• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Persiapkan Hal Ini Sebelum Lakukan Vaksin Flu

Persiapkan Hal Ini Sebelum Lakukan Vaksin Flu

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) saat ini mengatakan bahwa vaksin flu menjadi salah satu vaksin yang cukup penting ditengah pandemi. Hal ini disebabkan vaksin flu dinilai mampu menurunkan risiko gangguan kesehatan yang lebih buruk pada pasien COVID-19. Lalu, siapa saja yang boleh menerima vaksin flu? Tidak ada salahnya ketahui lebih banyak mengenai vaksin flu dan apa saja yang perlu dipersiapkan ketika akan menerima vaksin flu, di sini!

Baca juga: Ini Hal yang Perlu Diketahui Tentang Vaksin Flu

Vaksin Flu dan COVID-19

Banyak yang masih menganggap flu adalah penyakit yang ringan dan dapat diatasi dengan memenuhi kebutuhan istirahat saja. Nyatanya, penyakit flu menjadi salah satu penyakit yang tidak dapat disepelekan karena dapat menyebabkan komplikasi yang serius pada kesehatan.

Pencegahan penyakit flu sebenarnya dapat dilakukan dengan berbagai cara sederhana, seperti mencuci tangan, menggunakan masker saat berada di tengah keramaian, hingga menggunakan penutup mulut dan hidung saat bersin atau batuk. 

Tidak hanya itu, penyakit flu juga dapat dicegah dengan menggunakan vaksin flu. Pemberian vaksin flu akan menyebabkan antibodi berkembang dalam tubuh. Antibodi yang berkembang dapat memberikan perlindungan tubuh terhadap infeksi virus influenza.

Vaksin flu dianggap vaksin yang cukup penting untuk didapatkan oleh tiap masyarakat karena penularan virus influenza yang dinilai sangat mudah. Bahkan, ditengah kondisi pandemi saat ini melakukan vaksin flu dianggap perlu dilakukan untuk menghindari gejala COVID-19 yang semakin memburuk. Meskipun vaksin flu bukan vaksin yang dapat digunakan untuk mencegah COVID-19.

Baca juga: Manfaat Vaksin Flu pada Pasien Diabetes, Jantung, dan Lansia

Persiapkan Ini Sebelum Mendapatkan Vaksin Flu

Ada beberapa orang yang memerlukan vaksin flu, seperti usia lanjut, bayi usia 6 bulan–5 tahun, wanita hamil, memiliki penyakit kronis, hingga para pekerja medis. Sebaiknya persiapkan kondisi kesehatan yang optimal sebelum kamu melakukan vaksin flu.

Vaksin flu tidak dapat diterima oleh siapa saja. Bayi yang belum genap berusia 6 bulan tidak disarankan untuk mendapatkan vaksin flu. Selain itu, orang yang memiliki alergi juga perlu berdiskusi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mendapatkan vaksin flu. Hal ini karena vaksin flu mengandung beberapa kandungan yang dapat memicu reaksi alergi.

Selain itu, riwayat kondisi kesehatan seseorang juga diperlukan sebelum melakukan vaksin flu. Saat kamu mengalami kondisi tidak enak badan atau sedang sakit sebaiknya tunda untuk mendapatkan vaksin flu, hingga kesehatan kembali optimal. Untuk itu, kamu perlu mempersiapkan kesehatan dengan baik sebelum vaksin flu.

Kenali Jenis Vaksin Flu

Terdapat dua jenis vaksin flu yang bisa diberikan. Melalui suntikan dan juga nasal spray (semprotan melalui hidung). Vaksin flu yang diberikan melalui suntik mengandung virus yang telah dimatikan. Vaksin flu suntik juga terdapat dua jenis yang berbeda, yaitu trivalent dan quadrivalent.

Trivalent mengandung dua jenis virus, yaitu influenza A dan B, sedangkan quadrivalent mengandung 2 virus influenza A dan 2 virus influenza B. Namun, jangan khawatir, meskipun kandungannya berbeda, tetapi manfaat dari kedua jenis vaksin flu suntik ini pun sama.

Baca juga: Vaksin Corona Belum Tersedia, Lakukan Vaksin Flu Lebih Dulu?

Sedangkan jenis nasal spray mengandung virus yang dilemahkan. Pemberian vaksin flu jenis ini hanya boleh dilakukan oleh orang dengan kondisi kesehatan yang optimal. Selain itu, usia pemberian hanya sekitar 2–49 tahun. Wanita hamil dan seseorang dengan gangguan imunitas tubuh tidak disarankan menerima vaksin flu jenis nasal spray.

Kamu bisa mendapatkan vaksin flu setiap tahun untuk mengurangi risiko penyakit flu. Jangan ragu untuk gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter seputar penanganan pertama pada flu. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2020. Key Facts About Seasonal Flu Vaccines.
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2020. Who Should and Who Sould Not Get a Flu Vaccine.
National Health Service UK. Diakses pada 2020. Flu Vaccine.