Pilih Pemeriksaan USG 4D, Ini Kelebihannya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Pilih Pemeriksaan USG 4D, Ini Kelebihannya

Halodoc, Jakarta - Memeriksakan kondisi janin dengan melakukan USG untuk pertama kali pasti membuat perasaan ibu campur aduk. Rasa haru, bahagia, dan cemas dapat bercampur jadi satu. Namun, tak sedikit ibu yang bingung untuk memilih teknologi USG yang digunakan untuk pemeriksaan, apakah USG 3D atau USG 4D. Sebenarnya, apa perbedaan keduanya?

Pada dasarnya, USG 4D mirip dengan teknologi USG 3D dan memungkinkan gambar 3 dimensi secara real time. Mengikuti perkembangan zaman, ibu hamil cenderung memilih USG dengan teknologi 4D dibandingkan dengan 3D. Waktu terbaik untuk pemeriksaan melalui USG dilakukan pertama kali pada usia kehamilan 6-8 minggu. USG dengan teknologi 4D memiliki manfaat dan kelebihan daripada metode lainnya. Apa saja?

  • Melihat Gerakan Janin Lebih Jelas

USG 4D mampu menunjukkan pada ayah dan ibu melihat gerakan janin di dalam kandungan secara sebenarnya dan real time. Gerakan yang terlihat dengan menggunakan USG teknologi 4D adalah mata janin yang berkedip, menendang, mengisap ibu jari, tangannya yang seperti melambai, dan berbagai gerakan lainnya.

Baca juga: Ketahui Perbedaan Pemeriksaan USG 3D dan 4D

  • Foto

Lalu, keunggulan lainnya adalah ibu bisa mendapatkan foto sang janin lengkap dengan organ reproduksi ibu. Gambar yang terpetakan dalam foto terlihat jelas, sehingga ibu bisa melihat ukuran janin, wajahnya, ekspresi yang ditunjukkannya, hingga ukuran dan bentuk tubuhnya. Adanya foto ini bisa membantu ibu untuk menunjukkan pada anggota keluarga lainnya, dan menyimpannya untuk ditunjukkan pada Si Kecil ketika ia sudah paham dengan foto nantinya.

  • Mengetahui Bagaimana Janin Bernapas

Ini mungkin terdengar sedikit aneh, tetapi menjadi faktor penting yang harus diperiksa oleh dokter kandungan. Dokter harus tahu posisi janin sekaligus cara janin bernapas sekaligus memantau bagaimana paru-paru janin memompa udara. Sangat penting untuk menghitung jeda waktu antara menghirup dan mengembuskan napas, karena dari sini, dokter bisa mendeteksi jika ada masalah pada saluran pernapasan atau paru-paru.

Baca juga: Kenapa Pemeriksaan USG 4D Harus Dilakukan?

  • Membantu Deteksi Gangguan Neurologis

Pemindaian 4D mampu menampilkan gambar dengan lebih jelas, sehingga ibu turut mendapatkan gambaran tentang perkembangan otak dan bagiannya. Dokter bisa melihat kondisi neurologis janin dan mendapatkan diagnosis dini jika terjadi cacat atau kelemahan pada bagian ini.

  • Estimasi Tanggal Kelahiran yang Lebih Baik

Tes USG 4D juga memungkinkan dokter untuk mengamati kantung ketuban, dan ini memainkan peran yang penting dalam menentukan tanggal kelahiran sang janin dalam kandungan. Jadi, ibu bisa mengestimasi kapan mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan persalinan.

Manfaat utama dan paling penting dari menggunakan USG 4D adalah fakta ibu bisa membangun ikatan yang lebih kuat kepada janin yang masih bertumbuh dan berkembang di dalam kandungan. Jadi, tidak perlu ragu lagi jika ingin memeriksakan kondisi kandungan, karena USG dengan teknologi 4D patut ibu pertimbangkan.

Baca juga: Ibu Hamil, Pilih USG 3D atau USG 4D?

Ibu bisa bertanya pada dokter, tentu saja melalui aplikasi Halodoc. Aplikasi ini akan lebih memudahkan ibu dalam menanyakan segala gejala terkait kehamilan, membeli obat maupun vitamin yang diresepkan, juga melakukan cek lab tanpa perlu ke laboratorium. Hidup lebih sehat? Percayakan saja pada Halodoc. Download sekarang!