• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Obesitas Morbid

Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Obesitas Morbid

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Obesitas Morbid

Halodoc, Jakarta - Obesitas adalah salah satu masalah yang kerap terjadi di masa modern ini akibat pola hidup yang kurang sehat. Masalah ini perlu mendapatkan penanganan agar tidak menimbulkan masalah yang lebih besar, terlebih lagi jika seseorang mengidap obesitas morbid. Disebutkan jika obesitas morbid dapat dicegah dengan melakukan pola hidup sehat. Namun, pola seperti apa yang perlu dilakukan? Ketahui selengkapnya di sini!

Pencegahan Obesitas Morbid Melalui Pola Hidup Sehat

Obesitas morbid adalah suatu kondisi saat indeks massa tubuh lebih tinggi dari 35. Indeks massa tubuh adalah alat ukur untuk memperkirakan lemak tubuh dan dapat membantu ahli medis untuk menentukan seseorang apakah memiliki berat badan yang ideal untuk ukurannya atau tidak. Meski bukan pengukuran yang sempurna, tetapi mampu memberikan gambaran umum terhadap kisaran berat badan ideal tergantung tinggi badan.

Kondisi ini merupakan sesuatu yang serius dan dapat mengganggu fungsi fisik dasar, seperti bernapas atau berjalan. Seseorang yang mengalami obesitas morbid memiliki risiko lebih besar terkena beberapa penyakit, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, sleep apnea, penyakit gastroesophageal reflux (GERD), batu empedu, osteoartritis, penyakit jantung, hingga kanker.

Lalu, apa sih yang menyebabkan obesitas morbid?

Saat makan, tubuh menggunakan kalori yang dikonsumsi untuk menjalankan fungsi tubuh. Jika kalori tersebut tidak digunakan, tubuh menyimpannya sebagai lemak dan akhirnya bertumpuk jika kamu makan terlalu banyak dibandingkan yang digunakan selama aktivitas harian. Jadi pada dasarnya, obesitas dan obesitas morbid adalah akibat dari terlalu banyak lemak yang disimpan di dalam tubuh.

Selain makanan, masalah berat badan ini juga dapat terjadi akibat konsumsi obat-obatan tertentu, seperti antidepresan. Selain itu, kondisi medis seperti hipotiroidisme juga dapat menyebabkan pertambahan berat badan jika tidak dikelola dengan baik. Maka dari itu, setiap orang harus tahu segala hal yang menyebabkan tubuhnya mengalami obesitas morbid agar mendapatkan berat badan ideal.

Disebutkan jika salah satu mencegah obesitas morbid adalah dengan melakukan pola hidup sehat. Apa saja langkah tepat yang perlu dilakukan? Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Diet

Pola hidup sehat pertama yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya obesitas morbid adalah dengan diet. Kamu harus benar-benar fokus pada diet yang dijalankan dan mengubah perilaku makan yang selama ini dilakukan. Beberapa pola diet yang dapat dilakukan, antara lain:

  • Menambahkan lebih banyak buah dan sayur ke dalam makanan.
  • Makan dengan porsi yang lebih sedikit tetapi lebih sering.
  • Batasi konsumsi gula per harinya.
  • Mengurangi jumlah kalori yang masuk ke tubuh.
  • Membatasi makanan yang mengandung lemak jenuh, lemak trans, dan gula rafinasi.

Agar lebih pasti, ada baiknya untuk berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter gizi guna menemukan metode diet yang paling tepat dan cocok. Jika metode diet yang dilakukan tidak tepat, mungkin saja penurunan berat badan tidak terjadi. Penentuan kalori yang diperlukan per harinya juga sangat perlu dilakukan.

2. Olahraga

Aktivitas fisik baik untuk kesehatan secara keseluruhan dan sangat penting pada seseorang yang ingin menurunkan berat badan. Kamu mungkin perlu melakukan olahraga tingkat sedang hingga berat selama lebih dari tiga jam per minggu. Aktivitas berat dapat meningkatkan detak jantung secara signifikan, tetapi harus disesuaikan dengan kondisi fisik. Beberapa aktivitas fisik yang dapat dilakukan, antara lain:


  • Berlari atau jogging;
  • Renang;
  • Jalan cepat;
  • Bersepeda.

Itulah beberapa pola hidup sehat yang dapat dilakukan untuk mencegah obesitas morbid. Apabila kamu memiliki masalah kelebihan berat badan, ada baiknya melakukan kebiasaan tersebut. Dengan begitu, diharapkan berat badan yang ideal bisa didapatkan sehingga tubuh lebih sehat dan lebih kurus dari sebelumnya.

Jika kamu ingin tahu cara yang paling tepat dalam pencegahan obesitas morbid, dokter dari Halodoc siap membantu untuk mencari solusi. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, diskusi dengan ahli medis dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call agar lebih memudahkan. Maka dari itu, unduh aplikasinya sekarang juga!




Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Morbid Obesity.
University of Rochester Medical Center Rochester. Diakses pada 2021. What is Morbid Obesity?