri. Artinya, kamu akan merasa lebih termotivasi untuk untuk mengontrol tekanan darah, menerapkan pola makan yang lebih baik, melakukan aktivitas fisik, dan menggunakan obat yang tepat.

  • Memiliki hasil perbandingan pengukuran

Beberapa orang mengalami lonjakan tekanan darah karena gugup selama kunjungan medis. Sementara itu, ada pula orang dengan tekanan darah yang normal saat di klinik, tapi memiliki tekanan darah lebih tinggi di tempat lain. Dengan memantau tekanan darah di rumah, kamu bisa menentukan apakah memiliki tekanan darah tinggi yang sebenarnya.

Tak ketinggalan, memiliki alat pengukur tekanan darah dan mengukur tekanan darah secara mandiri di rumah, bisa membuat kamu lebih hemat dalam mengeluarkan biaya kesehatan. Sebab, kamu tidak perlu selalu melakukan pengecekan di fasilitas kesehatan.

Akan tetapi, tidak semua orang dapat melacak tekanan darah sendiri di rumah. Bagi orang-orang yang memiliki detak jantung tidak teratur, monitor tekanan darah di rumah bisa jadi tidak memberikan hasil pembacaan yang akurat.

Pilihan lainnya, kamu bisa tanyakan pada dokter setelah melakukan pengukuran tekanan darah secara mandiri di rumah. Jadi, kamu bisa mendapatkan hasil interpretasi yang lebih tepat langsung dari ahlinya. Selain itu, tentunya kamu bisa mendapatkan opsi pengobatan yang sesuai atau rekomendasi untuk melakukan pemeriksaan lanjutan.

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi Halodoc untuk tanya jawab dengan dokter setiap saat.  Yuk, download Halodoc secara gratis di Play Store maupun App Store.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Get the most out of home blood pressure monitoring.
Helloheart. Diakses pada 2022. 5 very good reasons to track your blood pressure at home.
Hindustan Times. Diakses pada 2022. Why blood pressure monitoring at home is important.