• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pola Hidup Sehat agar Lekas Pulih dari Demam Berdarah

Pola Hidup Sehat agar Lekas Pulih dari Demam Berdarah

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Seperti yang telah diketahui, demam berdarah merupakan penyakit yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti. Penyakit ini ditandai dengan nyeri pada sendi, demam tinggi, sakit kepala berdenyut, sakit mata, serta muntah-muntah. Jika tidak ditangani dengan tepat, kehilangan nyawa adalah komplikasi paling parah yang bisa saja terjadi, karena dehidrasi berat pada tubuh.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh, Alasan Demam Berdarah Bisa Berakibat Fatal

Setelah pengidap sembuh pun, mereka harus terus menjaga pola makan sehat agar tubuh tidak kembali drop. Pengidap demam berdarah memiliki makanan yang dipantang, yaitu makan gorengan serta makanan pedas. Berikut pola hidup sehat dengan makanan sehat bergizi seimbang guna memulihkan diri setelah mengidap demam berdarah!

  • Makanan dengan Kandungan Protein

Demam berdarah akan berdampak pada tulang dan sendi, keduanya akan terasa ngilu dan nyeri. Untuk kembali memulihkannya, kamu dapat mengonsumsi makanan, seperti telur, tahu, yoghurt, susu atau makanan lain dengan kandungan protein dan kalsium tinggi.

  • Pisang

Pisang merupakan salah satu buah sebagai sumber vitamin dan mineral. Bukan hanya itu saja, pisang juga kaya akan serat, vitamin C, zat besi, kalium, dan vitamin B6. Dengan mengonsumsi pisang, buah ini mampu menyediakan energi bagi tubuh, serta mengisi ulang tenaga yang hilang selama sakit. 

  • Makanan dengan Kandungan Vitamin C

Saat mengidap DBD, sistem kekebalan tubuh menjadi lemah. Oleh karena itu, kamu perlu mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi buah yang kaya akan vitamin C, seperti jambu, stroberi, atau jeruk.

  • Sup Sayuran Hijau

DBD dapat mengakibatkan dehidrasi pada tubuh. Kamu perlu mengonsumsi makanan yang mampu mengembalikan kadar air yang telah hilang. Berkaitan dengan hal tersebut, kamu dapat memilih sup sayuran berdaun hijau. Bukan hanya mampu mengembalikan kadar air yang hilang, sup sayuran hijau juga mampu menambah kandungan vitamin serta mineral penting dalam tubuh.

Baca juga: Lakukan Hal Ini Untuk Mengobati Gejala Demam Berdarah

  • Air Kelapa

Jika kamu bukan penggemar dari sayuran hijau, kamu dapat menggantinya dengan air kelapa yang juga merupakan sumber mineral dan nutrisi. Dengan mengonsumsi air kelapa, kadar cairan dalam tubuh dapat diseimbangkan dengan baik. Untuk memulihkan tubuh setelah mengidap DBD, kamu dapat mengonsumsi 2 gelas air kelapa murni setiap hari. 

  • Bubur

DBD akan berpengaruh pada sistem pencernaan tubuh. Dengan menurunnya sistem pencernaan, kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mudah dicerna saat proses pemulihan berlangsung. Berkaitan dengan hal tersebut, kamu dapat memilih bubur atau makanan lunak lainnya.

  • Teh Hijau

Teh hijau hangat menjadi salah satu minuman yang mampu memulihkan tubuh setelah mengidap demam berdarah. Teh hijau sendiri merupakan minuman yang kaya kandungan antioksidan dan flavonoid yang berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab DBD dalam tubuh.

  • Kacang Almond

Untuk membantu proses pemulihan tubuh, mengonsumsi beberapa butir kacang almond setiap hari mampu menjaga tubuh dari virus, bakteri, serta kuman yang ingin masuk ke dalam tubuh. Dengan kandungan vitamin E tinggi di dalamnya, kacang ini mampu menjaga daya tahan tubuh agar tetap prima.

Baca juga: Catat, 6 Makanan untuk Menyembuhkan Demam Berdarah

  • Daun Pepaya

Sejak dulu daun pepaya dikenal sebagai makanan yang baik bagi pengidap demam berdarah. Makanan ini juga baik bagi proses pemulihan tubuh. Caranya dengan menyiapkan dua lembar daun pepaya, kemudian hancurkan, dan ambil sari pepaya dengan diperas. Ekstrak daunnya yang kemudian akan dikonsumsi. Untuk mengonsumsinya, disarankan sebanyak dua sendok makan saat pagi dan malam hari.

Bagi kamu pengidap alergi pada makanan yang telah disebutkan, silahkan diskusikan terlebih dulu dengan dokter di aplikasi Halodoc sebelum mengonsumsinya. Jika sembarangan, alih-alih pulih, reaksi alergi bisa saja muncul. Selamat mencoba!

Referensi:

Kids Health. Diakses pada 2020. Dengue Fever.

NDTV. Diakses pada 2020. Top 5 Small But Effective Tips That Can Help Recover Dengue Fever Fast.

Medscape. Diakses pada 2020. How long is the recovery process for patients with dengue?