• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perlukah Memiliki Inner Circle dalam Pertemanan?

Perlukah Memiliki Inner Circle dalam Pertemanan?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Perlukah Memiliki Inner Circle dalam Pertemanan?

Halodoc, Jakarta – Studi dari Harvard menyebutkan memiliki pertemanan yang solid dalam hidup dapat membantu meningkatkan kesehatan otak. Pertemanan juga membantu kamu mengatasi stres, membuat pilihan gaya hidup yang lebih baik, serta memungkinkan pulih dari masalah kesehatan dan penyakit lebih cepat. 

Pertemanan juga penting untuk kesehatan mental. Sebuah penelitian bahkan merekomendasikan untuk menghabiskan waktu dengan teman-teman positif yang benar-benar mengubah perspektif kamu menjadi lebih baik. Nah, masalahnya pertemanan yang seperti apa? Lalu, apa itu inner circle dan pentingnya dalam pertemanan?

Baca juga: Bagaimana Cara Menjalin Persahabatan yang Sehat

Pentingnya Inner Circle 

Beberapa orang bangga memiliki banyak teman. Mereka percaya ini menunjukkan popularitas, sehingga membuat mereka memiliki lebih banyak peluang terbuka. Namun, terkadang jauh lebih baik memiliki lingkaran teman yang kecil atau inner circle, tetapi isinya orang-orang yang kamu percayai. 

Kuantitas tidak selalu menandakan kualitas. Ini bukan tentang seberapa banyak orang yang kamu kenal, melainkan seberapa dekat kamu dengan orang yang kamu kenal. Berapa banyak teman yang setia denganmu? Siapa saja yang bisa kamu percayai? Makanya, lebih baik kamu memiliki inner circle yang berisi orang yang tepat serta orang yang dapat kamu percayai dan andalkan. Berikut ini adalah penjelasan perlunya memiliki inner circle dalam pertemanan!

1. Ikatan yang Lebih Kuat

Inner circle berarti kamu dapat menginvestasikan waktu dalam hubungan yang kamu miliki dengan setiap teman dekatmu. Misalnya, jika kamu memiliki dua teman dekat, kamu dapat dengan mudah meluangkan waktu untuk bertemu mereka setidaknya sekali dalam seminggu.

Namun, jika kamu memiliki 15 teman dekat, tidak dapat dimungkiri bahwa kamu akan kewalahan memberi perhatian kepada mereka. Tentu saja, semakin banyak kamu menghabiskan waktu dengan seseorang, semakin dekat kamu dengannya, serta semakin mudah untuk membangun tingkat kepercayaan dan kasih sayang yang lebih dalam.

Salah satu tragedi besar era internet adalah semua orang memiliki jaringan yang besar, tetapi hanya sedikit teman sejati yang berharga. Halaman media sosial memberi kamu ilusi bahwa kamu mengenal banyak orang, tetapi hanya sedikit teman yang sebenarnya. Teman sejati adalah beberapa orang yang telah terikat denganmu dan menghabiskan cukup waktu bersama untuk melihat sisi baik dan buruk antara satu sama lain.

2. Mendukung saat Suka dan Duka 

Saat kamu mengalami masa sulit dalam hidup, tidak banyak orang yang dapat membantumu. Ini adalah saat kamu mengetahui siapa teman sejati. Jadi, apa gunanya memiliki begitu banyak teman jika kamu tidak dapat mengandalkan mereka pada saat kamu membutuhkannya?

Baca juga: Bagaimana Cara Membangun Kepercayaan dengan Sahabat?

Semakin banyak orang yang kamu miliki di inner circle-mu, semakin lemah ikatan kamu dengan mereka. Di sisi lain, inner circle berarti ikatan yang lebih kuat karena hubungan yang terjalin intens. 

Keintensan inilah yang membuat inner circle tidak akan meninggalkan kamu di saat kamu membutuhkannya. Tentu saja tidak selalu mungkin bagi temanmu untuk selalu ada dan siap sedia membantu, karena setiap orang juga punya masalahnya sendiri.

3. Kamu Tidak Bisa Mempercayai Semua orang

Pasti kamu pernah mengalami peristiwa ketika seseorang mengkhianati kepercayaanmu. Inilah sebabnya kamu harus sangat berhati-hati tentang orang yang kamu izinkan masuk ke dalam lingkaran pertemananmu.

Baca juga: Merasa Insecure, Ini 5 Kiat Mengatasinya

Inner circle-mu adalah orang-orang yang akan melihat bagian dari dirimu yang tidak pernah diketahui oleh kebanyakan orang. Mereka adalah orang-orang yang kamu ajak bicara tentang masalahmu. Mereka mengetahui hal-hal tentangmu yang tidak sembarang orang mengetahuinya. 

Untuk memastikan kamu berbagi rahasia dengan orang yang tepat, kamu memerlukan inner circle yang dipilih dengan cermat. Kalau susah buatmu untuk melepaskan diri dari pengkhianatan masa lalu, coba konsultasikan pada profesional melalui Halodoc. Nah, di Halodoc kamu juga bisa membeli obat tanpa harus ke apotek. Yuk, download Halodoc!

Referensi:

Cleverism. Diakses pada 2021. Why Your Inner Circle Should Stay Small, and How to Shrink It.
Very Well Mind. Diakses pada 2021. 6 Reasons Why Friends Are Important.