Perut Kembung, Atasi dengan 5 Hal Ini

Perut Kembung, Atasi dengan 5 Hal Ini

Halodoc, Jakarta – Apakah kamu kerap mengalami perut kembung? Kondisi ini membuat perut terasa penuh dan bikin nggak nyaman. Perut kembung biasanya muncul akibat maag, masuk angin, atau kekurangan enzim. Apabila disertai gejala lain, seperti demam tinggi, muntah, berat badan menurun, dan feses bercampur darah, kamu perlu waspada.

Pasalnya, perut kembung dengan gejala tersebut bisa menjadi tanda penyakit lain yang lebih serius, di antaranya penyakit Crohn, divertikulitis, kanker lambung, kanker usus besar, kanker hati, kanker pankreas, kanker rahim, kanker ovarium, dan penyakit radang panggul. Lantas, apa yang harus dilakukan ketika mengalami perut kembung?

Baca Juga: Inilah 5 Mitos Perut Kembung yang Perlu Diluruskan

Cara Mengatasi Perut Kembung

1. Sengaja Kentut atau Sendawa

Agar perut tak lagi kembung, kamu bisa kentut atau sendawa dengan sengaja. Kedua hal ini merupakan cara alami tubuh untuk mengeluarkan gas berlebih penyebab perut kembung. Ketika perut mulai terasa tidak nyaman, kamu bisa langsung menjauhkan diri dari orang sekitar dan mencari tempat aman untuk buang gas.

2. Kompres Air Panas

Kalau kamu punya waktu luang, tidak ada salahnya untuk mengompres perut kembung dengan air panas. Rendam lap bersih ke dalam sebaskom air panas dan peras kelebihannya. Tempelkan kompres tersebut di atas perut selama 10-15 menit untuk meredakan rasa nyeri dan kram yang muncul. Pasalnya, suhu hangat yang dikeluarkan mampu melebarkan pembuluh darah, sehingga alirannya lebih lancar dan membuat otot-otot perut lebih rileks.

Baca Juga: Perut Kembung Saat Puasa, Tanda Masuk Angin?

3. Aktif Bergerak

Ketika perut terasa begah, segera bangkit dari duduk dan bergerak. Misalnya dengan berjalan kaki selama 10-15 menit. Olahraga ringan bisa membantu mengendurkan otot-otot usus, sehingga pergerakannya lebih lancar dan membuat kelebihan gas di dalam perut keluar. Cara lainnya dengan menarik napas dalam-dalam, lalu keluarkan secara perlahan dalam 10 hitungan lambat.

4. Minum Teh

Terutama teh hangat yang terbuat dari bahan-bahan herbal. Misalnya, teh jahe, teh chamomile, teh peppermint, teh spearmint, teh basil, teh licorice, dan teh hijau. Jika perut kembung yang dialami disertai dengan sembelit, tambahkan adas manis untuk membantu mencairkan feses agar BAB menjadi lancar.

5. Minum Obat

Jika tidak ada cara yang ampuh mengatasi perut kembung, kamu bisa minum obat antikembung yang mengandung simetikon untuk membantu mengeluarkan gas dari dalam tubuh. Obat lain yang bisa dicoba adalah activated charcoal (arang aktif) atau campuran air dengan cuka apel.

Adakah cara untuk mencegah perut kembung? Tentu ada. Di antaranya dengan mengurangi konsumsi makanan berserat tinggi, batasi makanan berlemak tinggi, makan secara perlahan, batasi konsumsi minuman berkarbonasi, hindari mengunyah permen karet, hindari bicara sambil makan, dan olahraga ringan setelah makan.

Baca Juga: 5 Makanan Penyebab Perut Kembung

Itulah hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi perut kembung. Kalau kamu punya keluhan perut kembung, jangan ragu berbicara dengan dokter ahli. Tanpa harus antre, kamu bisa membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihan di sini. Kamu juga bisa tanya jawab dengan dokter dengan download aplikasi Halodoc.