• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Pertumbuhan Bayi Baru Lahir di 5 Minggu Pertama

Ini Pertumbuhan Bayi Baru Lahir di 5 Minggu Pertama

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Setelah 9 bulan masa penantian, akhirnya kelahiran Si Kecil tiba juga. Hal ini tentu membawa kebahagiaan yang besar bagi orangtua. Ayah dan ibu mungkin juga penasaran dengan bagaimana pertumbuhan bayi di 5 minggu pertama. Karena itu, yuk cari tahu di bawah ini.

Pertumbuhan Bayi di Minggu Pertama

Di minggu pertama kehidupannya, bayi mungkin akan mengalami penurunan berat badan. Namun, jangan khawatir. Ini adalah kondisi yang wajar karena ketika lahir, bayi membawa kelebihan cairan yang didapatkan selama masa kehamilan dan persalinan. 

Cairan ini akan dikeluarkan dari tubuh secara alami melalui urine dan feses. Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), sebagian besar bayi kehilangan sekitar 10 persen dari berat lahir awal mereka selama 3–4 hari pertama, tetapi berat badan mereka biasanya akan kembali dalam 7 hari.

Dari segi perkembangan kemampuan inderanya, bayi yang baru lahir ini sudah dapat mengenali suara ibu yang sudah didengarnya sejak masih dalam kandungan. Hal ini dapat membantu ia untuk menyesuaikan diri dengan dunia di luar rahim yang masih terasa baru untuknya. Si Kecil memang belum dapat memahami kata-kata ibu, tetapi ibu dianjurkan untuk tetap sering-sering mengajaknya bicara untuk memberinya perhatian dan kenyamanan.

Baca juga: Sering Ajak Bayi Bicara, Ini Manfaatnya

Pertumbuhan Bayi di Minggu Kedua

Sekitar hari kesepuluh, berat badan bayi biasanya sudah kembali seperti pada awal kelahiran, setelah mengalami penurunan di minggu pertama. Beberapa bayi mungkin juga memiliki berat badan yang lebih tinggi dari berat badan awal. 

Ibu mungkin juga akan menyadari adanya beberapa perbedaan pada Si Kecil di periode pertumbuhan ini, seperti Si Kecil mungkin lebih cerewet dari biasanya, makan lebih banyak, dan bisa tidur siang untuk waktu yang lama.

Dari segi perkembangan kemampuan inderanya, Si Kecil sudah bisa fokus melihat pada objek yang jaraknya 8–14 inci, kira-kira sama seperti jarak antara matanya dan mata ibu saat menyusui. Saat menyusui Si Kecil, cobalah untuk menggerakkan kepala ibu secara perlahan dari satu sisi ke sisi lain dan lihat apakah matanya mengikuti gerakkan kepala ibu. Cara ini dapat membantu membangun kekuatan otot mata dan keterampilannya melacak.

Pertumbuhan Bayi di Minggu Ketiga

Bayi ibu akan terus mengalami pertumbuhan yang banyak selama bulan pertama kehidupannya. Si Kecil dapat mengalami pertambahan berat badan sekitar 20–30 gram per hari dan panjangnya akan mencapai sekitar 4,5–5 sentimeter pada akhir bulan pertama kehidupannya. Pada usia 2,5 minggu, rata-rata bayi laki-laki akan memiliki lingkar kepala 39,21 sentimeter, sedangkan rata-rata lingkar kepala untuk bayi perempuan adalah 37,97 sentimeter.

Untuk perkembangan inderanya, meskipun gerakannya masih random, tetapi bayi sudah dapat mulai meringkuk pada minggu ketiga. Saat ibu mengangkatnya, perhatikan bagaimana ia menyesuaikan postur tubuhnya ke arah ibu. Si Kecil juga senang dengan pelukan dan aroma ibunya karena dirasanya menenangkan dan menghibur.

Pertumbuhan Bayi di Minggu Keempat

Sekarang setelah bayi sudah cukup besar, dokter akan mengukur kembali berat badan dan panjang bayi. Hal ini memungkinkan dokter untuk memastikan ia bertumbuh dengan baik. Namun, ingat bahwa pertumbuhan setiap bayi bisa berbeda-beda. Misalnya, bila Si Kecil lahir prematur, ia mungkin dapat mengalami pertumbuhan yang berbeda dari bayi yang cukup bulan. Pada usia satu bulan, sebagian besar bayi biasanya akan mengalami pertambahan berat sekitar 5–7 ons per minggu dari berat lahir dan bertumbuh sekitar 1 inci.

Selain itu, apakah ibu juga menyadari bahwa Si Kecil sudah bisa menciptakan suara lain selain menangis? Ia mungkin bisa membuat suara “aah” atau berseru dalam minggu ini, terutama ketika ia melihat ayah atau ibu. 

Baca juga: 7 Fakta tentang Bayi Baru Lahir

Pertumbuhan Bayi di Minggu Kelima

Rata-rata bayi berusia 5 minggu akan memiliki berat badan di kisaran 4 kilogram. Namun ingat bahwa kisaran tersebut luas, bayi bisa saja lebih besar atau lebih kecil dari rata-rata. Jadi, sebaiknya ukur pertumbuhan bayi ibu menurut kurva pertumbuhannya sendiri.

Di usia 5 minggu ini, gerakan bayi juga sudah lebih lancar dan terarah, serta gerakan tersentak-sentak mulai menghilang. Luangkan waktu setiap hari untuk melatih tubuhnya, misalnya ibu bisa menariknya secara perlahan ke posisi duduk atau membuat ia “terbang” dengan menggendongnya dengan posisi perutnya di atas lengan ibu. Ingat, selalu topang kepalanya selama melakukan gerakan tersebut.

Baca juga: Perkembangan Bayi 1 Bulan

Nah, itulah pertumbuhan bayi di 5 minggu pertama kelahiran. Bila ibu ingin bertanya lebih lanjut seputar pertumbuhan bayi, tanyakan saja pada ahlinya lewat aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, ibu bisa menghubungi dokter untuk bertanya seputar kesehatan kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Verywell Family. Diakses pada 2020. Your 1-Week-Old Baby’s Development.
Verywell Family. Diakses pada 2020. Your 2-Week-Old Baby’s Development.
Verywell Family. Diakses pada 2020. Your 3-Week-Old Baby’s Development.
Verywell Family. Diakses pada 2020. Your 4-Week-Old Baby’s Development.