• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pilihan Vitamin untuk Membantu Menjaga Kesehatan Tulang
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pilihan Vitamin untuk Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Pilihan Vitamin untuk Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 18 Mei 2022

“Tubuh tidak hanya membutuhkan vitamin D untuk membantu menjaga kesehatan tulang. Masih banyak vitamin lain yang turut memiliki fungsi yang sama, seperti vitamin C, K, dan B12.”

Pilihan Vitamin untuk Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Halodoc, Jakarta – Menjaga kesehatan tulang menjadi hal penting yang harus dilakukan sejak dini agar tetap kuat dan tidak mudah rapuh. Tidak hanya berfungsi untuk menggerakkan tubuh, tulang juga berperan sebagai pembentuk struktur tubuh dan pelindung otak, sistem saraf serta organ lainnya dari benturan dan cedera.

Seiring dengan usia yang semakin bertambah, tulang akan mulai kehilangan banyak jaringan. Kondisi ini mengakibatkan tulang menjadi mudah keropos atau mengalami osteoporosis. Meski lebih berisiko terjadi pada usia lanjut, masalah kesehatan ini bisa menyerang usia muda. Inilah mengapa, kamu harus menerapkan pola hidup sehat, salah satunya dengan mengonsumsi vitamin untuk tulang. 

Pilihan Vitamin untuk Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Adapun berbagai jenis vitamin untuk tulang yang bisa dikonsumsi untuk menunjang kesehatan organ penting tubuh tersebut, antara lain:

  1. Vitamin D

Fungsi utama vitamin D adalah membantu memudahkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Tidak adanya vitamin untuk tulang ini, proses penyerapan kalsium tentu tidak akan optimal. Dampaknya adalah tubuh  mengalami kekurangan kalsium yang diperlukan untuk menjaga tulang tetap sehat. 

Idealnya, tubuh membutuhkan antara 400 hingga 800 IU vitamin D sehari. Guna mencukupi kebutuhan harian tubuh akan vitamin ini, kamu bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan, seperti susu dan produk olahannya, tuna, sarden, hati sapi, dan kuning telur. Selain itu, kamu juga bisa berjemur di bawah sinar matahari pagi untuk membantu tubuh membuat vitamin D. 

  1. Vitamin C

Selain berfungsi menunjang sistem imunitas tubuh, vitamin C juga memiliki peran penting untuk kesehatan tulang. Jenis vitamin ini membantu tubuh memproduksi kolagen yang memang bermanfaat untuk gigi dan tulang.

Setidaknya, tubuh membutuhkan vitamin C sekitar 500 miligram setiap hari. Kamu bisa mendapatkannya melalui buah stroberi, jeruk, kiwi, pepaya, blewah, dang mangga. 

  1. Vitamin K

Terpenuhinya kebutuhan vitamin K juga dapat membantu kelancaran proses pembentukan tulang sekaligus mengoptimalkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Kebutuhan jenis vitamin untuk tulang ini tidak sama pada setiap orang. 

Misalnya, pria membutuhkan asupan vitamin K harian sekitar 120 mikrogram. Sementara itu, wanita membutuhkan sekitar 90 mikrogram. Vitamin K bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi sayuran berdaun hijau, seperti kangkung, brokoli, dan bayam.

  1. Vitamin B12

Terakhir ada vitamin B12 yang turut membantu menjaga kesehatan tulang. Kurangnya vitamin ini bisa memicu terjadinya pengeroposan dan kerapuhan tulang. 

Orang dewasa membutuhkan asupan vitamin B12 sekitar 2,5 mikrogram setiap harinya. Kebutuhannya dapat terpenuhi dengan mengonsumsi ayam, susu dan produk olahannya, ikan, tiram, dan telur.  

Selain vitamin untuk tulang, tubuh juga memerlukan beberapa jenis mineral untuk menjaga kesehatan organ tubuh tersebut. Beberapa jenisnya seperti kalium, fosfat, boron, magnesium, dan zinc. Mineral ini bisa didapatkan melalui berbagai bahan makanan. 

Kamu bisa membeli berbagai vitamin untuk tulang tersebut secara online melalui Toko Kesehatan di aplikasi Halodoc. Namun, pastikan kamu sudah bertanya terlebih dahulu pada dokter, ya! 

Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang! Bisa untuk tanya jawab dengan dokter, beli obat dan vitamin, hingga booking rumah sakit, lho!

Referensi:
American Bone Health. Diakses pada 2022. Minerals for Bone Health.
American Bone Health. Diakses pada 2022. Vitamins for Bone Health.
WebMD. Diakses pada 2022. Build Stronger Bones with Nutrition.