• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perut Buncit, Coba Lakukan 5 Latihan Ini untuk Mengatasinya

Perut Buncit, Coba Lakukan 5 Latihan Ini untuk Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Perut Buncit, Coba Lakukan 5 Latihan Ini untuk Mengatasinya

Halodoc, Jakarta - Perut buncit dapat dengan mudah terlihat. Hal tersebut bukan hanya mengganggu penampilan saja, tetapi juga dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. Untuk mengukur lingkar perut, kamu dapat melakukannya sendiri di rumah. Gunakan pita pengukur, kemudian lingkatkan pita pada perut, tepat di atas tulang pinggul, sejajar dengan pusar. Idealnya, wanita memiliki lingkar perut ideal sebesar 35 inci atau 80–88 sentimeter, sedangkan pria sebesar 40 inci atau 90–100 sentimeter.

Jika memiliki ukuran yang lebih dari itu, maka perut kamu bisa dikatakan buncit. Nah, untuk mengatasi perut buncit, kamu dapat melakukan olahraga secara rutin. Olahraga bukan hanya dapat mengecilkan perut saja, tetapi juga mendatangkan banyak manfaat baik bagi tubuh. Untuk mengatasi perut buncit, kamu bisa melakukan beberapa latihan berikut ini, ya:

Baca juga: 5 Fakta Alergi Olahraga yang Perlu Diketahui

1.Plank

Plank untuk mengatasi perut buncit dapat dilakukan sebelum tidur. Gerakan yang satu ini dapat mengecilkan perut dengan membakar lemak menjadi otot. Plank adalah gerakan yang praktis, karena tidak membutuhkan alat atau ruang. Untuk melakukannya, posisikan tubuh seperti ini:

  • Posisikan tubuh seperti push up.
  • Angkat tubuh ke atas, tumpu berat badan pada lengan dan jari kaki.
  • Kencangkan otot paha bagian dalam dan bokong.
  • Tahan otot bagian perut ke dalam.
  • Angkat lutut dan pastikan punggung tetap dalam posisi lurus.
  • Posisikan kepala tetap rileks dan menghadap ke matras.
  • Tahan posisi tersebut selama 30–60 detik.

2.Berenang

Berenang menjadi alternatif lain untuk mengatasi perut buncit. Berenang adalah salah satu olahraga yang membuat seluruh anggota tubuh aktif bergerak. Selain ampuh dalam menurunkan berat badan, olahraga ini aman dilakukan bagi pengidap nyeri sendi pada tubuh. 

3.Yoga

Yoga menjadi salah satu olahraga pelepas stres. Gerakan dalam yoga dinilai efektif menurunkan berat badan. Melakukan yoga tidak membutuhkan banyak gerakan, tetapi terbukti ampuh dalam mengurangi lingkar pinggang hingga 3,8 sentimeter. Untuk hasil yang maksimal, lakukan secara rutin selama 90 menit setiap minggunya, ya.

Baca juga: Seberapa Besar Pengaruh Olahraga pada Kesehatan Mental?

4.Bersepeda

Tidak perlu repot-repot bersepeda ke luar, kamu bisa menggunakan sepeda statis yang dapat dilakukan di dalam rumah. Bersepeda selama 30 menit dengan kecepatan rata-rata 19–22 kilometer per jam dinilai ampuh membakar kalori sebanyak 260. Bersepeda bukan hanya ampuh dalam menurunkan berat badan saja, tetapi juga dapat membuat fisik menjadi lebih sehati, sehingga jauh dari risiko penyakit jantung dan kanker.

5.Zumba

Mengatasi perut buncit selanjutnya dapat dilakukan dengan zumba. Zumba merupakan gerakan senam yang diiringi dengan musik bertempo cepat, sehingga memicu tubuh lincah bergerak dan lebih bersemangat. Melakukan zumba selama 30 menit mampu membakar 300–368 kalori dalam tubuh. Untuk melakukannya, kamu tidak perlu pergi ke luar rumah. Di rumah saja bisa dilakukan dengan melihat tutorial video dari internet.

Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil yang Sakit Pinggang Tetap Berolahraga?

Itulah sejumlah langkah mengatasi perut buncit yang bisa kamu lakukan di rumah. Cara alami tersebut tidak akan menampakkan hasil yang instan. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu disarankan untuk melakukannya secara rutin. Jika kamu mengalami kendala dalam pelaksanaannya, silahkan diskusikan masalah kesehatan yang kamu alami dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya.

Referensi:
Health. Diakses pada 2020. Beat Bloat with Yoga.
Healthline. Diakses pada 2020. Say Goodbye to Bloating with This Genius 5-Minute Workout.