• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Plantar Fasciitis Dapat Ditangani oleh Dokter Podiatris

Plantar Fasciitis Dapat Ditangani oleh Dokter Podiatris

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Plantar Fasciitis Dapat Ditangani oleh Dokter Podiatris

Halodoc, Jakarta - Apakah kamu belakangan ini sering mengalami perasaan nyeri pada tumit? Hati-hati, hal tersebut dapat terjadi akibat gangguan plantar fasciitis. Kamu mungkin merasa sakit saat berjalan saat bangun pagi seperti ada sesuatu yang menusuk di kaki. Gangguan ini dapat terjadi saat seseorang terlalu berada dalam suatu posisi. Saat sudah bergerak, rasa sakitnya dapat berkurang.

Meski begitu, terkadang gangguan ini dapat menjadi sangat parah dan mengganggu aktivitas harian seseorang. Maka dari itu, kamu butuh penanganan dari ahli medis yang salah satunya adalah dokter podiatris. Lalu, bagaimana cara kerja dokter ini untuk mengatasi gangguan yang menimbulkan rasa nyeri di tumit? Berikut ulasan lengkapnya terkait hal tersebut!

Baca juga: Lesi di Jari Kaki Jadi Gejala Baru COVID-19

Cara Dokter Podiatris Menangani Plantar Fasciitis

Podiatris adalah dokter yang spesialisasinya untuk menangani diagnosis dan perawatan terhadap masalah kaki, pergelangan kaki, dan tungkai bawah. Ahli medis ini terbilang berbeda karena menerima pelatihan khusus dari perguruan tinggi kedokteran khusus podiatrik daripada memasuki sekolah kedokteran seperti dokter lainnya. Di Indonesia, cabang keilmuan spesialis podiatri belum ada di perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta.

Meski sangat paham terkait fisiologis manusia, tetapi ahli medis ini hanya boleh merawat gangguan ekstremitas bawah dan tidak dapat lanjut pada bidang kedokteran lain.

Ahli medis terkait penyakit kaki ini dapat meresepkan obat, mengatasi patah tulang, melakukan operasi, hingga tes laboratorium dan pencitraan dengan alasan diagnostik. Dokter podiatris juga kerap bekerjasama dengan profesional kesehatan lain untuk mengatasi penyakit primer pada kaki atau penyakit sekunder yang timbul akibat kondisi lain, seperti diabetes atau kanker.

Namun, bagaimanakah cara dokter podiatris mengatasi plantar fasciitis?

Memang, seseorang yang mengidap plantar fasciitis dapat mengalami perasaan yang tidak nyaman dan menyakitkan. Untuk mengatasi gangguan ini, ahli medis akan mengawalinya dengan melakukan diagnosis yang diperlukan, seperti melakukan MRI atau rontgen untuk memeriksa gangguan yang ada. Dokter tersebut juga akan menguji kaki dengan memberikan tekanan ringan ke sisi tumit atau sebaliknya. Lalu cara apa saja yang dapat dilakukan untuk mengatasi plantar fasciitis? Berikut ini caranya:

1. Menggunakan Bantalan Tumit

Setelah memastikan diagnosis, dokter podiatris akan mendiskusikan pilihan pengobatan yang efektif untuk dilakukan. Kemungkinan dokter akan memulai penanganan dengan opsi non-invasif terlebih dahulu. Kamu mungkin akan direkomendasikan untuk menggunakan bantalan tumit guna melindungi area yang terserang. Selain itu, penyangga pergelangan kaki juga dapat membantu untuk meregangkan plantar fasciitis agar menjadi lebih baik. Peregangan kaki secara teratur juga sangat disarankan.

Baca juga: 4 Latihan untuk Mengobati Plantar Fasciitis

2. Suntikan Steroid dan Gelombang Kejut

Jika metode tersebut tidak berhasil, suntikan steroid dapat menjadi alternatif lainnya untuk penyembuhan. Tujuannya adalah untuk menghentikan peradangan yang ditimbulkan oleh plantar fasciitis sehingga masalah yang terjadi dapat hilang. Selain itu, dokter podiatris juga dapat mencoba perawatan gelombang kejut untuk menghilangkan rasa sakit yang ada dan mendorong penyembuhan agar lebih cepat terjadi. Perawatan gelombang tersebut akan diarahkan ke area yang mengalami gangguan. Meski begitu, penanganan ini tidak berlaku untuk semua orang.

3. Pembedahan

Pilihan terakhir yang dapat dilakukan untuk mengatasi plantar fasciitis adalah pembedahan. Tujuan dari metode ini adalah untuk memperpanjang plantar fascia agar dapat mengurangi tekanannya. Cara melakukannya adalah memotong plantar fascia yang berdekatan dengan tumit dan membiarkan jaringan parut mengisi celah dari potongan tersebut. Waktu pemulihannya mencapai 6 minggu, tetapi bisa lebih lama tergantung dibutuhkan gips atau tidak.

Itulah beberapa metode yang dapat diterapkan oleh dokter podiatris untuk mengatasi plantar fasciitis. Gangguan ini tentu perlu mendapatkan penanganan segera agar tidak mengganggu aktivitas harian. Maka dari itu, segeralah memeriksakan diri jika merasa nyeri atau tidak nyaman pada tumit kaki.

Baca juga: Ini Penyebab Plantar Fasciitis dan Cara Ampuh Mengatasinya

Lalu, jika kamu ingin memastikan gangguan yang terjadi benar disebabkan oleh plantar fasciitis, dokter podiatris dari Halodoc siap membantu untuk mendiagnosisnya. Caranya mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc, maka kamu akan mendapatkan kemudahan dalam akses kesehatan tak terhingga!

Referensi:
Very Well Health. Diakses pada 2020. What Is a Podiatrist?
Palmetto State Podiatry. Diakses pada 2020. What Will A Podiatrist Do For Plantar Fasciitis?