• Home
  • /
  • 4 Pilihan Alami untuk Mengobati Flu saat Menyusui

4 Pilihan Alami untuk Mengobati Flu saat Menyusui

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
4 Pilihan Alami untuk Mengobati Flu saat Menyusui

Halodoc, Jakarta - Bayi hanya mendapatkan asupan dari air susu ibunya hingga usia 6 bulan karena sudah mendapatkan MPASI. Maka dari itu, sang ibu harus benar-benar memperhatikan asupan makanan sehari-hari agar tidak terpengaruh pada bayinya. Di samping hal tersebut, ibu yang sedang menyusui juga tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat karena kandungannya dapat masuk ke air susu.

Lalu, apa yang harus dilakukan jika ibu mengalami flu sehingga menimbulkan batuk, sakit tenggorokan, dan hal lainnya? Penting untuk mengetahui beberapa pengobatan alami terhadap ibu yang sedang menyusui. Dengan begitu, tidak ada bahan-bahan kimia yang dapat memengaruhi kesehatan bayi ibu. Berikut beberapa obat flu saat menyusui!

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Rekomendasi Obat Flu untuk Ibu Menyusui

Obat Flu Alami yang Aman Dikonsumsi saat Menyusui

Flu, atau disebut juga influenza, adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan cara penularannya melalui air liur ketika seseorang yang mengidapnya bersin atau batuk. Gangguan ini dapat menyerang semua orang, tidak terkecuali ibu hamil. Penting untuk mengatasi flu yang menyerang dengan segera agar tidak menjadi lebih parah.

Namun, jangan serta-merta langsung mengonsumsi obat karena kandungan dari obat tersebut mampu menimbulkan dampak buruk bagi bayi. Sehingga, obat flu yang alami dapat menjadi alternatif untuk dikonsumsi saat menyusui. Berikut adalah beberapa obat alami yang dapat dikonsumsi agar tidak perlu meminum obat dengan bahan kimia:

  1. Jahe

Salah satu obat alami yang dapat dikonsumsi saat menyusui adalah jahe. Tanaman ini sangat bermanfaat untuk mengatasi flu disebabkan kandungan gingerol yang mampu membuat tenggorokan menjadi lebih baik. Selain itu, jahe juga dapat mengencerkan dahak yang dapat memicu terjadinya pilek sehingga sumbatan pada hidung dapat dihilangkan.

  1. Sup Hangat

Ibu juga dapat mengonsumsi makanan yang berkuah dan hangat seperti pada berbagai jenis sup atau sayuran. Dengan mengonsumsi makanan tersebut dapat membantu hidung dan tenggorokan menjadi lebih baik sehingga flu berangsur-angsur hilang. Saat flu juga dapat menurunkan nafsu makan, dengan konsumsi sup yang hangat dapat mengembalikan nafsu makan yang membuat tubuh menjadi lebih bugar.

Baca juga: 6 Obat Flu Alami untuk Ibu yang Menyusui

Selain itu, ibu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait beberapa pengobatan alami yang dikonsumsi saat menyusui. Selain itu, ibu juga dapat meminta saran lainnya yang efektif untuk mengatasi flu agar bayi tidak ikut sakit. Caranya mudah, ibu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari!

  1. Bawang Putih

Semua orang tahu apabila bawang putih mempunyai aroma yang terbilang tajam sehingga efektif untuk meredakan gangguan flu yang terjadi saat menyusui. Ibu dapat mengonsumsi bawang secara mentah karena efeknya dapat langsung menghadang flu untuk menjadi lebih parah. Selain itu, ibu juga dapat mengonsumsi bawang dengan beberapa campuran lainnya agar lebih nikmat untuk dimakan.

  1. Air Hangat

Cara lainnya yang dapat dilakukan untuk mengatasi flu saat menyerang adalah dengan mengonsumsi air hangat. Dengan meminum air hangat, sumbatan yang terjadi pada hidung dan gangguan pada tenggorokan dapat menjadi lebih baik. Selain itu, hal ini juga dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi sehingga ibu dapat lebih cepat untuk sembuh. Maka dari itu, cobalah untuk lebih banyak konsumsi air hangat dan juga dapat dicampur dengan madu.

Baca juga: 5 Obat Alami untuk Ibu Hamil yang Alami Gejala Flu

Sekarang ibu mengetahui beberapa pengobatan alami yang dapat dilakukan untuk mengatasi flu saat menyusui. Namun, jika gangguan flu yang terjadi tidak kunjung sembuh, cobalah untuk bertanya pada dokter terkait obat yang diperbolehkan untuk dikonsumsi. Pastikan dokter tahu semua obat yang ibu konsumsi agar tidak menimbulkan komplikasi pada bayi.

Referensi:
Hello Motherhood. Diakses pada 2020. Natural Cold Remedies While Breastfeeding.
Today’s Parent. Diakses pada 2020. What cold medicine is safe while breastfeeding?