• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pilihan Pengobatan untuk Mengatasi Syringoma pada Kulit
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pilihan Pengobatan untuk Mengatasi Syringoma pada Kulit

Pilihan Pengobatan untuk Mengatasi Syringoma pada Kulit

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 18 Januari 2022

Ada beberapa metode pembedahan yang bisa dilakukan untuk mengatasi syringoma pada kulit yang direkomendasikan sesuai kebutuhan oleh dokter. Selain pembedahan, laser juga menjadi pilihan perawatan, karena dari semua prosedur yang memungkinkan, perawatan ini memiliki risiko jaringan parut yang paling rendah. Dokter akan menggunakan karbon dioksida atau erbium untuk laser syringoma. Perawatan penanganan untuk mengatasi syringoma ditentukan berdasarkan kebutuhan dan kondisi pasien."

Pilihan Pengobatan untuk Mengatasi Syringoma pada Kulit

Halodoc, Jakarta – Syringoma adalah sejenis tumor jinak berukuran kecil. Biasanya, syringoma ini ditemukan di pipi atas dan kelopak mata bawah. Meskipun jarang terjadi, syringoma juga bisa tumbuh di dada, perut, atau alat kelamin.

Syringoma biasanya tumbuh ketika sel-sel dari kelenjar keringat terlalu aktif. Syringoma adalah kondisi yang tidak berbahaya, tetapi beberapa orang memilih untuk mengobati atau menghilangkan syringoma karena alasan kosmetik. Seperti apa pilihan pengobatan untuk mengatasi syringoma pada kulit? Baca selengkapnya di sini!

Mulai dari Obat Sampai Laser

Tadi sudah disebutkan, syringoma dapat disebabkan oleh kelenjar keringat yang terlalu aktif. Aktivitas apapun dapat meningkatkan produktivitas kelenjar keringat, yang dapat menyebabkan pertumbuhan tumor yaitu:

  • Kondisi genetika.
  • Mengidap sindrom Down.
  • Punya penyakit diabetes mellitus.
  • Mengidap sindrom marfan.
  • Mengidap sindrom Ehlers-Danlos

Lantas, bagaimana pengobatan untuk mengatasi syringoma pada kulit?

1. Pemberian Obat

Tetesan kecil asam trikloroasetat yang dioleskan pada syringoma dapat membuatnya mengerut kemudian rontok dalam beberapa hari. Dalam beberapa kasus, dokter mungkin meresepkan isotretinoin untuk diminum. Ada juga krim dan salep yang dapat dibeli tanpa resep dan digunakan untuk memperbaiki kulit di sekitar syringoma untuk mempercepat proses penyembuhan. Namun, metode ini tidak dianggap seefektif operasi.

2. Pembedahan

Ada beberapa metode pembedahan yang bisa dilakukan untuk mengatasi syringoma pada kulit yang direkomendasikan sesuai kebutuhan oleh dokter.

3. Laser

Perawatan ini lebih disukai oleh banyak dokter, karena dari semua prosedur yang memungkinkan, perawatan ini memiliki risiko jaringan parut yang paling rendah. Dokter akan menggunakan karbon dioksida atau erbium untuk laser syringoma.

4. Kauterisasi listrik

Dalam perawatan ini, muatan listrik dilewatkan melalui alat yang mirip dengan jarum untuk mengangkat tumor dengan cara membakarnya.

5. Elektrodesikasi dengan kuretase

Prosedur ini mirip dengan kauterisasi listrik, tetapi dokter juga akan melakukan pengikisan untuk menghentikan pertumbuhan setelah membakarnya.

5. Krioterapi

Ini lebih sering disebut sebagai pembekuan tumor. Nitrogen cair adalah bahan kimia yang paling sering digunakan untuk prosedur ini.

6. Dermabrasi

Ini melibatkan penggunaan zat abrasif untuk menggosok lapisan atas kulit, termasuk tumor.

7. Eksisi manual

Syringoma juga dapat diobati dengan memotongnya menggunakan instrumen bedah seperti pisau, gunting, atau pisau bedah. Namun, prosedur ini membawa risiko jaringan parut yang besar.

Jika kamu mengidap syrimonga dan ingin menghilangkannya, sebaiknya kamu konsultasikan ke dokter. Dokter akan merekomendasikan tindakan medis apa yang cocok dan sesuai dengan kondisi syringoma yang kamu alami. 

Syringoma biasanya tidak menyebabkan komplikasi medis, tetapi operasi pengangkatan syringoma dapat menyebabkan jaringan parut atau infeksi. Jika syringoma telah diangkat dan kamu mengalami tanda-tanda infeksi, segera temui dokter. Yuk, download Halodoc untuk mendapatkan informasi mengenai kesehatan lainnya. Oh, ya lewat Halodoc kamu juga bisa melengkapi kebutuhan medismu!

Cara Mencegah Syringoma

Satu-satunya cara nyata untuk mencegah syringoma adalah dengan melakukan eksfoliasi secara teratur, menggunakan astringent, dan menjalani terapi yang bertujuan untuk mengurangi atau membatasi aktivitas kelenjar keringat. 

Menghindari atau melindungi kulit dari stresor lingkungan dan kimia seperti sinar UV juga dapat membantu mengurangi risiko pertumbuhan syringoma. Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan untuk dapat mengurangi risiko syringoma, yaitu: 

  • Memakai tabir surya.
  • Menghindari iritasi kulit dan alergen.
  • Memastikan kadar gula darah dalam kisaran yang sehat karena syringoma juga bisa dikarenakan komplikasi diabetes.
  • Mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang dengan nutrisi kulit yang tinggi seperti vitamin A dan E.
  • Menggunakan obat pengelupasan di rumah atau produk yang dijual bebas seminggu sekali, dua minggu sekali, atau sesuai kebutuhan.
  • Menggunakan zat alami dan tonik kulit, seperti jus lemon dan cuka sari apel.

Itulah informasi mengenai pilihan pengobatan untuk mengatasi syringoma pada kulit. Kalau kamu mengalami syringoma,  periksakan saja langsung ke dokter di rumah sakit ya!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Syringoma.
Medical News Today. Diakses pada 2022. What is syringoma and how is it treated?