• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perlukah Vaksin Influenza saat Pandemi Virus Corona?

Perlukah Vaksin Influenza saat Pandemi Virus Corona?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Hingga saat ini angka kasus COVID-19 masih terus meningkat. Di Indonesia saja, kasus COVID-19 sudah tembus di angka 500 ribuan. Untuk itu, diharapkan masyarakat terus menjalankan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah dengan selalu melakukan 3M. Mulai dari mencuci tangan, menggunakan masker, hingga menjaga jarak. Selain itu, masyarakat juga diminta untuk mengonsumsi makanan sehat agar kondisi kesehatan dapat selalu terjaga.

Baca juga: Vaksin Corona Belum Tersedia, Lakukan Vaksin Flu Terlebih Dahulu?

Selain beberapa cara sederhana tersebut, pencegahan COVID-19 juga bisa dilakukan dengan pemberian vaksin corona. Namun, hingga saat ini vaksin corona masih terus diuji coba agar nantinya bisa digunakan oleh masyarakat dunia. Lalu, perlukah vaksin influenza diberikan pada masyarakat sambil menunggu vaksin corona selesai di uji coba? Simak ulasannya, di sini!

Vaksin Influenza saat Pandemi Corona, Perlu?

Benarkah mendapatkan vaksin flu saat masa pandemi COVID-19 menjadi pilihan yang tepat bagi masyarakat? Meskipun tidak dapat mencegah penularan dan penyebaran virus corona, tetapi mendapatkan vaksin flu menjadi pilihan yang terbaik selama masa pandemi.

Saat ini masyarakat masih menganggap flu merupakan penyakit yang sepele. Sebagian masyarakat menilai penyakit flu menjadi penyakit yang mudah disembuhkan. Namun, faktanya penyakit flu bukanlah penyakit yang dapat disepelekan. Ini karena penyakit tersebut dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang cukup serius, bahkan kematian.

Pemberian vaksin flu akan menyebabkan antibodi berkembang dalam tubuh. Antibodi yang berkembang dapat memberikan perlindungan tubuh terhadap infeksi virus influenza. Tubuh yang sehat akan menurunkan risiko kamu mengalami penyakit flu yang penularannya terbilang sangat mudah.

Baca juga: Pentingnya Vaksin Flu untuk Anak di Masa Pandemi

Lalu, apa alasannya vaksin flu diperlukan saat masa pandemi ini? Dr. David Margolius, seorang dokter penyakit dalam di Metro Health System, mengatakan saat seseorang mendapatkan vaksin flu, hal ini menyebabkan orang itu akan lebih sehat dan berisiko rendah terpapar flu. Bahayanya, saat kamu tidak mendapatkan vaksin flu dan mengalami penyakit flu bersamaan dengan COVID-19. Hal ini akan menyebabkan gejala COVID-19 yang kamu alami semakin memburuk.

Hampir serupa, Dr. Ming-Jim Yang, seorang dokter di University of Florida, mengatakan meskipun penyakit flu maupun COVID-19 berasal dari virus yang berbeda, tetapi terlihat manfaat vaksin flu pada pengidap COVID-19. Pasien COVID-19 yang tidak menerima vaksin flu selama 1 tahun terakhir 2,4 kali lebih besar untuk mendapatkan perawatan di rumah sakit dan 3,3 kali lebih besar berisiko mendapatkan perawatan di ruang gawat darurat (ICU). 

Dengan mendapatkan vaksin flu, gejala COVID-19 yang kamu alami dapat menjadi lebih baik. Hal yang perlu diingat bahwa vaksin flu tidak dapat mencegah COVID-19, tetapi hanya menurunkan risiko gejala yang lebih buruk.

Kenali Efek Samping Vaksin Flu

Vaksin flu bisa didapatkan oleh anak-anak yang telah berusia diatas 6 bulan, lansia, wanita hamil, hingga orang-orang yang memiliki penyakit kronis. Pekerja medis juga perlu mendapatkan vaksin ini agar terhindar dari penyakit flu. Sebaiknya perhatikan jika kamu memiliki riwayat alergi. Vaksin flu memiliki kandungan yang dapat memicu reaksi alergi.

Gunakan aplikasi Halodoc dan tanya langsung pada dokter mengenai vaksin flu yang ingin kamu dapatkan. Kamu bisa download Halodoc melalui App Store dan Google Play sekarang juga!

Baca juga: Ini yang Perlu Diketahui Tentang Vaksin Flu

Tentunya manfaat vaksin flu yang baik bagi kesehatan sangat aman untuk didapatkan. Namun, terkadang vaksin flu dapat menyebabkan efek samping ringan, seperti demam ringan, kemerahan pada bagian yang mendapatkan suntikan vaksin flu, hingga nyeri otot.

Referensi:
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2020. Key Facts About Seasonal Flu Vaccines.
Cleveland. Diakses pada 2020. The Flu Shot Does Not Prevent COVID-19, but It Could Help Your Body Fight Off the Virus.
Web MD. Diakses pada 2020. Flu Shot May Shield You From Severe COVID.