• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Persiapan Persiapan yang Perlu Dilakukan Sebelum Lari Pagi

Persiapan Persiapan yang Perlu Dilakukan Sebelum Lari Pagi

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Ada banyak alasan mengapa lari di pagi hari itu sangat baik. Selain dapat membuat tubuh menjadi lebih segar dan perasaan lebih bahagia untuk memulai hari, lari pagi juga dapat memberi waktu untuk berkontemplasi, untuk berpikir lebih jernih dan membuat rencana sebelum melakukan aktivitas. 

Baca juga: 5 Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan

Namun, sebelum lari pagi, penting untuk mengetahui persiapan yang perlu dilakukan agar kamu bisa mendapatkan manfaat yang optimal dari olahraga tersebut.

1.Tidur yang Cukup

Penting untuk mendapatkan istirahat yang cukup sebelum berolahraga di pagi hari. Istirahat yang cukup dapat memberikan energi yang diperlukan untuk lari pagi. Sehingga, tubuh pun menjadi lebih segar alih-alih kelelahan. Jadi, usahakan untuk tidur selama 7-8 jam sebelum lari pagi.

Bila kamu mengalami kesulitan tidur di malam hari, American Sleep Association merekomendasikan beberapa cara berikut:

  • Hindari minum kafein atau alkohol tiga jam sebelum tidur.
  • Jangan tidur siang.
  • Lakukan rutinitas malam yang dapat membuat kamu lebih rileks, seperti mandi air hangat, meditasi, atau mendengarkan musik yang menenangkan.
  • Usahakan untuk tidur pada waktu yang sama setiap malam.
  • Berhenti menonton TV, membaca atau bermain gadget satu jam sebelum tidur.

2.Siapkan Pakaian Olahraga Sebelumnya

Sebelum lari pagi, ada baiknya kamu memeriksa cuaca pada malam sebelumnya, sehingga kamu bisa mempersiapkan pakaian dan perlengkapan yang sesuai untuk berlari di keesokan paginya. Selain itu, cara ini juga membantu kamu menghemat waktu untuk bersiap-siap lari pagi.

Baca juga: Memilih Jenis Pakaian Olahraga Terbaik

3.Pemanasan

Otot tubuh cenderung lebih kaku setelah bangun tidur, karena kamu tidak menggerakkannya dalam waktu lama. Jadi, untuk mengurangi risiko cedera, pastikan kamu melakukan pemanasan sebelum lari pagi. 

4.Cari Teman Lari

Meskipun ada beberapa orang yang lebih suka untuk berolahraga sendirian, namun memiliki teman yang bisa diajak untuk lari pagi bersama, bisa membuat kamu lebih semangat dan mencegah kamu untuk mangkir dari rencana olahraga. Sebisa mungkin carilah teman yang juga sama-sama menyukai lari pagi dan memiliki tingkat kebugaran yang sama dengan kamu.

Pasalnya, lari pagi bersama teman yang lambat bisa menghambat kamu untuk berlari secara maksimal. Sebaliknya, punya teman lari pagi yang sangat cepat mungkin bisa membuat kamu frustasi. Penting untuk diingat, olahraga adalah sebuah proses, sehingga kamu tidak diharapkan untuk melakukannya dengan sempurna pada awal kamu memulainya.

Baca juga: 5 Alasan Olahraga Bareng Teman Lebih Seru

5.Sarapan Cerdas

Tidak baik lari pagi dalam keadaan perut kosong. Setelah tidur malam yang panjang, tubuh kamu berada dalam kondisi puasa dan hanya memiliki sedikit energi untuk digunakan. Bila kamu keluar rumah untuk lari pagi tanpa makan apa-apa, kemungkinan besar kamu akan merasa lemas dan mual.

Jadi, 1-2 jam sebelum waktu lari pagi, luangkan waktu sebentar untuk mengonsumsi sarapan cepat saji, seperti buah-buahan atau sepotong roti panggang dengan selai kacang. Mengonsumsi sarapan yang tepat dapat membuat kamu terhindar dari keinginan untuk makan banyak dan risiko sakit.

6.Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Selain sarapan, penting juga untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi baik sebelum dan selama lari pagi. Hal ini karena setelah tidur malam selama 7-8 jam, tubuh akan mengalami dehidrasi ringan. Meskipun kamu tidak mau berlari dengan perut berisi air, minum 6-8 cangkir beberapa menit sebelum lari pagi tidak akan menyebabkan kamu merasa tidak nyaman.

Selain itu, kamu juga perlu membawa minuman olahraga kaya elektrolit untuk kamu minum di sepanjang rute lari. Aturan umumnya adalah minum 3-6 ons cairan untuk setiap mil kamu berlari.

Nah, itulah persiapan lari pagi yang perlu kamu lakukan untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Kamu juga bisa minta tips-tips aman berolahraga pada dokter lewat aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa bertanya apa saja seputar kesehatan pada dokter. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga.

Referensi:
Runner’s World. Diakses pada 2020. 8 Ways to Become a Morning Runner.
Very Well Fit. Diakses pada 2020. 10 Tips for Running in the Morning