15 March 2019

Pityriasis Rosea Bikin Kulit Ruam dan Gatal, Begini Cara Atasinya

pityriasis rosea, mengatasi kulit ruam

Halodoc, Jakarta - Jika kamu berusia antara 10-35 tahun dan mengalami ruam gatal yang berbentuk lingkaran atau oval pada tubuh kamu, bisa jadi ini adalah indikasi kalau kamu mengidap pityriasis rosea. Penyakit ini akan membuat kamu merasa sangat enggak nyaman akibat gatal yang kamu rasakan. Namun, kamu enggak perlu khawatir, karena begini cara atasi kulit ruam akibat pityriasis rosea.

Baca juga: Cara Menghilangkan Pityriasis Rosea

Pityriasis Rosea, Salah Satu Jenis Penyakit Kulit

Pityriasis rosea bukan penyakit yang serius, tetapi dapat menimbulkan rasa gatal yang luar biasa. Kondisi ini merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan munculnya ruam berwarna merah dan bersisik di sekitarnya. Penyakit ini biasanya muncul pada area punggung, dada, lengan atas, leher, dan perut. Pada kasus yang jarang terjadi, ruam tersebut juga dapat muncul pada area wajah.

Pengidap Pityriasis Rosea akan Mengalami Gejala Ini

Seseorang akan mengalami gejala awal berupa demam, nyeri tenggorokan, penurunan nafsu makan, serta nyeri sendi yang disertai dengan sakit kepala selama berhari-hari. Nah, jika kamu mengalami gejala-gejala ini, kamu dianjurkan untuk segera berdiskusi dengan dokter.

Setelah melewati tahap awal, ruam akan muncul dengan sendirinya dan akan hilang dengan sendirinya dalam jangka waktu 2-8 minggu. Setelah ruam itu hilang, kulit yang terkena ruam akan menjadi lebih gelap dibandingkan dengan area di sekitarnya. Namun tenang saja, karena warna kulit yang enggak merata itu akan hilang tanpa meninggalkan bekas. Pelan tapi pasti, kulit kembali normal dalam waktu beberapa bulan.

Baca juga: Perlu Tahu Cara Atasi Gatal Pityriasis Rosea

Pityriasis Rosea Merupakan Infeksi Virus

Pityriasis rosea bukan penyakit yang menular, meski hingga saat ini belum ditemukan apa yang menjadi penyebab pasti penyakit ini. Infeksi virus dari golongan herpes diduga menjadi penyebab dari timbulnya pityriasis rosea.

Mengidap Pityriasis Rosea, Begini Cara Atasinya

Kamu tidak memerlukan pengobatan khusus, karena pityriasis rosea dapat sembuh dan akan hilang dalam jangka waktu 2-8 minggu. Beberapa hal yang bisa dilakukan ketika seseorang mengidap kondisi ini, yaitu:

  • Pastikan juga kulit kamu mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup pada pagi hari.

  • Menjaga kebersihan tubuh dengan mandi secara rutin, setidaknya sehari dua kali.

  • Pengobatan lain yang dapat kamu lakukan adalah terapi sinar ultraviolet. Terapi ini umumnya dikenal dengan istilah fototerapi (PUVB). Pengobatan ini bisa kamu lakukan jika metode pengobatan lain tidak memberikan hasil yang baik.

Begini Cara Mencegah Pityriasis Rosea

Memang bukan penyakit yang berbahaya, tetapi penyakit ini bisa buat kamu jadi stres karena rasa gatalnya yang teramat sangat. Sebelum mengidap kondisi ini, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebagai langkah pencegahan pityriasis rosea, di antarnya:

  • Kelola stres dengan baik.

  • Mandi dengan air hangat.

  • Jaga kesehatan kulit agar tetap bersih dan terjaga kelembapannya.

  • Jangan lupa untuk menggunakan pelembap kulit 2 kali sehari.

  • Hindari pula menggaruk kulit, karena ruam akan menyebar dengan garukan.

  • Kenakan pakaian yang berbahan dingin dan bertekstur lembut.

Baca juga: Pityriasis Rosea, Enggak Menular tapi Gatal Minta Ampun

Jika kamu ingin berdiskusi seputar masalah kesehatan kulitmu, Halodoc bisa jadi solusinya. Dengan aplikasi Halodoc, kamu bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli di mana pun dan kapan pun via Chat atau Voice/Video Call. Kamu juga bisa membeli obat di Halodoc, lho. Tanpa perlu keluar rumah, pesanan kamu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang di Google Play atau App Store!