• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pertolongan Pertama yang Dapat Dilakukan saat Cedera Olahraga

Pertolongan Pertama yang Dapat Dilakukan saat Cedera Olahraga

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Pertolongan Pertama yang Dapat Dilakukan saat Cedera Olahraga

“Lakukan pemanasan sebelum berolahraga untuk menghindari kondisi cedera. Teknik Rest, Ice, Compression, dan Elevation adalah metode yang bisa digunakan sebagai pertolongan pertama saat cedera olahraga.”

Halodoc, Jakarta – Berolahraga menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tetap optimal. Namun, untuk menghindari kondisi cedera saat berolahraga kamu perlu melakukan pemanasan.

Salah satu cedera yang umum terjadi saat berolahraga adalah terkilir. Jika kamu mengalami kondisi ini saat berolahraga, sebaiknya jangan panik. Segera cari tahu pertolongan pertama yang dapat dilakukan saat cedera olahraga.

Baca juga: Keseleo Bukan Diurut, Segera Bawa ke Dokter

Pertolongan Pertama yang Dilakukan saat Cedera Olahraga

Mempersiapkan diri sebelum berolahraga sangat perlu dilakukan untuk menghindari terjadinya cedera. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan, seperti melakukan pemanasan, mengonsumsi air putih yang cukup, hingga memastikan tubuh tidak kelelahan sebelum berolahraga.

Salah satu kondisi yang umum terjadi saat berolahraga adalah terkilir. Namun, sebaiknya jangan panik ketika kamu mengalami kondisi ini saat berolahraga. Berikut ini pertolongan pertama yang dilakukan saat cedera olahraga:

  1. Rest 
rest

Saat mengalami cedera atau terkilir saat berolahraga sebaiknya segera hentikan kegiatan dan beristirahat. Kondisi ini dilakukan untuk mencegah kondisi cedera yang lebih buruk lagi. Berikan istirahat selama 24–72 jam bagian yang mengalami cedera.

  1. Ice 
ice

Lakukan perawatan di rumah dengan mengompres dingin bagian yang terkilir. Kompres dingin selama 20 menit setiap harinya. Kompres dingin dapat membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan, sehingga menurunkan risiko memar.

Baca juga: 3 Jenis Keseleo Berdasarkan Tingkat Keparahannya

  1. Compression 
Compression

Gunakan perban elastis pada bagian yang mengalami pembengkakan akibat terkilir atau cedera. Tindakan ini dilakukan untuk mengurangi pembengkakan yang terjadi. Namun, jangan terlalu kencang dalam penggunaan perban elastis.

  1. Elevate 
Elevate

Angkat bagian yang cedera lebih tinggi dari jantung. Hal ini bisa dilakukan untuk mengurangi pembengkakan yang terjadi.

Pertolongan pertama bisa dilakukan pada cedera yang terbilang ringan. Jika kamu mengalami cedera hingga menyebabkan perdarahan, patah tulang, atau kecelakaan pada bagian kepala serta wajah, sebaiknya segera kunjungi rumah sakit terdekat dan lakukan pemeriksaan. Pengobatan akan dilakukan sesuai dengan kondisi cedera yang dialami.

Baca juga: Cedera Berulang Bisa Sebabkan Gangguan Kesehatan Tenditis

Gunakan Halodoc dan cari tahu rumah sakit terdekat yang bisa dikunjungi untuk memeriksakan kondisi kesehatan. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:

Better Health. Diakses pada 2021. Sports Injuries.

Very Well Fit. Diakses pada 2021. Tips for How to Treat a Sports Injury Right After It Happens.

Healthline. Diakses pada 2021. Everything You Need to Know About Using a Cold Compress.