Ketahui Persiapan yang Perlu Dilakukan Sebelum Radiologi

Ketahui Persiapan yang Perlu Dilakukan Sebelum Radiologi

Halodoc, Jakarta - Pemeriksaan radiologi akan dibutuhkan untuk mendiagnosis atau mengobati penyakit tertentu. Pasalnya, metode medis ini bisa membantu dokter untuk meninjau lebih jauh kondisi bagian dalam tubuh. 

Pemeriksaan radiologi ini bisa menggunakan beberapa media. Mulai dari penyinaran, zat radioaktif, medan magnet, hingga gelombang suara. Nah, karena media yang digunakan beragam, maka radiologi juga terbagi menjadi beberapa jenis. Contohnya USG, fluoroskopi, foto Rontgen, pemeriksaaan nuklir (positron emission tomography scan), computed tomography, hingga magnetic resonance imaging (MRI). 

Baca juga: 4 Masalah Kesehatan yang Bisa Dideteksi X-Ray

Singkat kata, pemeriksaan radiologi ini memiliki peran yang amat penting dalam dunia kesehatan. Lewat pemeriksaan ini dokter bisa mengetahui berbagai penyakit dalam tubuh seseorang. Mulai dari penyakit paru-paru, penyakit jantung, epilepsi, gangguan kelenjar getah bening, gangguan sendi dan tulang, infeksi, stroke, hingga kanker

Pertanyaannya, hal apa saja yang mesti dilakukan sebelum menjalani pemeriksaan ini? 

Ada Berbagai Syaratnya

Sebelum melakukan pemeriksaan ini, cobalah untuk selalu mengikuti saran yang dokter berikan. Tujuannya simpel, agar pemeriksaan radiologi bisa memberikan hasil yang optimal. Lalu, hal apa saja yang mesti dilakukan sebelum melakukan pemeriksaan ini? Sebenarnya syarat-syaratnya bergantung pada jenis pemeriksaan.

Nah, berikut beberapa persiapan yang akan disarankan dokter:

1. Puasa

Beberapa jenis pemeriksaan radiologi menggunakan cairan kontras. Nah, sebelum melakukan pemeriksaan ini dokter akan meminta pengidap berpuasa selama 4–6 jam. Selain itu, puasa selama 8–12 juga harus dijalani oleh pengidap yang akan menjalani USG perut. Alasannya, pemeriksan tak bisa menghasilkan gambar yang jelas bila masih ada makanan yang belum tercerna. 

2. Menahan Berkemih

Untuk pemeriksaan USG panggul, pengidap akan diminta untuk mengonsumsi banyak air hingga kandung kemih penuh, dan menahan untuk tidak buang air kecil. 

Baca juga:  6 Hal yang Mesti Dilakukan Sebelum Jalani Proses CT Scan

3. Konsumsi Obat

Pemeriksaan radiologi jenis tertentu bisa menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman. Contohnya, pemeriksaan rontgen pada kondisi patah tulang. Apalagi ketika diminta dokter untuk menahan posisi tertentu saat pengambilan gambar. Untuk mengatasi rasa nyeri ini, dokter biasanya akan memberikan painkiller sebelum pemeriksaan berlangsung. 

4. Melepas Aksesoris

Dalam pemeriksaan radiologi kita akan diminta untuk melepas semua aksesoris logam yang dikenakan. Misalnya jam tangan, kacamata, atau gigi palsu. Bagi yang menggunakan implan logam dalam tubuh, cobalah beri tahu dokter sebelum pemeriksaan. Sebab magnet dari pemeriksaan MRI sangat kuat, keberadaan implan logam di dalam tubuh bisa membahayakan tubuh. 

5. Pakaian Khusus

Kita akan diminta untuk mengenakan pakaian khusus yang telah disediakan sebelum memasuki ruangan. 

Mau tahu lebih jauh mengenai pemeriksaan radiologi? Atau memiliki keluhan kesehatan tertentu? Bagi yang ingin melakukan, kamu bisa langsung membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihan kamu di sini. Mudah, kan? Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play! Mudah, kan?