• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pilih Kucing atau Anjing untuk Peliharaan Pertama?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pilih Kucing atau Anjing untuk Peliharaan Pertama?

Pilih Kucing atau Anjing untuk Peliharaan Pertama?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 30 Desember 2021
Pilih Kucing atau Anjing untuk Peliharaan Pertama?

“Saat ingin memelihara hewan, anjing dan kucing adalah dua hewan yang paling sering dipertimbangkan. Namun, ada beberapa hal lain yang harus kamu pertimbangkan saat ingin memilih diantara keduanya, seperti tempat tinggal, biaya sampai kepribadian kamu.”

Halodoc, Jakarta – Bagi orang yang suka dengan hewan, memiliki hewan untuk dipelihara mungkin bisa menjadi pertimbangan. Pasalnya, penelitian menunjukan kalau memiliki hewan peliharaan dapat memberikan manfaat untuk kesehatan mental. Hewan peliharaan memang dapat memberikan kenyamanan, cinta tanpa syarat, bahkan perlindungan dalam beberapa situasi. 

Namun, penting untuk memilih hewan peliharaan yang tepat untuk kamu dan keluarga. Biasanya kucing atau anjing adalah jenis hewan yang paling sering dipertimbangkan. Lantas, diantara anjing atau kucing, mana yang lebih baik untuk dipelihara? Simak penjelasan berikut ini. 

Anjing atau Kucing, Mana yang Lebih Baik?

Baik anjing maupun kucing sebenarnya tergantung pada beberapa hal yang kamu miliki, seperti tempat tinggal, biaya, sampai kepribadian kamu. Sebelum memilih anjing atau kucing ada beberapa pertimbangan yang harus dilakukan. Berikut ini beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan:

1. Luasnya tempat tinggal

Jika kamu tidak memiliki halaman belakang yang luas, anjing yang berperawakan besar mungkin bukan pilihan yang tepat. Hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah seberapa luas tempat tinggal kamu. Baik anjing maupun kucing sebenarnya bisa tinggal di tempat yang kecil seperti apartemen. 

Namun, anjing tetap membutuhkan latihan di luar ruangan dan tidak bisa di dalam terus menerus. Bila kamu menerapkan gaya hidup aktif, kamu dapat mengajak anjing  berjalan-jalan atau membiarkannya keluar di halaman belakang untuk berlari-lari dan bermain dengan anjing. 

Namun kalau dibandingkan dengan kucing, hewan ini bisa menjadi teman yang sangat baik bila kamu tinggal di apartemen kecil. Kucing umumnya mudah terhibur dengan permainan kecil saja. Karena alasan ini, kucing biasanya tidak membutuhkan banyak tempat untuk berkeliaran. Faktanya, rumah yang berukuran besar justru bisa menjadi tempat kucing bersembunyi sehingga kamu bisa kesulitan untuk menemukannya. 

2. Biaya

Selain tempat tinggal, hal lain yang harus dipertimbangkan adalah biaya. Anjing seringkali cenderung lebih mahal untuk dirawat daripada kucing. Mulai dari makanannya, mainan dan kelas pelatihan anjing membutuhkan biaya yang lebih banyak. Sedangkan kucing cenderung lebih mandiri dan bisa dirinya sendiri. Kucing biasanya hanya mengandalkan manusia untuk makanan. 

3. Kepribadian

Menurut Psychology Today, pilihlah hewan yang sesuai kepribadian kamu. Mayoritas orang yang memelihara kucing cenderung lebih tertutup, kurang ramah, dan lebih mandiri. Sementara orang yang memelihara anjing biasanya lebih suka bersosialisasi interaktif, dan terbuka untuk mencari pengalaman baru. 

Anjing kemungkinan akan membutuhkan lebih banyak waktu dan perhatian kamu, daripada kucing. Nah, bila kamu orang yang suka memberi perhatian dan aktif, anjing mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, kalau kamu sedang mencari perhatian dan pendamping yang selalu duduk di sisi kamu, maka anjing mungkin pilihan terbaik. Kucing bisa sangat penuh kasih sayang dan perhatian. Bila kamu lebih suka hewan peliharaan yang tidak tergantung dengan kamu, kucing bisa menjadi pilihan yang harus dipertimbangkan. 

4. Alergi

Kamu juga harus mempertimbangkan bahwa anggota keluarga kamu tidak ada yang alergi dengan bulu binatang. Bulu kucing cenderung lebih sering menyebabkan alergi dan banyak orang yang alergi terhadap bulu kucing. Jadi, sebelum memelihara hewan tertentu, pastikan keluarga kamu tidak ada yang mengidap alergi. 

Itulah beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan saat ingin memilih anjing atau kucing. Kesimpulannya, baik anjing maupun kucing tidak ada yang lebih baik dan semuanya tergantung kondisi kamu sebagai calon pemiliknya. 

Setelah punya hewan peliharaan, jangan lupa untuk rutin memberinya vitamin supaya kesehatan hewan peliharaan kamu tetap terjaga. Segera cek kebutuhan vitamin di toko kesehatan Halodoc. Jangan tunggu hewan peliharaan kamu sampai sakit untuk minum vitamin, download Halodoc sekarang juga!

Referensi :
NH Humane Society. Diakses pada 2021. CHOOSING THE RIGHT PET: A GUIDE FOR FIRST-TIME PET OWNERS.
Hill’s Pet. Diakses pada 2021. Cat vs. Dog: Which Is the Best Pet for Me?