• Home
  • /
  • Persiapan ke Luar Negeri, Ini Cara Jaga Pola Hidup Sehat

Persiapan ke Luar Negeri, Ini Cara Jaga Pola Hidup Sehat

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Persiapan ke Luar Negeri, Ini Cara Jaga Pola Hidup Sehat

Halodoc, Jakarta - Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu liburan. Salah satunya adalah bepergian ke luar negeri. Namun, selain memeriksa kembali apa-apa saja yang perlu dibawa, kamu juga perlu menaruh perhatian pada kesehatanmu. Sebab, mana enak sih sakit saat traveling?

Bicara soal menjaga kesehatan selama bepergian ke luar negeri, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Mengingat kondisi geografis, iklim, dan risiko penularan penyakit di setiap negara itu berbeda-beda, berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan, agar dapat tetap sehat selama bepergian ke luar negeri:

1. Cari Tahu Penyakit Apa yang Sedang Mewabah

Jangan hanya mencari tahu destinasi wisata apa saja yang menarik untuk dikunjungi di negara tujuan. Kamu juga harus mencari tahu penyakit apa yang sedang mewabah di negara yang akan kamu kunjungi. Hal ini karena risiko tertular penyakit dari negara-negara yang dikunjungi akan selalu ada, sehingga penting untuk melakukan upaya pencegahan, seperti vaksinasi.

Baca juga: Agar Tak Rewel, Begini Tips Membawa Bayi Jalan-Jalan

2. Vaksinasi

Setelah kamu mengetahui penyakit apa saja yang sedang mewabah di negara yang akan kamu kunjungi, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah vaksinasi. Hal ini merupakan salah satu upaya pencegahan terbaik yang bisa dilakukan, untuk mengurangi risiko penularan penyakit.

Beberapa jenis vaksinasi yang umumnya dibutuhkan orang yang akan bepergian ke luar negeri adalah flu, typhoid, meningitis, dan hepatitis A. Namun, sebenarnya ada banyak jenis vaksin lain yang mungkin dibutuhkan, sesuai penyakit yang sedang mewabah di destinasi tujuan. Lebih jelasnya, kamu bisa tanya-tanya tentang vaksin pada dokter di Halodoc

3. Biasakan Selalu Cuci Tangan

Sederhana, tetapi kerap dilupakan. Padahal, mencuci tangan merupakan kebiasaan yang sangat perlu diterapkan kapan dan di mana saja, sebagai salah satu upaya mencegah penularan penyakit. Apalagi jika kamu sedang bepergian ke daerah asing, seperti ke luar negeri, yang biasanya dihabiskan dengan berjalan-jalan dari satu tempat ke tempat lainnya. 

Bayangkan, berapa banyak hal yang kamu sentuh dan kuman apa saja yang menempel di tangan. Itulah sebabnya, kamu perlu membiasakan diri untuk selalu mencuci tangan, terutama sebelum makan dan menyiapkan makanan, serta setelah dari toilet. Mencuci tangan dapat membunuh dan mengurangi kotoran serta bakteri tak kasat mata yang hinggap di tangan.

Selalu sediakan juga pembersih tangan antiseptik, jika dalam suatu waktu tidak memungkinkan untuk cuci tangan dengan air. Penting juga untuk diingat, jangan menyentuh-nyentuh area wajah sebelum kamu mencuci tangan, agar kuman tidak masuk melalui mata, hidung, ataupun mulut.

Baca juga: Tips Pilih Makanan Sehat saat Liburan

4. Tidur yang Cukup

Apakah kamu termasuk orang yang gemar menyusun agenda super padat ketika traveling? Jika iya, sebaiknya pastikan kamu juga memiliki waktu yang cukup untuk beristiharat, ya. Sebab meski sedang seru jalan-jalan, tubuh kamu tetap memerlukan tidur yang cukup dan berkualitas, sedangkan tubuh yang terlalu lelah malah bisa membuat kamu sulit tidur, lho.

5. Minum Air yang Cukup

Minum air putih yang cukup merupakan salah satu kunci untuk bisa tetap sehat ketika traveling. Sesuaikan kebutuhan cairan kamu dengan faktor perbedaan cuaca dan intensitas aktivitas yang dilakukan selama traveling, ya. Jika kamu merasa banyak berjalan kaki dan bergerak daripada biasanya, tingkatkan konsumsi air putih.

6. Selalu Sedia Obat-obatan

Ibarat sedia payung sebelum hujan, sedia obat-obatan sebelum sakit juga penting, lho. Apalagi, kamu tidak pernah tahu kapan hal-hal buruk bisa terjadi pada diri kamu selama traveling. Dengan selalu menyediakan obat-obatan yang dibutuhkan dan peralatan P3K, kamu dapat meminimalisir kemungkinan jatuh sakit saat liburan.

Baca juga: Obat yang Perlu Dibawa Saat Liburan

7. Cukupi Asupan Vitamin

Selain minum air putih yang cukup, asupan vitamin juga perlu diperhatikan, untuk membuat tubuh tetap sehat selama liburan. Dengan asupan vitamin yang cukup, daya tahan tubuh akan lebih terjaga, sehingga kemungkinan untuk terserang berbagai penyakit selama traveling pun menurun. Asupan vitamin bisa didapatkan secara alami dari makanan, seperti buah dan sayur, atau dalam bentuk suplemen.

Referensi:
Travel Channel. Diakses pada 2020. Top 10 Ways to Stay Healthy While Traveling.
Travel US News. Diakses pada 2020. Simple Ways to Avoid Getting Sick While Traveling.