• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pertolongan Pertama saat Kaki Mengalami Keseleo

Pertolongan Pertama saat Kaki Mengalami Keseleo

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Saat kamu mengalami keseleo atau terkilir tiba-tiba, tidak perlu panik secara berlebihan, ya! Pasalnya, ada langkah pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan dengan aman dan dapat dilakukan dalam 72 jam pertama setelah keseleo. Berikut langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi keseleo dengan cara yang sederhana!

Baca juga: Cara Mudah Atasi Kaki yang Keseleo

Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Keseleo

Keseleo terjadi ketika satu atau lebih ligamen di pergelangan kaki tertarik atau robek, sehingga menyebabkan pengidapnya mengalami rasa sakit dan pembengkakan di area cedera. Selain pembengkakan, keseleo akan menyebabkan area cedera mengalami kemerahan, memar, sensasi rasa hangat, dan terasa sakit saat disentuh. Saat terjadi di area pergelangan kaki, kaki akan sulit untuk digunakan berjalan.

Tujuan mengatasi keseleo sendiri adalah mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Selain itu, mengatasi keseleo berguna untuk memastikan ligamen pada area keseleo tidak bertambah parah. Berikut langkah sederhana yang bisa kamu lakukan:

  • Jangan Menggerakkan Kaki

Sesaat setelah keseleo atau terkilir, jangan menggerakkan bagian kaki yang cedera. Jangan mencoba untuk berjalan. Batasi pergerakan kaki sebisa mungkin selama 24-48 jam pasca cedera. Jika memang harus berpindah posisi, kamu bisa meminta bantuan orang lain untuk memapah, atau menggunakan alat bantu seperti kruk atau tongkat.

  • Gunakan Kompres Dingin

Perlu kamu ingat, kamu tidak boleh mengompres area yang mengalami keseleo dengan air hangat atau balsem otot selama 24 jam pertama. Pasalnya, kedua hal tersebut akan memicu timbulnya pembengkakan jika dilakukan. Sebaiknya, gunakan kompres dingin yang terbuat dari es batu yang dilapisi oleh handuk atau kain tipis. Kompres area yang mengalami cedera selama 15-20 menit.

Langkah tersebut dapat kamu ulangi sebanyak 3-5 kali dalam satu sesi, agar pembengkakan yang kamu alami lekas berkurang. Hal yang perlu kamu perhatikan adalah, jangan menempelkan es batu langsung pada kulit, karena justru berpotensi meningkatkan risiko kemunculan radang dingin. 

Baca juga: Keseleo Bukan Diurut, Segera Bawa ke Dokter

  • Angkat Pergelangan Kaki

Jika keseleo terjadi di pergelangan kaki, angkat pergelangan kaki secara perlahan dan posisikan kaki agar lebih tinggi dari organ jantung ketika kamu berbaring. Untuk memosisikannya, kamu bisa menyangga tumit dengan bantal. Langkah yang satu ini juga bisa kamu terapkan saat kamu sedang duduk. Usahakan untuk memosisikan kaki yang cedera sejajar atau lebih tinggi dari pinggang.

  • Lapisi Bagian yang Keseleo

Langkah selanjutnya dalam mengatasi keseleo adalah dengan  membalut bagian yang mengalami keseleo dengan perban elastis untuk membatasi pergerakan pergelangan kaki. Membalut perban dapat dilakukan di antara jari kaki, telapak kaki, dan naik ke arah tumit hingga pergelangan kaki. Pastikan untuk membungkus pergelangan kaki hingga beberapa sentimeter di atas bagian yang mengalami cedera. Jangan membungkus terlalu kencang agar aliran darah tidak terhambat.

  • Minum Obat Pereda Nyeri

Minum obat pereda nyeri menjadi langkah selanjutnya dalam mengatasi keseleo. Sebaiknya diskusikan dengan dokter di aplikasi Halodoc sebelum menggunakan obat tersebut, apalagi jika kamu memiliki kondisi medis tertentu atau alergi terhadap kandungan obat-obatan. 

Baca juga: Ini Kondisi yang Bisa Meningkatkan Risiko Alami Keseleo

Beberapa orang akan mengurut kaki yang mengalami keseleo, padahal hal tersebut tidak dibenarkan dalam dunia medis. Jika memang ingin tetap diurut, maka lakukan setelah 72 jam kamu mengalami keseleo, agar pembengkakan tidak semakin parah. Pastikan pula kamu diurut oleh orang yang tepat seperti fisioterapis profesional, bukan tukang urut biasa.

Keseleo yang tidak diatasi dengan benar akan menyebabkan komplikasi, mulai dari sakit kronis di pergelangan kaki, ketidakseimbangan sendi, serta munculnya artritis di pergelangan kaki. Jika diatasi dengan baik, keseleo akan sembuh dalam 1-6 minggu. Jadi, tangani dengan tepat dan benar agar tidak muncul komplikasi di kemudian hari, ya!

Referensi:
Health Harvard. Diakses pada 2020. Recovering from an ankle sprain.
WebMD. Diakses pada 2020. Recovering from an ankle sprain.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Sprained ankle.