Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Gagal Jantung

Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Gagal Jantung

Halodoc, Jakarta – Menjaga pola hidup sehat nyatanya dapat menghindari kamu dari berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah penyakit gagal jantung. Penyakit gagal jantung adalah kondisi ketika pompa jantung melemah sehingga mengakibatkan aliran darah menuju seluruh tubuh tidak terpenuhi.

Baca juga: Terlalu Lelah, Hati-Hati Gagal Jantung

Ada beberapa gejala utama yang dirasakan seseorang yang mengalami kondisi gagal jantung, seperti sesak napas, cepat merasakan lelah, dan mengalami pembengkakan pada tungkai.

Namun tidak hanya itu saja, perhatikan jika kamu mengalami beberapa gejala lain, seperti batuk terus menerus dan bertambah parah ketika malam hari. Selain itu, kamu mengalami kondisi kenaikan atau penurunan berat badan secara drastis. Rasa cemas dan gelisah, penurunan nafsu makan, dan perut terasa kembung juga dirasakan sebagai gejala dari kondisi gagal jantung.

Gejala di atas bisa muncul secara perlahan atau tiba-tiba. Sebaiknya, segera lakukan pemeriksaan medis jika gejala yang kamu alami disertai dengan nyeri dada, kondisi lemas hingga pingsan, jantung yang berdebar atau gangguan detak jantung hingga sesak napas yang tidak mereda meskipun kamu tidak melakukan aktivitas apapun.

Penyebab Penyakit Gagal Jantung

Ketahui faktor yang menyebabkan seseorang rentan mengalami kondisi gagal jantung, seperti memiliki berat badan yang berlebih atau obesitas, memiliki kebiasaan merokok, memiliki kegemaran untuk mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi, kurang kegiatan fisik atau olahraga, dan konsumsi alkohol secara berlebihan.

Selain kondisi tersebut, penyakit gagal jantung bisa disebabkan karena gangguan penyakit lain dalam tubuh kamu, seperti:

1. Penyakit Katup Jantung

Katup jantung berfungsi untuk mengatur aliran darah dalam jantung. Ketika katup jantung rusak tentu kondisi ini menyebabkan aliran darah akan terganggu. Kondisi ini menyebabkan peningkatan kerja otot jantung.

2. Kelainan Otot Jantung

Otot jantung memiliki peran penting untuk memompa darah. Ketika otot jantung mengalami kelainan atau kerusakan tentu kondisi ini mengganggu kerja jantung dalam memompa darah.

3. Diabetes

Kadar gula darah yang cukup tinggi dalam tubuh menyebabkan seseorang mengalami gagal jantung.

4. Hipertensi

Penyakit ini menyebabkan jantung bekerja lebih keras untuk memompa dan mengedarkan darah ke seluruh tubuh.

Baca juga: Ini Bedanya Gagal Jantung dan Serangan Jantung

Pencegahan Penyakit Gagal Jantung

Namun jangan khawatir, penyakit gagal jantung bisa kamu cegah dengan melakukan gaya hidup sehat, yaitu:

  1. Jaga berat badan agar tetap ideal. Hindari kondisi obesitas atau kelebihan berat badan.

  2. Hindari kebiasaan merokok atau mengonsumsi alkohol. Selain dapat meningkatkan penyakit gagal jantung, kebiasaan tersebut mengganggu kesehatan organ tubuh yang lain seperti paru-paru.

  3. Batasi pengonsumsian gula dan garam karena meningkatkan penyakit yang rentan memunculkan kondisi gagal jantung.

  4. Rutin melakukan olahraga agar dapat menjaga berat badan yang stabil. Tidak hanya itu, olahraga dapat membantu untuk menjaga kesehatan jantung.

  5. Berikan tubuh kamu istirahat yang cukup. Memiliki waktu istirahat yang cukup tidak hanya dapat menyehatkan jantung kamu, tetapi bisa menghindari kamu dari risiko depresi dan stres.

Jangan lupa untuk mengonsumsi buah dan sayuran yang memiliki kandungan baik untuk menjaga kesehatan jantung kamu. Namun, jangan ragu untuk melakukan penanganan jika kamu merasakan gejala dari penyakit gagal jantung.

Penanganan yang tepat meminimalisir risiko sehingga pengobatan bisa lebih cepat dilakukan. Kamu bisa pilih dokter di rumah sakit yang tepat sesuai dengan kebutuhan kamu melalui Halodoc.

Baca juga: 3 Pengobatan Gagal Jantung